Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diTentang Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

Tentang Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)



Daftar Isi:

Pendahuluan
Latar Belakang Berdirinya YLSA
Visi dan Misi YLSA
Falsafah YLSA
Sejarah Pelayanan YLSA
Fokus Pelayanan YLSA
Ulang Tahun

PENDAHULUAN

YAYASAN LEMBAGA SABDA (YLSA) adalah yayasan Kristen interdenominasi, yang non-profit dan non-komersial, berdiri sejak 1994 dan bergerak dalam bidang pelayanan elektronik melalui media komputer dan internet.

Kembali ke Atas

LATAR BELAKANG BERDIRINYA YLSA

Keyakinan yang kuat bahwa Alkitab adalah firman Tuhan yang berotoritas dan satu-satunya Penyataan Allah yang tertulis, yang tidak mungkin salah, sangat penting untuk mendorong orang Kristen lebih serius mempelajari firman Tuhan. Firman Tuhan harus menjadi dasar bagi iman dan kehidupan orang Kristen yang sejati. Oleh karena itu mengerti firman Tuhan dengan benar adalah kebutuhan utama bagi setiap orang Kristen agar dapat bertumbuh ke arah kedewasaan dalam Kristus.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka masyarakat Kristen Indonesia membutuhkan alat-alat bantu yang dapat menolong mereka menyelidiki dan mempelajari Alkitab dengan tepat dan bertanggung jawab. Di satu sisi, dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat, khususnya dalam pemakaian sarana komputer, maka kesempatan untuk memakai fasilitas/program yang canggih untuk menyelidiki dan mempelajari Alkitab menjadi semakin terbuka lebar. Di sisi lain, sampai saat ini belum ada yayasan lain yang menyediakan bahan-bahan dan alat-alat biblika yang diperlukan oleh masyarakat Kristen untuk mempelajari Alkitab. Latar belakang inilah yang mendorong didirikannya Yayasan Lembaga SABDA.

Kembali ke Atas

VISI DAN MISI YLSA

"Apakah peran teknologi bagi Kerajaan Allah?"

Berangkat dari pertanyaan di atas, maka Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) terpanggil untuk menolong dan melayani masyarakat Kristen Indonesia dengan menyediakan alat-alat studi Alkitab, dengan teknologi komputer dan internet, untuk mempelajari firman Tuhan secara bertanggung jawab. Atau dengan kata lain, YLSA ingin menjadi "hamba elektronik" bagi Tubuh Kristus/ Gereja -- "Electronic Servants to the Body of Christ" -- untuk:

  1. Menjadi katalisator antara Alkitab dan masyarakat Kristen Indonesia sehingga dengan alat-alat teknologi mutakir mereka dapat belajar firman Tuhan dengan lebih mudah dan bertanggung jawab.

  2. Menjadi fasilitator agar masyarakat Kristen dapat menemukan bahan-bahan kekristenan yang bermutu dengan mudah dan gratis.

  3. Membangun infrastruktur untuk memudahkan tubuh Kristus menjalin komunitas online yang bersinergi bagi kemajuan pelayanan di Indonesia.

Adapun MISI yang dilakukan Yayasan Lembaga SABDA adalah:

  1. Mengembangkan software Alkitab yang canggih, dilengkapi dengan bahan-bahan biblika dan bahan-bahan referensi Kristen lainnya.

  2. Menyebarluaskan informasi dan bahan-bahan seputar kekristenan dengan membangun "Electronic Resource Centers for Christian Information".

  3. Membuat kemudahan bagi masyarakat Kristen Indonesia untuk dapat saling berinteraksi dan membangun melalui komunitas-komunitas online.

Kembali ke Atas

FALSAFAH YLSA

"Freely you have received, freely give."

["Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma."] -- (Mat. 10:8b)

Ayat di atas menjadi falsafah pelayanan YLSA, karena kami menyadari sepenuhnya bahwa keselamatan jiwa yang Tuhan berikan kepada kami adalah karena anugerah. Karena itu, kalau kami diijinkan Tuhan untuk melayani-Nya, itupun adalah karena anugerah-Nya.

Sesuai dengan falsafah itu, maka semua produk pelayanan YLSA kami bagikan secara cuma-cuma untuk menjangkau semua orang percaya, tapi apabila melalui pelayanan YLSA ini ada orang yang digerakkan Tuhan untuk mendukung pelayanan YLSA, silakan bergabung menjadi donatur YLSA. Untuk itu, silakan menghubungi:

==> < ylsa@sabda.org >

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Kotak Pos 25/SLONS
Surakarta 57135 - Jawa Tengah

Kembali ke Atas

SEJARAH PELAYANAN YLSA

Pada tahun 2010 ini pelayanan Yayasan Lembaga SABDA sudah berusia 15 tahun. Selama 15 tahun ini ada banyak peristiwa yang dilalui, ada banyak pelajaran yang didapat dan ada banyak hasil yang sudah dicapai. Berikut adalah informasi sekilas yang diharapkan dapat memberikan catatan-catatan penting yang terjadi sepanjang 15 tahun pelayanan YLSA.


Tahun 1993 - Lahirnya Sebuah Visi

Pada tahun 1993 pelayanan YLSA mulai dirintis. Saat itu muncul kerinduan dari beberapa orang yang memiliki keahlian di bidang teknologi komputer untuk mempersembahkan talentanya kepada Tuhan. Didorong oleh kerinduan untuk menyebarkan Kabar Baik (Alkitab) ke lebih banyak orang dan melihat belum adanya alat yang canggih untuk mempelajari Alkitab dalam bahasa Indonesia, maka muncullah ide untuk menyediakan "software" Alkitab yang bermutu bagi masyarakat Kristen Indonesia.

Ide utamanya bukanlah membuat software sendiri karena pada saat itu telah banyak beredar software Alkitab dalam bahasa Inggris, masing-masing dengan keunggulan dan kelemahannya. Setelah dilakukan riset yang cukup matang dan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, akhirnya pilihan jatuh kepada program "OnLine Bible©" yang dikembangkan oleh Larry Pierce (Canada). Setelah dilakukan diskusi dengan Larry Pierce maka izinpun didapatkan untuk membuat "OnLine Bible versi bahasa Indonesia" dengan catatan bahwa program ini harus diberikan secara gratis (cuma-cuma) untuk masyarakat Kristen Indonesia. Maka dimulailah proyek besar dengan mulai mengadakan kontak dengan beberapa lembaga Kristen lain.


Tahun 1994 - Yayasan Lembaga Alkitab Komputer (YLAK)

Kontak dengan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) mulai dirintis pada tahun ini. Beberapa perjanjian dibuat untuk mendapatkan izin pemakaian teks Alkitab. Pekerjaan proyek ini mulai berjalan dengan perlahan tapi pasti. Agar pelayanan ini dapat berjalan lancar maka diperlukan suatu wadah organisasi di mana kegiatan ini nanti akan bernaung. Maka di hadapan badan notaris dan pengurus-pengurus yang ditunjuk dibentuklah yayasan dengan nama: Indonesian Society for Biblical Computing atau Yayasan Lembaga Alkitab Komputer (YLAK). Dua bahan pertama mulai diproses, yaitu teks Alkitab elektronik versi Terjemahan Baru (TB) dan Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).


Tahun 1995 - SABDA© dan YLSA

Uji coba program Online Bible (OLB) dengan dua versi teks Alkitab bahasa Indonesia, yakni Terjemahan Baru (TB) dan Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS), berjalan dengan cukup memuaskan. Hasilnya adalah diluncurkannya CD OnLine Bible oleh OLB International (Eropa) yang memuat dua versi teks Alkitab bahasa Indonesia di dalamnya (yang kami sebut sebagai versi 1.0 dalam bentuk floppy disk). Namun kerinduan kami yang paling utama adalah mengembangkan software OLB ini ke dalam versi bahasa Indonesia (versi 2.0) dan memakainya dengan bahan-bahan berbahasa Indonesia, sehingga bisa dipakai secara luas oleh masyarakat Kristen Indonesia, khususnya yang tidak menguasai bahasa Inggris.

Penyeleksian bahan-bahan lain, selain Alkitab, dilakukan cukup cepat. Penerbit-penerbit Kristen yang memiliki Hak Cipta terhadap bahan- bahan yang dipilih ternyata memberikan respon yang sangat positif sehingga izin-izin bisa didapatkan dengan cepat. Satu per satu bahan diproses dan ditambahkan ke dalam program, misalnya kamus Alkitab dan buku-buku Kristen lain. Nama "SABDA" akhirnya dipilih untuk menjadi nama software OLB versi bahasa Indonesia, yang merupakan singkatan dari "Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat". Pada tahun ini pula YLAK yang terdaftar di Pengadilan Negeri Daerah, diganti namanya menjadi Yayasan Lembaga Komputer Alkitab (YLKA) atau Association for Biblical Computing. Namun, tidak lama nama itu diubah lagi menjadi Yayasan Lembaga SABDA. Nama yang resmi dipakai sampai sekarang.


Tahun 1996 - SABDA© Tahap Pertama

SABDA©, yang merupakan Online Bible versi Bahasa Indonesia tahap pertama selesai (masih dalam bentuk floppy disk), bukan hanya untuk versi Windows 3.1 tetapi juga versi Macintosh/Apple(tm). Sementara itu bahan-bahan dan buku-buku yang didapatkan semakin bertambah dan selesai diproses. Hingga akhir tahun ini sudah puluhan bahan dan buku yang selesai dikompilasi untuk dimasukkan dalam SABDA. Pada akhir tahun ini, dunia Barat dikejutkan dengan munculnya teknologi internet. Dengan semangat yang tinggi YLSA mengantisipasi bahwa munculnya teknologi internet ini akan menjadi kesempatan emas, ladang misi baru, untuk melayani Tuhan lebih luas di dunia maya.


Tahun 1997 - I-KAN (Internet - Komputer Alkitab Network)

Pada tahun ini proyek SABDA terus dikembangkan, yaitu mempersiapkan versi Windows dan dalam kemasan CD. Ketika internet betul-betul mulai dapat diakses secara umum oleh masyarakat Indonesia pada tahun 1997, maka YLSA pun mulai berkiprah di dunia elektronik, sesuai dengan VISI YLSA, yakni untuk menjadi "Electronic Servants to the Body of Christ". Langkah pertama yaitu dengan membangun sebuah sistem mailing list yang dinamakan I- KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network). Melalui I-KAN diterbitkan tiga Publikasi Elektronik Kristen, yaitu e-RH, e-SH dan e-Humor, dan dibuka puluhan Forum Diskusi Kristen. Selain itu beberapa proyek pembuatan situs-situs juga mulai dirancang. Salah satu yang pertama adalah mengembangkan interface SABDA versi Web agar masyarakat Kristen bisa segera mengakses Alkitab lewat internet.


Tahun 1998 - Situs-situs YLSA

Untuk lebih mengembangkan pelayanan di bidang internet maka YLSA meluncurkan beberapa situs yang telah dirancang tahun sebelumnya, seperti Situs Muara Informasi Kristen (MIK) yang menjadi direktori sumber-sumber Kristen Indonesia online, Situs YLSA dan Situs Internet -- Komputer Alkitab Network (I-KAN). SABDA versi web dan interface OLB/Web (SABDA-Web -- Alkitab format HTML) untuk diakses secara online, juga selesai dan berhasil diluncurkan. Sistem I-KAN juga terus dikembangkan dengan menambah dua Publikasi Elektronik, yaitu e-JEMMi dan YBA. Sementara itu proyek-proyek konsultasi, instalasi dan training untuk menolong organisasi Kristen lain, yang telah dimulai sejak tahun lalu, juga semakin sibuk dikerjakan.


Tahun 1999 - Prototipe CD SABDA©

Di tengah kesibukan pelayanan internet dan keterbatasan staf yang ada, software SABDA pun terus berusaha dikerjakan dan menghasilkan "prototype" SABDA pertama dalam bentuk CD. Proses penyelesaian bahan-bahan modul maupun bahan untuk Help/Tutorial selesai dikerjakan pertengahan tahun ini, dan CD SABDA siap diluncurkan. Kemajuan penting lain pada awal tahun ini adalah diselenggarakannya kerjasama antara YLSA dan In-Christ.net untuk mengadakan pendidikan jarak jauh lewat internet yang disebut: Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam (PESTA). 2 Kursus berhasil diselenggarakan, Respon yang didapat dari para peserta sangat menggembirakan dan hal ini memberikan indikasi kesiapan masyarakat Kristen Indonesia untuk menerima pelayanan elektronik secara lebih luas lagi. Menyusul Situs PESTA juga berhasil diluncurkan oleh In-Christ.net.

Pelayanan YLSA dalam bidang internet terus berkembang. Selain berhasil meluncurkan situs baru e-MISI (Mengabarkan Injil Ke seluruh Indonesia) dan Situs Web2000 -- , ada tiga Publikasi Elektronik, yaitu ICW, e-Reformed dan 40 Hari Doa, dan 2 Milis Diskusi (e-Software dan e-WebAuthor) yang diluncurkan pada tahun yang sama. Perintisan pembuatan situs-situs barupun terus dilakukan. Pelayanan konsultasi dengan organisasi Kristen lainnya juga semakin luas dilakukan oleh YLSA.


Tahun 2000 - Peluncuran CD SABDA

Setelah melalui perjuangan yang tidak kenal lelah akhirnya CD SABDA versi 2.0 berhasil diselesaikan dan diluncurkan dan dibagikan ke seluruh penjuru dunia. Sambutan yang sangat positif dari para pengguna SABDA sangat membesarkan hati. YLSA juga berhasil mengembangkan sistem pelayanan elektronik yang lebih luas di internet dengan menambah empat Publikasi Elektronik baru, yaitu SNOB, e-Binaanak, e-SBU dan Berita Jaffray. Saat itu pelanggan/subscribers publikasi telah mencapai lebih dari 12.000 pelanggan melalui sistem I-KAN. Sistem I-KAN juga masih terus melayani puluhan Milis Diskusi. Keberhasilan pelayanan studi teologia online PESTA juga mendorong dirintisnya pelayanan KTB Misi sebagai perluasan dari pelayanan Publikasi e-JEMMi dan Situs e-MISI. Pada akhir tahun ini perintisan Situs Alkitab online yang baru, SABDAweb (situs baru yang berbeda dengan SABDA-Web) juga dimulai. Diharapkan situs ini akan menjadi situs Alkitab yang paling lengkap dan memiliki fasilitas- fasilitas sistem pencarian yang sangat canggih.


Tahun 2001 - Proyek-proyek Baru

Walaupun sudah cukup sibuk dengan proyek-proyek yang ada saat itu, beberapa proyek baru muncul pada tahun ini, yaitu perintisan CIEL (Christian Indonesian Electronic Library); peluncuran milis Publikasi baru yaitu e-KJDN dan e-Konsel; perintisan Situs C3I (Christian Counseling Center Indonesia) yang merupakan situs utama dari e-Konsel; perintisan Situs PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen) yang merupakan situs informasi pelayanan anak online yang paling lengkap bagi masyarakat Kristen Indonesia; dan pembuatan prototipe CD bahan audio. Sementara itu Pelayanan PESTA terus mengalami kemajuan yang pesat. Pelayanan I-KAN yang menerbitkan 10 Publikasi Elektronik juga menambah anggotanya menjadi 25.000 subscribers. Dan di akhir tahun ini, dengan gembira YLSA meluncurkan Situs portal SABDA.org dan situs Alkitab online SABDAWeb bagi masyarakat Indonesia.

Beberapa hal penting lain yang terjadi di tahun ini adalah dirintisnya kerjasama dengan Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK) untuk membangun Situs TELAGA. Sementara itu pada saat yang sama dirintis pula pembangunan sebuah pusat bahan untuk Christian Counseling Center Indonesia online bagi masyarakat Kristen Indonesia. Ketertarikan YLSA untuk membangkitkan kembali Alkitab-alkitab kuno terjemahan dari para misionaris Belanda abad 17 - 19 juga merupakan awal dirintisnya pencarian dan pemrosesan bahan-bahan Alkitab kuno untuk diformat dalam bentuk elektronik.


Tahun 2002 - Tahap Pengembangan

Pada tahun ini YLSA telah mengerjakan beberapa pengembangan penting antara lain: mengembangkan Situs SABDA.org untuk menjadi sistem Arsip I-KAN, dan menambahkan beberapa fungsi/fitur baru dalam Situs SABDAweb. Selain itu diluncurkan juga situs baru yang sangat mendukung pelayanan guru-guru Sekolah Minggu di Indonesia, yaitu Situs PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen). Program SABDA© versi Windows 2000/XP juga dirilis tahun ini. Pelayanan Publikasi I- KAN berjalan sangat lancar, walaupun pada saat yang sama aktivitas forum-forum Diskusi I-KAN mulai mengalami penurunan, terutama disebabkan karena kurangnya SDM untuk mengelola I-KAN. Oleh karena sebab yang sama pelayanan PESTA Online juga terpaksa dihentikan sementara. Beberapa strategi baru dicoba untuk dipikirkan untuk menambah SDM sehingga diharapkan pelayanan YLSA bisa berkembang dengan lebih baik di tahun yang akan datang.


Tahun 2003 - Penambahan Situs-situs YLSA

Hasil pada tahun ini cukup menggembirakan karena YLSA berhasil menambah panjang daftar Situs Kristen Indonesia dengan meluncurkan beberapa situs baru yang bermutu yaitu: situs Christian Counseling Center Indonesia (C3I); Situs e-Reformed, yang berisi bahan/tulisan/artikel-artikel teologia untuk mendukung gerakan Reformed; juga Situs Tegur Sapa Gembala Keluarga (TELAGA), yang telah dirintis dua tahun sebelumnya; Situs Sejarah Alkitab Indonesia (SAI), yang berisi berbagai kisah dan sejarah penerjemahan Alkitab, khususnya 22 Alkitab versi bahasa Indonesia; dan Situs PESTA Online, yang berisi bahan-bahan kursus PESTA. Selain itu Situs e-MISI tampil dengan wajah baru dan tambahan bahan-bahan baru yang dirilis pertengahan tahun 2003.

Pada tahun ini, proyek-proyek lain yang juga dikerjakan oleh YLSA antara lain, meng-upgrade program software SABDA ke versi yang paling baru yaitu versi 1.33; penambahan bahan-bahan baru dalam SABDA; dan proyek baru Interlinier Alkitab bahasa Yunani dan PB - Bahasa Indonesia juga dimulai. Pada saat yang sama perintisan pembuatan Situs SABDA.net untuk nantinya mendukung peluncuran CD SABDA© ver. 3.0 juga dimulai. Sementara itu Publikasi Elektronik I-KAN juga terus terbit secara aktif dan produktif. Salah satu hal yang patut disyukuri dari keberhasilan pelayanan tahun ini adalah penambahan jumlah staf di YLSA.


Tahun 2004 - Transisi untuk Suatu Babak Baru

Menyadari bahwa manajemen kantor merupakan salah satu faktor penting untuk melebarkan sayap yayasan ini, maka langkah yang diambil pada awal tahun ini adalah pembenahan infrastruktur yayasan. Puji Tuhan hal itu dapat dilaksanakan dengan baik, meskipun hasilnya masih belum maksimal. Selain itu, perluasan kantor YLSA juga merupakan proyek utama tahun ini. Puji Tuhan pada bulan Oktober 2004. YLSA akhirnya memiliki kantor baru yang lebih memadai dan cukup besar untuk kebutuhan yayasan saat itu. Banyak proyek baru yang lahir tahun ini. Ada 4 situs yang berhasil diselesaikan:

  • Situs YLSA (situs profile yayasan)
  • Situs LINKS (situs direktori Kristen)
  • Situs i-Humor (situs kumpulan humor bersih dan membangun)
  • Situs Komunitas CWC (situs Christian Writers Club)

Selain itu, dua publikasi baru juga diluncurkan, dan diterbitkan tahun 2004, yaitu:


Tahun 2005 - Pengembangan Pelayanan Biblical Computing

Memasuki tahun 2005, YLSA masih terus menggerakkan kaki untuk melangkah ke depan dengan mata yang tertuju kepada Kristus. Kami berharap lebih banyak yang bisa kita lakukan di tahun 2005 ini, khususnya untuk mengembangkan pelayanan Biblical Computing. Beberapa rencana yang telah berhasil dikerjakan diantaranya adalah: mengembangkan Proyek Interlinier (Yunani - Indonesia) dan meluncurkan produk utama pelayanan YLSA yang sudah ditunggu-tunggu oleh puluhan ribuan pengguna, yaitu CD SABDA versi 3.0. Dengan meng-upgrade program SABDA dengan menambah modul-modul Alkitab, biblika dan buku-buku Kristen lainnya, diharapkan masyarakat Kristen Indonesia akan mendapatkan kekayaan literatur Kristen yang melimpah untuk mendewasakan iman. Untuk menunjang pengembangan SABDA© telah diupdate Situs SABDAweb dan diterbitkan Publikasi BERITA SABDA, serta diluncurkan beberapa situs pendukung proyek CD SABDA©, yaitu:

Peluncuran CD SABDA versi 3.0 mengingatkan YLSA untuk kembali memfokuskan diri pada pelayanan Bible Computing, namun kendala kurangnya tenaga programmer menjadi salah satu yang sangat membebani. Namun demikian, YLSA tetap memelihara kerinduan untuk memajukan pelayanan Biblical Computing di Indonesia. Dua proyek besar ke depan yang YLSA mulai doakan dan rintis adalah sebuah situs Alkitab baru yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas studi Alkitab dan meneruskan CD SABDA untuk ditingkatkan ke versi berikutnya.

Kesibukan lain yang dikerjakan YLSA tahun ini adalah mengupgrade dan meluncurkan beberapa situs baru, diantaranya:

  • Upgrade Situs PESTA Online (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam Online)
  • Situs GUBUK (Gudang Buku Kristen)
  • Situs GEMA (Gudang Elektronik Media Audio)
  • Situs Indo-Lead(Indonesian Christian Leadership Training, Network and Resources Center)
  • Situs e-Learning(Download Center Bahan-bahan Pelajaran Online)

Untuk mempermudah masyarakat Kristen menemukan situs-situs milik YLSA yang semakin banyak jumlahnya, maka YLSA meluncurkan situs SABDA Katalog yang mendaftarkan semua situs YLSA dan situs-situs yang dibuat YLSA untuk para mitra.

Salah satu kemajuan yang juga menggembirakan di tahun 2005 adalah dibukanya kembali Kelas Virtual PESTA (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam). Melalui PESTA diharapkan semakin banyak jemaat Tuhan yang ditingkatkan pengetahuan kerohaniannya sehingga semakin mengerti kehendak Tuhan bagi hidupnya. Untuk menunjang pelayanan PESTA, YLSA menerbitkan buletin baru BERITA PESTA untuk memberi informasi terbaru tentang kemajuan pelayanan PESTA.


Tahun 2006 - Tahun Komunitas

Pada tahun ini beberapa pendukung proyek SABDA© terus dikerjakan. Publikasi baru, Berita SABDA diluncurkan sebagai media informasi terbaru tentang perkembangan SABDA©. Sosialisasi penggunaan CD SABDA© kepada lebih banyak pengguna juga terus ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan penggunaan CD SABDA©, salah satunya adalah di Purwokerto.

Selain Berita SABDA, dua publikasi baru pun diluncurkan pada 2006:

Dengan bertambah banyaknya jumlah situs-situs YLSA, maka beban meintenance juga menjadi cukup berat. Karena itu diputuskan untuk memindahkan situs-situs YLSA ke konsep CMS Drupal. Keuntungannya, selain mempermudah mengupdate bahan, CMS Drupal juga dilengkapi dengan fasilitas interaksi sosial (komunitas), yang sudah lama ingin YLSA kembangkan. Tiga situs dengan konsep komunitas menggunakan teknologi CMS Drupal pun dibangun.

  • Situs PELITAKU (Penulis Literatur Kristen dan Umum)
  • Situs Bio-Kristi (Situs Biografi Kristiani)
  • Situs SABDA Space (Komunitas Blogger Kristiani)

Sejalan dengan perkembangan jejaring sosial online yang semakin marak di dunia internet, YLSA ternyata berhasil memasuki era komunitas online ini dengan cukup mulus, karena situs komunitas blogger Kristen SABDA Space ternyata muncul sebagai salah satu komunitas blogger Kristen terbesar di Indonesia.

Kerinduan YLSA untuk merintis pembangunan sebuah situs Alkitab baru yang memiliki fasilitas lengkap untuk studi Alkitab mulai serius dipikirkan tahun ini. Namun ada beberapa kendala untuk memulainya, termasuk keterbatasan sember daya manusia dan sumber bahan dalam bahasa Indonesia. Karena itu YLSA mengambil langkah positif ketika mendapat tawaran dari Bible.org untuk melakukannya dengan bahan-bahan dalam bahasa Inggris yang sudah mereka sediakan. Pertimbangan utama kenapa YLSA menyetujuinya adalah karena dengan teknologi yang sama nanti akan bisa diaplikasikan untuk situs Alkitab dalam bahasa Indonesia. Maka mulailah YLSA mengerjakan proyek situs Alkitab yang akan menjadi berkat bagi masyarakat internasional, situs yang diberi nama "NEXT Bible", dengan target penyelesaian beberapa tahap mengingat keterbatasan SDM yang ada di YLSA saat itu.

Proyek CD SABDA untuk ditingkatkan ke versi berikutnya tidak terjadi seperti yang diharapkan, untuk alasan yang sama yaitu kurangnya SDM. Karena itu kami terus berdoa agar proyek CD SABDA bisa diteruskan di tahun mendatang dengan lebih baik.


Tahun 2007 - Bersama untuk Membangun

Mengawali tahun 2007 ini, YLSA berkomitmen "bersama untuk membangun", dengan merangkul mitra dan para pengguna produk YLSA untuk terlibat di dalamnya menjadi suatu kekuatan yang membangun kerajaan Tuhan. Adapun fokus pelayanan YLSA tahun ini dititik beratkan pada pengembangan 3 bidang pelayanan YLSA, yaitu pada komunitas, pelatihan, dan pembangunan (hubungan/relasi dan sumber-sumber bahan).

Dari segi komunitas, YLSA terbantu dengan teknologi CMS Drupal sehingga memilih teknologi ini untuk membangun infrastruktur komunitas Kristen yang lebih kuat di internet. Pada tahun ini secara serentak situs-situs YLSA yang masih menggunakan konsep situs Web 1.0 (statis) telah diupgrade/ditingkatkan ke teknologi CMS Drupal, di antaranya:

  • Situs i-Humor (Situs Humor Kristiani) --
  • Situs SOTeRI (Situs Online Teologi Reformed Injili)
  • Situs PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen)
  • Situs C3I (Christian Counseling Center Indonesia)
  • Situs Indo-Lead (Indonesian Christian Leadership Training, Network and Resources Center)

Situs baru yang dibangun pada tahun ini adalah situs KEKAL (Kesaksian Kasih Allah), pendukung dari Publikasi KISAH yang juga mulai diterbitkan pada tahun ini.

Selain membangun infrastruktur untuk bidang-bidang pelayanan Kristen dalam dunia internet, YLSA juga terus membangun kerja sama dengan mitra-mitra. Salah satunya adalah dengan mengikuti, mengadakan, dan menjadi pembicara seminar dalam rangka menjalin kerja sama dengan pelayanan-pelayanan Kristen lain agar terjadi sinergi yang lebih besar.

Walaupun terseret-seret, proyek "NEXT Bible", yang kemudian diganti namanya menjadi "NET Bible" -- singkatan dari New English Translation, secara bertahap mulai menampakkan hasilnya. Dari hasil yang sudah dicapai (beberapa prototipe), proyek yang YLSA kerjakan bersama Bible.org ini memberikan kebanggaan tersendiri, karena walaupun belum diluncurkan secara resmi tahun ini, sudah ada pengguna-pengguna internasional yang memberikan apresiasi tentang teknologi canggih (solr dan open search) dan mutu serta banyaknya bahan yang digunakan di NET Bible.

Beberapa modul baru untuk proyek CD SABDA juga dicoba untuk diselesaikan, namun harapan untuk menyelesaikan proyek CD SABDA memang masih jauh dari yang bisa diharapkan pada tahun ini.


Tahun 2008 - Upgrade Situs-situs YLSA

Teknologi CMS Drupal ternyata terus berkembang sehingga mau tidak mau situs-situs YLSA pun harus bisa mengikutinya untuk mendapatkan fitur-fitur baru yang ditawarkan. Karena itu Div. Web YLSA tahun ini disibukkan dengan mengupgrade semua situs YLSA yang memakai CMS Drupal ke 5.7. Puji Tuhan, kerja keras itu akhirnya mencapai hasil yang cukup memuaskan.

Proyek besar NET Bible, situs Alkitab berbahasa Inggris yang dikerjakan YLSA bekerja sama dengan Bible.org sejak tahun 2006, akhirnya diluncurkan secara resmi tahun ini. Para pengguna situs ini, yang berasal dari seluruh penjuru dunia, menyambut hangat situs NET Bile dan dalam kurun waktu yang singkat, situs ini telah menjadi salah satu situs Alkitab berbahasa Inggris yang diminati oleh masyarakat Kristen dunia.

Keberhasilan ini memberikan keyakinan kepada kami untuk segera memikirkan pembangunan situs Alkitab multibahasa (dengan prioritas bahasa Indonesia), sebagai pengembangan dari teknologi yang dipakai untuk membangun situs NET Bible. Pekerjaan besar ini tidak mungkin berani YLSA lakukan tanpa pertolongan Tuhan, yaitu dengan mengirimkan tambahan tenaga programmer yang berkomitmen untuk melayani di YLSA. Maka, dimulailah proyek besar, yang awalnya diberi nama situs SABDA Alkitab.

Mengawali pengerjaan proyek situs Alkitab ini adalah situs kecil yang diberi nama situs SABDA Zoom menata ulang situs SABDA.net (Drupal) dan mengupgrade situs SABDA Audio ke CMS Drupal.


Tahun 2009 - YLSA Merambah ke Jejaring Sosial

Januari tahun 2009 diluncurkan situs Alkitab SABDA versi Alpha dan diikuti peluncuran situs Alkitab SABDA versi Beta pada bulan Maret. Pada tahun ini Alkitab SABDA berkembang dengan penambahan banyak fitur-fitur baru, seperti halaman Commentary (catatan/tafsiran) dan Expository (ekspositori). Tidak hanya dari sisi fitur, tetapi juga dilakukan pemrosesan banyak data, baik data Alkitab, catatan/tafsiran, leksikon, dll..

Pada akhir tahun 2009, setelah dilakukan upgrade program SABDA© menjadi versi 3.00 dan penambahan beberapa bahan baru, akhirnya diluncurkan CD SABDA© versi 3.0 Final. Pada tahun ini juga dilakukan training CD SABDA© dan Alkitab SABDA di Solo, Purwokerto, dan Salatiga.


Tahun 2010 - Peluncuran CD SABDA 4.0

Target terbesar pada tahun ini adalah peluncuran CD SABDA 4.0. Walaupun proyek ini dimulai dan diakhiri dengan penuh pergumulan, tapi kami percaya tangan Tuhan terus menolong sehingga CD SABDA 4.0 akhirnya bisa sampai ke tangan mereka yang membutuhkan. Beberapa roadshow telah direncanakan, termasuk perjalanan ke luar kota (Yogyakarta, Surabaya, Malang, Salatiga, Jakarta) dan Solo agar CD SABDA dapat digunakan secara maksimal sebagaimana diharapkan. Selain itu, maraknya jejaring sosial, seperti facebook dan twitter, menarik kami untuk menjangkau mereka bagi Kristus. Karena itu, YLSA pun menyisihkan tenaga menggarap ladang baru ini dengan membuka lebih dari 20 facebook untuk para pelanggan publikasi YLSA.

Beban menyiapkan generasi penerus gereja telah mengundang YLSA untuk ikut berjuang memenangkan para remaja dan pemuda bagi Kristus. Publikasi dan situs Pemuda dan Remaja Kristen rencananya akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini.

Setelah mengalami proses yang panjang dengan program dan bahan-bahan CD SABDA©, maka pada bulan Juni tahun 2010 diluncurkan CD SABDA© 4. Pada versi ini ditambahkan beberapa modul baru baik modul Alkitab, buku maupun kamus. Tidak hanya menambahkan modul-modul baru, tetapi juga dilakukan update terhadap beberapa modul yang sudah ada pada versi sebelumnya. CD SABDA© 4 merupakan versi unicode dan sudah mendukung penggunaan di Linux via Wine. Versi ini sudah tidak mendukung Windows 98. sedang dilengkapi


Tahun 2011 - Peluncuran Digital Library dan Situs-situs Mini

Pada tahun 2011, YLSA menambahkan modul-modul Alkitab dengan bahasa suku dan sekaligus melakukan upgrade Software SABDA© menjadi versi 4.13. Bersamaan dengan itu, YLSA juga merilis "DVD Library Anak 1.2" untuk memperlengkapi para pelayan anak di Indonesia, serta "USB Biblika" yang berisi bahan-bahan yang dikumpulkan menjadi sebuah mega-perpustakaan Kristen yang sangat berguna baik bagi orang awam maupun pengabar Injil yang kesulitan mendapatkan bahan-bahan biblika yang bermutu.

Di samping itu, YLSA juga membuat puluhan situs baru (situs-situs mini) yang dimaksudkan sebagai pusat referensi berbagai bidang pelayanan Kristen, baik di gereja maupun di tengah-tengah pelayanan yang lain.


Tahun 2012 - Situs dan Aplikasi Mobile serta Komunitas Jejaring Sosial

YLSA mulai intensif mengadakan roadshow-roadshow ke berbagai daerah di Indonesia dan memulai gerakan SABDA Care, yang mengusung misi "IT for GOD". Selain itu, pengembangan Software SABDA© mulai difokuskan kepada dunia mobile, baik berupa situs-situs mobile maupun aplikasi-aplikasi smartphone.

Selain itu YLSA juga mengembangkan komunitas-komunitas online, terutama memanfaatkan layanan jejaring sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hasilnya berupa kelompok-kelompok studi Alkitab yang melakukan PA setiap pagi, grup khusus untuk Wanita Kristen, Remaja Kristen, dan klub buku Kristen juga dibentuk dan dikembangkan.


Tahun 2013 - Proyek Penerjemahan Alkitab Mudah Dibaca (AMD)

Tahun 2013, YLSA menjalin kerja sama untuk sebuah proyek penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Indonesia. Proyek penerjemahan Alkitab ini disebut dengan Alkitab Mudah Dibaca (AMD). Melihat kebutuhan masyarakat Kristen Indonesia yang rindu untuk belajar Alkitab lebih mendalam dengan menggunakan bahan-bahan biblika, maka YLSA merancang dan membangun proyek penerjemahan Alkitab yang disebut dengan Alkitab yang Terbuka (AYT).

Tahun 2013, AYT versi Perjanjian Baru sudah selesai dikerjakan dan pengerjaan Pustaka Terbuka juga dikerjakan sebagai pintu untuk mempelajari Alkitab lebih dalam.


Tahun 2014 - Proyek Penerjemahan Alkitab yang Terbuka (AYT)

Tahun 2014 adalah tahun sukacita bagi YLSA. Semula YLSA yang menempati kantor lama, pada awal tahun 2014 YLSA mendapatkan kantor baru yang dinamakan dengan "Griya SABDA". Kantor ini tidak hanya sekadar kantor, tetapi perpustakaan dan training room tersedia di Griya SABDA. Kini beberapa divisi sudah menempati Griya SABDA ini, sementara divisi ITS masih menempati kantor yang lama.

YLSA tidak berhenti pada proyek penerjemahan AYT Perjanjian Baru saja, Kitab-kitab Perjanjian Lama juga mulai dikerjakan. Menjelang pertengahan tahun 2014, draft AYT sudah siap dan YLSA memiliki kerinduan untuk menyelesaikan proyek penerjemahan AYT pada tahun ini.


2015 - Proyek-Proyek Aplikasi dan Gerakan Apps4God

Bekerja sama dengan beberapa mitra, YLSA membuat enam belas aplikasi SABDA Android untuk menjadi ekosistem studi Alkitab, seperti Alkitab SABDA, Tafsiran, Alkitab PEDIA, Kamus Alkitab, dan sebagainya. SABDA juga mengembangkan proyek SABDA Bot dengan aplikasi chatting Telegram, Line, dan Facebook untuk mengakses Alkitab dan berbagai bahan kekristenan lain. Untuk itu, gerakan Apps4God diluncurkan dan publikasi APPPS LIVE diterbitkan untuk mengajak masyarakat Kristen memakai gawainya untuk kemuliaan nama Tuhan.


2016 - Gerakan #Ayo_PA!

YLSA memulai gerakan #Ayo_PA! untuk mendorong orang percaya pada era digital ini untuk kembali kepada Alkitab. Infrastruktur dan pelatihan-pelatihan diadakan untuk mendorong generasi digital melakukan Pendalaman Alkitab dengan bahan-bahan yang bermutu dan teknologi yang tersedia. Kami menyediakan situs ayo-pa.org, ayo-pa.net, dan ayo-pa.com untuk informasi lebih lanjut. Kami juga membentuk komunitas #Ayo_PA! melalui Facebook, Twitter, dan Instagram.

Selama 22 tahun, Tuhan sudah memanggil YLSA untuk melayani Dia di bidang teknologi informasi. Semua yang sudah dikerjakan dan dihasilkan tidak dapat kami kerjakan sendiri tanpa pertolongan Tuhan Sang Empunya ladang dan dukungan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Kiranya Tuhan terus memampukan kita untuk bergandengan tangan melayani Dia dalam ladang-Nya ini.

Kembali ke Atas

FOKUS PELAYANAN YLSA

Ada banyak sekali produk pelayanan YLSA, tapi untuk mempermudah meengingat apa saja yang dikerjakan YLSA, maka kami membagi pelayanan YLSA menjadi 4 fokus pelayanan:

1. Biblical Computing -- BC

BIBLICAL COMPUTING merupakan salah satu dari empat fokus utama pelayanan YLSA sejak yayasan ini mulai didirikan. YLSA menyadari bahwa mengembangkan alat-alat biblika untuk menolong orang mempelajari Alkitab dengan bertanggung jawab adalah sangatlah penting dan mendesak. Dengan bantuan teknologi mutakir (program komputer, pemrograman web dan widget/gadget) penyelidikan Alkitab bisa mengefisienkan waktu dan mempertepat hasil.

2. Digital Publishing/Resources -- DP

Selain dalam bidang pelayanan Biblical Computing, YLSA juga memfokuskan diri dalam pelayanan DIGITAL PUBLISHING, yaitu menjadi pusat penyedia bahan-bahan kekristenan melalui media elektronik. Untuk itu, melalui 20 publikasi elektronik dan 40+ situs yang berisi sumber-sumber bahan kekristenan, YLSA telah melayani berbagai kelompok bidang pelayanan, diantaranya Biblika, Misi, Anak (PAK), Konseling, Penulis Kristen, Leadership, dan lain-lain. Pada puncaknya, YLSA diharapkan dapat membentuk e-Library yang akan melayani secara elektronik kebutuhan bahan-bahan kekristenan bagi masyarakat Kristen Indonesia secara luas.

3. Digital Learning/Distance Education - DL

Oleh karena itu, fokus ketiga pelayanan YLSA adalah "DIGITAL LEARNING" (e-Learning) yaitu membuka pusat belajar elektronik bagi masyarakat Kristen Indonesia (Christian Community Learning Center). Melalui modul-modul dan kelas-kelas yang disediakan secara online, setiap orang bisa ikut belajar dan memperlengkapi diri untuk dapat melayani Tuhan dengan lebih baik tanpa harus meninggalkan profesi dan tempat tinggal.

4. Christian Community -- XC

Fokus pelayanan YLSA yang keempat adalah melayani "CHRISTIAN COMMUNITY" -- komunitas Kristen online di dunia maya (internet). Dari persekutuan dan interaksi secara online diharapkan mereka dapat saling membangun dan bertumbuh untuk memperkuat iman Kristen mereka. Melalui komunitas Kristen online inilah YLSA ingin mempersatukan jemaat dalam satu Tubuh Kristus dan memajukan pelayanan Tuhan di Indonesia.

Melihat bagaimana Tuhan memimpin perjalanan pengembangan pelayanan YLSA saat ini, maka kerinduan YLSA adalah ingin terus dipakai Tuhan, membangun Kerajaan-Nya di dunia ini sehingga nama-Nya dan kuasa-Nya dimuliakan. Soli Deo Gloria!

Kembali ke Atas

ULANG TAHUN

Ucapan syukur pemeliharaan Tuhan atas pelayanan YLSA.

Kembali ke Atas

Disadur dari sumber-sumber berikut:

 By admin - Posted on 11 April 2007

Tagged:

Komentar

Kalender YLSA

Follow Us On :

 

 

Selamat Paskah 2017

'Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?' (Yohanes 11:25-26)

Kunjungi situs Paskah SABDA
Kunjungi situs TOP Paskah

FB YLSA


Indonesia English