Surat untuk YLSA

Kesaksian Peserta Seminar Kecerdasan Digital (DQ)

Berikut ini adalah beberapa kesaksian dari peserta seminar Kecerdasan Digital (DQ) yang diselenggarakan YLSA pada 22 Oktober 2018. Kiranya menjadi berkat.

Filemon

"Shalom, nama saya Filemon. Saya melayani di Gereja Bethel Tabernakel, Karanganyar. Malam hari ini, saya mengucap syukur kepada Tuhan karena dapat mengikuti HUT ke-24 YLSA. Banyak hal saya dapatkan tentang perkembangan SABDA. Dari komputer lama hingga teknologi digital zaman sekarang, ada perkembangan yang luar biasa. Yang menarik adalah karena saya pendeta, saya masih terpaku pada hal-hal yang lalu/lama. Saya masih sedikit mengekang anak muda di gereja saya untuk menggunakan HP di gereja. Kalau saya menekan mereka, berarti saya salah, sebab itu adalah salah satu kebutuhan mereka. Karena dari HP mereka, ada firman yang menuntun mereka untuk menggunakan teknologi dengan benar. Oleh karenanya, saya akan mengizinkan mereka menggunakannya dalam ibadah. Suatu hari nanti, saya berharap ada pencerahan dari SABDA untuk memotivasi anak muda di gereja kami mengenai hal ini."

[Pdt. Filemon, GBT Sinongko, Karanganyar]

Heri

"Shalom, selamat malam. Saya Heri Kristiandi, mahasiswa dari STT AIMI, Solo. Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada SABDA yang sudah bekerja keras dari tahun 1990-an sampai 2018, selama 24 tahun. Menurut saya, pelayanan ini adalah pelayanan yang luar biasa karena membutuhkan proses dan perjuangan yang sangat matang, dan perlu dukungan dari dalam dan luar. Ketika mengikuti seminar ini, saya bersyukur karena mendapat pencerahan. Ketika menggunakan aplikasi dalam gadget, anggota jemaat perlu introspeksi diri ketika menggunakannya dalam ibadah. Apakah mereka sudah menggunakan HP sebagaimana mestinya untuk Tuhan? Terus maju untuk SABDA! Berkembanglah lebih dahsyat karena melakukan pekerjaan Tuhan yang memerlukan kerja keras. Terima kasih."

[Heri Kristiandi, STT AIMI, Solo]

Ardi

"Pelajaran yang saya terima adalah orang tua harus bijak dalam menggunakan HP pada zaman sekarang. Anak-anak sudah melek teknologi, bahkan ada orang tua yang memberi HP kepada anaknya ketika anaknya masih di bawah umur. Lalu, orang tua tidak mengawasi mereka dalam menggunakannya. Saya juga belajar agar orang tua dan pihak-pihak lain tidak mencari cara yang gampang untuk mendidik anak ketika menggunakan HP, tetapi harus pakai cara yang efektif, yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kecerdasan digital untuk hidup pada era sekarang sangatlah perlu. Sebagai orang Kristen, kita yang sudah diselamatkan harus punya tata nilai yang berbeda dalam menghadapi era digital. Selamat untuk SABDA! Semakin maju dan terus bertumbuh."

[Ardy, Solo]

Iwan

"Shalom. Setelah mengikuti acara ini, saya diingatkan tentang pentingnya DQ dalam kehidupan generasi saat ini (milenial), yaitu dalam segala kreativitasnya. Hal ini penting agar mereka dapat membawa diri untuk menjadi seperti yang Tuhan inginkan pada era digital ini. Saya juga belajar tentang pentingnya DBQ ketika kita menggunakan teknologi untuk belajar firman Tuhan. Produk-produk SABDA sangat berguna untuk tujuan ini. Teruslah belajar dan mencintai firman Tuhan dari produk-produk yang disediakan oleh SABDA agar semakin cerdas pada era digital. Selamat ulang tahun ke-24 untuk YLSA. Kiranya Tuhan semakin memakai YLSA dengan cara yang ajaib pada era milenial ini untuk memberitakan firman Allah."

(Iwan, Solo)

Kesaksian Peserta Roadshow SABDA di Depok, Karawaci, dan Bandung

Berikut ini beberapa kesaksian dari mereka yang telah mendengarkan sharing misi di GRII Karawaci dan pelatihan #Ayo_PA! di GKI Depok, GRII Karawaci, dan STT Baptis Bandung. Kiranya menjadi berkat!

"Terima kasih untuk email presentasi (pelatihan #Ayo_PA!) yang Ibu kirimkan. Saya sudah membuat beberapa presentasi untuk jemaat gereja dan responsnya sungguh sangat baik. Hari Kamis ini, saya ada tugas presentasi di hadapan majelis gereja dalam rapat pleno yang diadakan. Saya berharap semakin banyak orang menggunakan software ini agar menjadi berkat bagi dirinya dan orang lain. Tuhan memberkati pelayanan Ibu dan SABDA." (Agung Budi C. -- Pelatihan #Ayo_PA! GKI Depok)

"Salam hangat dari Jerman. Kemarin ini (7 Oktober 2018), saya menonton Live Streaming GRII Karawaci dan ada sebuah sharing oleh Ibu Yulia dari SABDA yang sangat bagus sekali, very informative, sehingga membuka wawasan saya. Saya ingin menyarankan alangkah baiknya kalau presentasi tersebut juga di-upload di YouTube sehingga lebih banyak lagi orang yang boleh terberkati dengan mendapatkan informasi tersebut. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati." (Shirley -- via Live Streaming GRII Karawaci)

"Kemarin, saya belajar mengenai PA Digital .... Saat ini, saya mau praktik PA-nya .... Biasanya, saya hanya merenungkan dan menafsirkan sendiri, atau liat tafsiran. Sekarang, saya mau belajar lebih terarah dan bisa lebih mengerti dengan benar." (Ibu Lulu -- Pelatihan #Ayo_PA! GRII Karawaci)

"Saya seperti dapat mimpi .... Saya sangat bersukacita dengan apa yang saya dapat semalam melalui pemaparan tim SABDA. Saya bersukacita karena menemukan tools yang pas untuk menumbuhkan rasa cinta akan firman Tuhan di kalangan anak dan orang dewasa. Terima kasih sekali lagi untuk apa yang sudah dirintis, dilakukan, dan ditekuni melalui SABDA. Tuhan memberkati dengan berlimpah!" Jenny -- Pelatihan Software SABDA, Bandung

Berikut ini adalah kesan dan pesan dari Sahabat YLSA di Australia selama YLSA melakukan pelayanan di sana. Kiranya menjadi berkat.

Thanks for visiting us. We pray SABDA ministry will bless to Indonesia.

We thank God Ibu Yulia for your ministries to us and really appreciate the materials you presented, what an eye opener. Hope you can come again to GRII Melbourne. Looking forward to seeing you again.

Thank you so much for your ministry. It has been an eye opening and a blessing for many.

Thank you for being such a blessing.

It's really a blessing for us too. Kami bersyukur mendapat banyak sekali berkat dari pelayanan SABDA di Sydney dan sharing-sharing pribadi. Kami juga mendoakan pelayanan tim SABDA makin dipakai Tuhan.

Tim Penjangkauan YLSA membuka diskusi buku pada pertengahan semester I lalu. Buku Pencobaan karya John Owen yang diterbitkan oleh Momentum menjadi bahan diskusi di Klub e-Buku SABDA periode Juni-Juli 2018. Dengan 32 peserta dan seorang moderator, diskusi KBS bisa berlangsung dengan lancar dan dinamika diskusi cukup menarik. Tidak hanya menjawab pertanyaan atau mendiskusikan isi buku, peserta juga menyelipkan pengalaman atau kesaksian pribadi terkait topik yang sedang dibahas. Berikut ini kesaksian dari beberapa peserta.

Juni Liem

Mau lebih banyak menyediakan waktu untuk membaca firman Tuhan dan berdoa. Karena sering kali, di tengah kelelahan, firman Tuhan dan doa diabaikan dan memilih tidur. Pertanyaan yang diberikan oleh moderator membuat saya belajar untuk berpikir lebih kritis dan merenung karena tidak semua pertanyaan berasal dari buku. Dan, saya pun banyak belajar dari komentar teman-teman yang lain. (Juni Liem)

Suratman

Aplikasi yang saya lakukan setelah mengikuti diskusi ini: belajar mencari titik lemah saya, membawanya dalam doa, dan tidak menyepelekan titik awal kejatuhan saya. Jadi, saya harus lebih berhati-hati (berjaga-jaga). Kesaksian saya selama mengikuti diskusi ini: saya sungguh bersyukur walaupun sebelumnya saya pernah membaca buku ini secara pribadi, tetapi melalui diskusi ini, saya semakin dipertajam pemahamannya, khususnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh moderator dan juga masukan dari rekan-rekan lainnya. Sekali lagi, terima kasih, diskusi ini sungguh bermanfaat bagi saya. Dan, terus kembangkan pelayanan ini. (Suratman Aripin)

Dance Faah

Ada hal-hal baru yang saya dapatkan dalam diskusi kali ini. Dan, hal-hal itulah yang saya pakai untuk kekuatan saya. Pokoknya sangat membantu saya dalam pertumbuhan/proses menjadi murid Kristus. Luar Biasa. Doa dan harapan saya, semoga Tuhan selalu memberkati semua tim YLSA agar selalu menjadi saluran berkat bagi orang lain. Amin! (Dance Yefrason Faah)

Prilian Abet Nego

Diskusi ini menolong saya memahami tentang pencobaan yang sangat berbahaya bagi kehidupan rohani. Saya harus bisa menyadari potensi pencobaan yang hadir. Kemudian, terus menyadari kelemahan yang sering membawa jatuh ke dalam pencobaan. Setiap pencobaan harus dilawan. Setiap waktu harus berdoa dan berjaga-jaga agar kuat menghadapi pencobaan. Terima kasih sudah bisa berdiskusi bersama, menambah wawasan, dan saling menguatkan. (Prilian Abet Nego)

Pesan untuk Staf YLSA dari Badan Pembina YLSA

Berikut ini adalah sedikit cuplikan kata sambutan dari Badan Pembina YLSA saat membuka Raker Mini YLSA pada 2 Juli 2018. Kiranya menjadi berkat pula bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang selama ini terlibat dan mendukung pelayanan YLSA.

Surat Sahabat YLSA

"Konteks yang paling hakiki dari pekerjaan SABDA adalah kita mengerjakan pekerjaan yang kekal, sesuatu yang tidak terbandingkan. Dalam kesementaraan kita, kita mengerjakan hal-hal yang bersifat kekal. Kita menikmati anugerah Tuhan, tetapi kita juga ada dalam dunia untuk mengerjakan pekerjaan-Nya. Tidak ada pemisahan antara pekerjaan rohani atau pekerjaan sekuler. Pekerjaan Tuhan itu sangat indah, tetapi kalau dikerjakan dengan sembarangan, Tuhan akan pukul kita dengan keras. Kalau Tuhan sudah mengkhususkan kita untuk melakukan pekerjaan-Nya, ini adalah kebanggaan ....

Kemajuan teknologi saat ini melesat naik. SABDA mengerjakan bagiannya dalam kemajuan itu. Kita menangkapnya dan memakainya untuk pekerjaan Tuhan. Hal ini harus dapat dipahami oleh semua staf yang melayani di YLSA. Kerjakanlah semua tugas di SABDA dengan kesungguhan karena kita melakukan pekerjaan Tuhan (Kolose 3:23). Meskipun SABDA pada awalnya dipakai oleh orang-orang biasa, tetapi sekarang, pekerjaan SABDA sudah semakin tersebar luas di seluruh masyarakat Kristen Indonesia. Saya mendengar kesaksian bahwa ada banyak orang yang memakai produk-produk pelayanan SABDA. Sebab itu, mari kerjakan pekerjaan di SABDA dengan kebanggaan, bukan karena gaji, melainkan untuk Bapa kita di surga. Kalau ada pergumulan pribadi, berdoalah memohon pertolongan Tuhan agar kita tetap dapat mengerjakan pekerjaan kita dengan baik. Ada momen-momen yang Tuhan berikan, yang sudah disiapkan bagi kita. Kita harus peka untuk menangkapnya. Kesempatan hanya bisa ditangkap oleh mereka yang siap. Dibutuhkan hikmat dari Tuhan untuk menangkap momen itu. Saat ini, saya diberi momen oleh Tuhan untuk mengambil bagian dalam pekerjaan SABDA, yaitu dengan menyediakan developer untuk pengembangan Bible Engine bagi YLSA. Bekerja bagi Tuhan adalah suatu privilege. Saya akan puas sekali jika pekerjaan ini pada akhirnya selesai. Tidak kebetulan jika kita semua saat ini sedang mengerjakan pekerjaan ini ....

Kita memiliki Bapa di surga yang memberikan tugas untuk kita kerjakan. Mari kita kerjakan [dengan] sungguh-sungguh, belajar terus dengan penuh semangat. Kita mengerjakan pekerjaan yang kekal dan banyak menolong orang dengan teknologi yang begitu maju, sampai ke pelosok, bahkan dengan bahasa yang berbeda. Di mata Tuhan, ini sangat berharga!"

Berikut ini adalah salah satu kesaksian dari penerima CD Alkitab Audio yang berada di daerah yang belum terjangkau oleh internet. Kiranya menjadi berkat.

komik

Kepada
Yth. Ketua YLSA
di Solo

Shalom,
Saya sudah menerima kiriman CD Alkitab dan sudah saya distribusikan khusus kepada orang sakit dan hamba Tuhan. Saya sampaikan terima kasih tak terhingga dan kiranya YLSA semakin luas menjadi berkat.

Pdt. Beni Gulo, S.Th., M.A., M.Min.

Ide Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Bahan Infografis Alkitab

Pdt. Yeruza

Shalom, beberapa bulan ini, saya sangat mengagumi karya-karya media yang diperkenalkan oleh SABDA karena bisa menjadi media yang sangat membantu anak autis dan ADHD memahami Alkitab. Malam ini, saya baru tahu kalau bahan infografis Alkitab dari The Bible Project (TBP) juga ada di SABDA. Informasi ini saya dapatkan dari publikasi PA21 yang dikirim ke email saya. Saya mohon izin untuk mencetak infografis ini dalam format A3 karena akan saya gunakan sebagai media belajar untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) ketika mengajar tentang PA "inklusif", katekisasi, dan ibadah inklusif. Mereka akan memegang Alkitab dan infografisnya sebagai media untuk membantu mereka. Anak autis dan ADHD itu kemampuan membaca grafisnya luar biasa dibandingkan tulisan. Malam ini, saya mendapatkan inspirasi. Saya akan membagikan informasi ini kepada teman-teman yang lain dan akan memberikan linknya.

Apakah ada infografis lengkap dari Kejadian -- Wahyu? Saya juga ingin mengembangkan word card for special need menjadi flash card untuk cerita bagi ABK, khususnya anak-anak yang nonverbal. Kiranya SABDA semakin menjadi saluran berkat, ya. Jika DVD untuk seluruh proyek TBP ini sudah selesai, saya akan menyarankan agar bahan tersebut menjadi media belajar memahami Alkitab bagi anak ADHD dan autisme, seperti SD Card SABDA yang dapat dipakai oleh anak-anak tunanetra untuk belajar Alkitab. Tuhan Yesus memberkati!" (Pdt. Yeruza, Jakarta)

Ucapan Syukur Pengunjung Situs SABDA.Net

Situs SABDA.Net adalah situs utama untuk mengunduh Software SABDA dan modul-modulnya yang terbaru. Berikut ini adalah ucapan syukur dari para pengunjung situs SABDA.Net yang telah menggunakan Software SABDA.

Mudy

Terima kasih sudah membuat SABDA dan mengembangkan ke versi 5 ....
(Mudy Situmorang)

Saya bersyukur sekali. SABDA adalah yang terbaik, bisa dibanggakan apalagi basisnya bahasa Indonesia. Terima kasih atas dan penghargaan yang tinggi atas hasil karya tim SABDA.
(Hendro Susilo)

Royke

Mendalami Alkitab bersama-sama di dalam komunitas sosial media menjadi semakin mudah dan menarik ditopang oleh sumber yang tersedia setiap waktu di internet.
(Royke Jacob)

Semoga semua hamba TUHAN yang bekerja untuk SABDA diberkati. Karena dalam membantu pekerjaan TUHAN, jerih payahmu tidak sia-sia. Amin.
(Reyki Gantare)

Terima kasih atas dukungan SABDA yang mendorong pertumbuhan rohani kita. Tuhan Yesus memberkati pelayanan Bapak dan Ibu. Amin.
(Yunus Nobrihas)

Johanes

Asli buatan anak bangsa .... Thanks tim SABDA, saya sudah download [Software SABDA]. Tuhan Yesus memberkati!
(Johanes Fabou Koraag)

Testimoni Peserta Roadshow SABDA dalam Pertemuan Pekerja Gereja KIBAID

Benhur

Saat ini, saya rindu membagikan berkat yang saya terima melalui aplikasi Alkitab SABDA. Sungguh luar biasa karena ketika saya ingin mengenal Yesus lebih dalam, saya mempelajarinya melalui Alkitab. Saya sangat bersyukur karena saya bisa belajar Alkitab melalui berbagai macam aplikasi yang disediakan oleh SABDA, baik itu Tafsiran, AlkiPEDIA, Kamus, atau PETA. Semua itu sangat membantu saya untuk mempelajari firman Tuhan, dilihat dari berbagai sisi dalam firman Tuhan. Selain untuk PA, Alkitab SABDA dalam HP ini sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana. Saya bisa berbagi dengan orang lain yang memerlukan firman Tuhan meskipun saya tidak membawa Alkitab cetak. Saya bisa membagikan aplikasi ini juga kepada orang lain dengan mudah sehingga lebih banyak orang yang bisa membaca dan merenungkan firman Tuhan dalam HP-nya melalui aplikasi yang disediakan oleh SABDA ini. Kiranya SABDA terus maju dan diberkati oleh Tuhan Yesus.
(Benhur Tandi)

Ginting

Melalui pelatihan dari SABDA pada hari ini, saya benar-benar merasakan bahwa sebagai orang awam yang terjun dalam pelayanan, aplikasi-aplikasi belajar Alkitab dari SABDA sangat membantu. Saya bisa mempelajari Alkitab dengan bantuan Tafsiran, Kamus, dan PETA. Tidak terlalu banyak kesulitan lagi untuk mempelajari firman Tuhan karena cukup banyak bantuan dan perbandingan yang bisa kita gunakan sebagai referensi. Saya mengimbau anak-anak Tuhan lainnya yang mau lebih mendalam mempelajari firman Tuhan untuk menggunakan metode PA ini karena sangat praktis, baik, dan cepat dimengerti. Saya berbahagia karena hari ini, saya mendapatkan informasi yang betul-betul membantu saya memahami firman Tuhan. Saya juga mengimbau para pendeta untuk membimbing jemaat menggunakan kecanggihan teknologi bukan untuk hal-hal yang lain, melainkan untuk menjadi garam dan terang di mana pun kita berada. Melalui program ini, kita bisa mengabarkan Injil secara lebih luas lagi, dan menjadi surat Kristus yang hidup. Biarlah kita yang mengendalikan alat ini untuk digunakan sebagai alat yang memuliakan Tuhan. Terima kasih banyak.
(Agustinus Ginting)

Umpan Balik Mengenai Aplikasi Konseling (HE Cares)

Hilda

Senang akhirnya ada juga aplikasi konseling yang menggunakan Alkitab sebagai dasarnya! Topik yang disediakan sangat banyak dan fitur-fitur yang ada membantu saya untuk menemukan solusi dan renungan yang menolong saya mengatasi masalah saya bersama Tuhan. Saya akan bagikan aplikasi ini kepada teman-teman yang lain dan kiranya aplikasi ini juga bisa menjadi berkat bagi orang di luar sana.
(H. Debora)

Thanks for sharing, aplikasi ini sangat memuaskan!
(Mariani)

Arief

Puji Tuhan, semoga banyak orang terberkati dengan adanya aplikasi ini.
(Arief K.)

Tadi malam, saya mendengarkan aplikasi HE Cares bersama istri. Bersyukur, aplikasi ini bagus.
(Daniel)

Hendy

Dalam hidup ini, kita sering kali mengalami berbagai problematika dan menyelesaikan masalah itu dengan apa yang benar menurut pandangan kita saja. Terberkati dengan adanya konseling seperti ini.
(Masih Hendy)

Sharing dan Respons Mengenai AYT

Melce

Pengalaman saya indah ketika menggunakan AYT, sebab saya menemukan beberapa ayat firman Tuhan yang bisa lebih dimengerti dan mendalam. Terima kasih YLSA. Maju terus melayani kaum awam dalam teknologi di SABDA.
(Melce Yonathan Lomi)

Amung

AYT cukup mudah dipahami .... Setiap selesai membaca, saya ingin melakukan apa yang dikatakan firman Tuhan ....
(Amung Ananingsih)

.... Saya akan terus memonitor perkembangan proyek AYT ini. Selamat berjuang dan Tuhan Yesus memberkati.
(Julius Petrus Ishak)

Fransisca

Saya memiliki aplikasi AYT ketika tim SABDA melakukan pelatihan Software SABDA di Surabaya .... Terima kasih sudah diingatkan dan saya akan ambil waktu untuk belajar Alkitab dari versi AYT. Hikmat dan kekuatan yang dari Tuhan senantiasa menuntun Anda dan kuasa-Nya memperlengkapi Anda semua .... Amin.
(Francisca Paquita Sukadana)

Michael

.... Saya telah melihat AYT. Menurut saya, terjemahan ini benar-benar dibutuhkan saat ini. Mudah dibaca dan dimengerti .... Saya berdoa agar terjemahan ini dapat diselesaikan dan menyelamatkan orang yang membacanya. App di Android-nya sudah baik, tetapi saya menyarankan agar ada pilihan pasal dan ayat dan juga perubahan font, night mode, dll..
(Michael Lie Pranata)

Saya tertarik dengan terjemahan AYT. Kalau dilihat dari segi terjemahan bahasa Inggris, itu sesuai.
(Daniel Satriyo Nugroho)

Kesaksian Peserta Diskusi Klub Buku SABDA

Senangnya Mengikuti Diskusi di Klub e-Buku SABDA
Oleh: Juni Liem

Juni Liem

Baru kali ini, saya mengikuti diskusi buku di Facebook Grup Klub e-Buku SABDA. Saya tidak pernah berpikir untuk mengikuti diskusi buku di Klub e-Buku SABDA sampai diajak untuk ikut. Ya sudah, saya ikut saja, toh saya lumayan suka membaca.

Saya tidak punya gambaran seperti apa sih diskusi via Facebook itu. Ternyata, diskusi via Facebook sangat sederhana. Moderator memberi pertanyaan, lalu semua anggota merespons pertanyaan tersebut dan antaranggota bisa saling merespons komentar anggota lain, bahkan mendiskusikannya lebih mendalam. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada setiap bab membuat saya harus membaca kembali sekilas buku tersebut, dan hal itu membantu saya untuk lebih mengerti isi dari bab tersebut. Di sisi lain, bagi saya pribadi, ada sedikit kesulitan dalam merangkai kata supaya pembaca komentar saya tidak salah mengerti apa yang saya maksudkan.

Saya suka mengikuti diskusi di Klub e-Buku SABDA ini. Dengan adanya teman membaca, meskipun secara virtual, menambah semangat saya untuk lebih banyak lagi membaca. Saya juga belajar memperdalam wawasan melalui respons teman-teman yang lain terhadap pertanyaan yang diberikan oleh moderator. Belajar sih sudah, sekarang tinggal mengaplikasikan apa yang sudah saya pelajari. :) Semoga di lain kesempatan, saya bisa mengikuti lagi diskusi di Klub e-Buku SABDA.

Comments