Berita YLSA Juli -- Agustus 2018

Editorial

Salam sejahtera,

 

"Berkatalah Musa kepada-Nya: 'Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini.' (Kel. 33:15) Demikianlah juga doa kami kepada Tuhan untuk pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) karena kami yakin hanya dengan bimbingan Tuhanlah, kami tahu jalan yang harus kami tempuh. Pelayanan YLSA selama Juli dan Agustus ini sungguh membuktikan penyertaan Tuhan dalam pelayanan ini. Bersyukur untuk semua doa dan dukungan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Doa-doa yang telah dipanjatkan sungguh telah didengar oleh Tuhan.

Bersyukur untuk peluncuran aplikasi Android AlkiMEDIA versi Beta. Kami berharap para Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mengunduhnya dan memberi masukan agar aplikasi ini dapat semakin disempurnakan dan dapat lepas dari versi Beta. Mari kita terus memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan biarlah hati kita terus didorong untuk selalu taat dan setia dengan panggilan-Nya. Selamat melayani.

Yulia

In Christ,
Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Perkembangan Pengerjaan Proyek AYT pada Juli -- Agustus 2018

AYT

Puji Tuhan! Proses pengerjaan teks AYT Perjanjian Lama untuk tahap Alpha telah selesai! Saat ini, seluruh kitab PL telah diperbarui menjadi versi Release Candidate. Untuk mendapatkan versi terbaru AYT, silakan unduh atau update aplikasi Alkitab Yang Terbuka dan/atau aplikasi Alkitab AYT Bergambar Anda dari Play Store. Untuk membaca secara daring, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mengaksesnya melalui situs Alkitab SABDA dan situs Alkitab Mobile SABDA. Mohon dukungan doa Anda untuk proses selanjutnya, baik itu revisi teks, pengembangan derivatif, Pustaka Terbuka, kerja sama dengan mitra, pengembangan komunitas terbuka, maupun hal-hal lain yang masih harus dikerjakan.

2. Aplikasi AlkiMEDIA Versi Beta

AlkiMEDIA

Era digital membawa perubahan yang signifikan terhadap cara belajar generasi digital. Mereka dapat belajar lebih cepat menggunakan multimedia, yaitu audio, visual, maupun audiovisual. "Membaca" dan belajar Alkitab pada era digital ini pun harus memanfaatkan teknologi tersebut agar generasi digital memiliki pengalaman belajar Alkitab yang menyenangkan dan mendalam. Oleh karena itu, YLSA terus mengembangkan aplikasi AlkiMEDIA yang diharapkan akan membawa pengguna semakin dekat dan mencintai firman Tuhan. Pengguna dapat melakukan analisis terhadap setiap kitab dan pasal dalam Alkitab dalam format video, audio, gambar, dan format multimedia lainnya. Meski masih dalam versi Beta, kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk mengunduh aplikasi AlkiMEDIA dan diharapkan kesediaannya untuk memberikan masukan ke android@sabda.org. Terima kasih banyak atas partisipasinya.

3. Pengembangan Bahan-Bahan Pelayanan dari YLSA dalam SD Card 32 GB

SD Card 32GB

Pada Agustus 2018, SABDA melakukan pengembangan bahan-bahan pelayanan yang kemudian dikumpulkan dalam SD Card. Selama ini, bahan-bahan tersebut sudah kami kemas dalam SD Card berukuran 16 GB, tetapi karena bahan-bahan dari YLSA terus bertambah, khususnya bahan-bahan multimedia untuk belajar Alkitab, kami memutuskan untuk menggunakan SD Card 32 GB dan mendistribusikannya secara daring. Bahan-bahan utama dalam SD Card ini adalah Alkitab Yang Terbuka (Release Candidate/2018), kumpulan video animasi untuk belajar Alkitab dari The Bible Project (3,9 GB), komik-komik Alkitab (130 MB), DVD Library SABDA Anak (3,09 GB), DVD Dengar Alkitab (4,5 GB), Audio-audio Alkitab/studi Alkitab (7,5 GB), Ekstra (6,31 GB), dll.. Mohon dukungan doa agar SD Card 32 GB dapat digunakan secara maksimal untuk belajar Alkitab secara lebih mendalam. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai SD Card SABDA 32 GB, silakan kontak kami di YLSA@sabda.org.

>

4. Diskusi Lanjutan "Pemimpin yang Visioner" di Grup Kepemimpinan Kristen

Pada semester I, bidang Kepemimpinan Kristen dari tim Penjangkauan sudah menyelenggarakan diskusi kepemimpinan Kristen bertema "Pemimpin yang Visioner", yang dilakukan pada April 2018. Antusiasme peserta dalam diskusi ini sangat baik sehingga memunculkan ide untuk mengadakan diskusi lanjutan dengan tema yang sama. Diskusi lanjutan dilakukan pada 20 Agustus -- 4 September 2018, dan berfokus pada tahap-tahap perkembangan pemimpin yang visioner sehingga kita bisa belajar dari setiap tahapan ini untuk mengembangkan diri menjadi pemimpin yang visioner. Mohon dukungan doa dari Sahabat YLSA supaya diskusi daring ini bisa memberi dampak yang positif, khususnya bagi para peserta yang terlibat, dan secara umum bagi kepemimpinan Kristen di Indonesia. Nantikan diskusi-diskusi lain yang YLSA selenggarakan supaya kita dapat terus belajar dan menyediakan diri untuk dipakai Tuhan.

5. Bahan-Bahan Seputar Doa dalam Situs Doa

Situs doa

Doa merupakan tonggak dan napas hidup orang percaya. Doa bukan sekadar kerutinan atau ritual harian, melainkan sarana kita bersekutu dan mengetahui kehendak Allah. Ada banyak pengalaman, perspektif, maupun kesaksian doa yang menunjukkan karya Allah dalam kehidupan dan pelayanan orang-orang beriman. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan berkat dari tulisan-tulisan mengenai doa, silakan berkunjung ke situs Doa dari YLSA. Melalui menu Blog Terbaru, Anda dapat membaca berbagai blog yang menceritakan bagaimana Allah bekerja melalui doa. Anda juga dapat berkontribusi dan menjadi berkat dengan mengirimkan blog berisi kesaksian, pengalaman, maupun perspektif Anda tentang doa untuk dipasang di situs Doa. Mari berbagi berkat melalui situs Doa.

Mengenal YLSA

MAGICS

Setelah membahas mengenai laporan highlight YLSA pada semester I/2018, yaitu A.I.M., kali ini, kita akan melihat arah pelayanan YLSA semester II 2018 ini. Setiap tim memang memiliki cirinya masing-masing, tetapi YLSA secara keseluruhan memiliki highlight pelayanan semester II 2018 ini. Secara singkat, highlight pelayanan YLSA disingkat menjadi "M.A.G.I.C.S.". Pertama, "M.A.G.I.C.S." menunjukkan keajaiban Tuhan yang telah memberikan visi-Nya untuk kami jalankan. Kedua, jika kami bersedia taat mengerjakan visi-Nya, keajaiban akan terjadi karena Tuhan akan campur tangan di dalamnya. Yang ketiga, M.A.G.I.C.S. merupakan akronim dari arah pelayanan YLSA semester II 2018 ini. Berikut ini penjelasannya.

M: Media First: Visual Bible

MEDIA

Perkembangan teknologi melahirkan generasi digital yang memiliki kebutuhan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Generasi digital berpikir dan belajar lebih banyak dengan cara visual. Oleh karena itu, pada semester II ini, dalam mengerjakan proyek-proyeknya, khususnya proyek seputar Alkitab dan turunannya, SABDA akan memberi perhatian pada multimedia. Beberapa proyek baru yang sedang dan akan dikerjakan, antara lain aplikasi AlkiMEDIA, Bahan/Bahasa Katalog (BAKAT), komik-komik Alkitab, video-video Alkitab, audio Alkitab, dan SD Card yang berisi berbagai bahan media Alkitab untuk dapat dipakai di berbagai tempat secara daring.

A: Alkitab Yang Terbuka (AYT)

AYT

Sebagaimana telah menjadi fokus sejak awal 2018 yang lalu, proyek AYT akan terus dikerjakan secara intensif. Setelah menyelesaikan editing teks AYT pada semester I, YLSA akan melanjutkan dengan membangun ekosistem AYT pada semester II ini, seperti catatan kaki, ringkasan pasal, proyek-proyek turunan dari AYT (derivative), komunitas terbuka, kampanye, dan sebagainya. Kami juga akan menyiapkan struktur Alkitab baru untuk data-data AYT yang akan dipasang di situs AYT.co. Proyek Bible Engine adalah hal utama yang saat ini sedang dikerjakan oleh mitra kami, "Pro-Int", Jakarta, untuk memungkinkan semua rencana ini dapat diwujudkan.

G: Graph Bible: Knowledge Bible Graph

AI

Proyek Graph Bible adalah proyek pembuatan struktur data yang khusus mengatur ayat dan relasi antarayat (sistem topikal). Proyek ini akan menghasilkan knowledge Bible graphs yang merupakan pusat informasi dari hasil pencarian dan semua yang terkait dengan hasil pencarian. Semua informasi mengenai Alkitab, seperti pemetaannya, silsilah, konsep, keselamatan, pemuridan, dsb., dapat disajikan dalam satu halaman dan dimungkinkan dengan knowledge Bible graph. Proyek ini didesain untuk AYT yang adalah Alkitab abad ke-21. Konsepnya adalah Pustaka Terbuka dan semua informasi seputar Alkitab dapat diperoleh dalam berbagai cara/jalur/media dengan proyek Graph Bible ini.

I: Interlinear Builder

AI

Proyek Interlinear Builder (ITL Builder) adalah proyek untuk membuat data korelasi dari bahasa satu ke bahasa lainnya dengan proses yang terstruktur sehingga memudahkan pengembang untuk mendapatkan hasil dengan cara yang mudah. Ke depannya, ITL Builder bisa dipakai oleh bahasa apa pun, konsepnya seperti aplikasi Scripture App Builder (SAB). Interlinear ini adalah langkah pertama dan kunci untuk studi Alkitab yang terintegrasi. Proyek ini diharapkan menolong banyak orang percaya untuk belajar Alkitab dengan mendalam dan akurat dengan melihat Alkitab dalam bahasa apa pun berdampingan dengan bahasa asli Alkitab. Selain itu, ITL Builder ini akan menolong proses quality control untuk proyek-proyek penerjemahan Alkitab sehingga menghasilkan terjemahan yang dapat dipertanggungjawabkan.

C: Conversational Interface (CI)

AI

CI adalah salah satu bentuk antarmuka/interaksi manusia dengan komputer dalam bentuk percakapan/dialog. Proyek CI di SABDA memiliki arti bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan data secara mendalam. Ini adalah generasi interface yang akan datang, tidak hanya suara, tetapi juga gerakan. Proyek ini dikembangkan berdasarkan Artificial Intelligence dan sedang dikembangkan secara lebih luas. Sebagai purwarupa, YLSA telah membuat proyek Bible Man beberapa bulan sebelumnya.

S: Smart Bible, Smart Churches, Smart Christians

Alkitab Pintar

Tuhan sedang memanggil gereja untuk semakin relevan pada zaman ini. Salah satu caranya adalah dengan menjadi smart secara digital sesuai dengan kebutuhan zaman ini. Untuk itu, SABDA terus bergerak untuk menolong gereja dan jemaat menggunakan teknologi dengan tepat untuk memajukan pelayanan yang menjangkau generasi yang terhilang, yaitu generasi milenial. Proyek-proyek khusus di atas adalah dalam rangka membangun infrastruktur untuk smart Bible agar gereja dapat menjadi smart churches yang menggunakan teknologi bagi kepentingan pekerjaan Tuhan dalam skala luas. Untuk itu, jemaat Tuhan harus lebih dahulu dapat menjadi smart christians yang berakar dan hidup dalam firman Tuhan agar menghasilkan buah-buah bagi kemuliaan nama Tuhan.

M.A.G.I.C.S. adalah persiapan dan fondasi arah pelayanan YLSA ke tahun depan. Dalam iman, kami akan maju bersama Tuhan agar berdampak secara ajaib bagi kemajuan pelayanan Kerajaan Allah pada abad digital ini. Kiranya Tuhan menolong!

Suara Sahabat YLSA

Tim Penjangkauan YLSA membuka diskusi buku pada pertengahan semester I lalu. Buku Pencobaan karya John Owen yang diterbitkan oleh Momentum menjadi bahan diskusi di Klub e-Buku SABDA periode Juni-Juli 2018. Dengan 32 peserta dan seorang moderator, diskusi KBS bisa berlangsung dengan lancar dan dinamika diskusi cukup menarik. Tidak hanya menjawab pertanyaan atau mendiskusikan isi buku, peserta juga menyelipkan pengalaman atau kesaksian pribadi terkait topik yang sedang dibahas. Berikut ini kesaksian dari beberapa peserta.

Juni Liem

Mau lebih banyak menyediakan waktu untuk membaca firman Tuhan dan berdoa. Karena sering kali, di tengah kelelahan, firman Tuhan dan doa diabaikan dan memilih tidur. Pertanyaan yang diberikan oleh moderator membuat saya belajar untuk berpikir lebih kritis dan merenung karena tidak semua pertanyaan berasal dari buku. Dan, saya pun banyak belajar dari komentar teman-teman yang lain. (Juni Liem)

Suratman

Aplikasi yang saya lakukan setelah mengikuti diskusi ini: belajar mencari titik lemah saya, membawanya dalam doa, dan tidak menyepelekan titik awal kejatuhan saya. Jadi, saya harus lebih berhati-hati (berjaga-jaga). Kesaksian saya selama mengikuti diskusi ini: saya sungguh bersyukur walaupun sebelumnya saya pernah membaca buku ini secara pribadi, tetapi melalui diskusi ini, saya semakin dipertajam pemahamannya, khususnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh moderator dan juga masukan dari rekan-rekan lainnya. Sekali lagi, terima kasih, diskusi ini sungguh bermanfaat bagi saya. Dan, terus kembangkan pelayanan ini. (Suratman Aripin)

Dance Faah

Ada hal-hal baru yang saya dapatkan dalam diskusi kali ini. Dan, hal-hal itulah yang saya pakai untuk kekuatan saya. Pokoknya sangat membantu saya dalam pertumbuhan/proses menjadi murid Kristus. Luar Biasa. Doa dan harapan saya, semoga Tuhan selalu memberkati semua tim YLSA agar selalu menjadi saluran berkat bagi orang lain. Amin! (Dance Yefrason Faah)

Prilian Abet Nego

Diskusi ini menolong saya memahami tentang pencobaan yang sangat berbahaya bagi kehidupan rohani. Saya harus bisa menyadari potensi pencobaan yang hadir. Kemudian, terus menyadari kelemahan yang sering membawa jatuh ke dalam pencobaan. Setiap pencobaan harus dilawan. Setiap waktu harus berdoa dan berjaga-jaga agar kuat menghadapi pencobaan. Terima kasih sudah bisa berdiskusi bersama, menambah wawasan, dan saling menguatkan. (Prilian Abet Nego)

Laporan Keuangan

Defisit Juni 2018 : Rp-6.217.408,00
Total Sumbangan Juli 2018 : Rp71.564.246,00
Total Pengeluaran Juli 2018 : Rp85.174.987,00
Defisit Juli 2018 : Rp-19.828.149,00

Rincian Laporan Keuangan Juli 2018

Kami bersyukur karena Tuhan telah menggerakkan para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menjadi saluran berkat bagi pelayanan YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi pada masa mendatang. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments