Berita YLSA Februari -- Maret 2019

Editorial

Salam sejahtera,

Staf Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mulai disibukkan dengan persiapan Paskah sejak awal 2019 karena mulai Maret, situs Paskah biasanya diserbu oleh pengunjung yang ingin mendapatkan bahan-bahan Paskah. Tahun ini, YLSA secara khusus menyiapkan sajian Paskah yang sangat menarik melalui tim SABDA Komik. Ada dua belas buku komik bertema "Kristus", hasil kerja sama dengan Kingstone International, yang telah dipasang di situs Komik.APP. Buku Kristus 11 (Anak Domba Allah) dan Kristus 12 (Sang Raja) sangat bagus untuk direnungkan pada masa Paskah ini. Kami juga akan melengkapinya dengan bahan studi Alkitab sehingga komik-komik tersebut tidak hanya dibaca, tetapi juga direnungkan untuk mendapatkan pemahaman Alkitab yang mendalam.

Selain itu, Sahabat dan Pendukung YLSA juga bisa memperoleh video seputar Paskah dari seri Tetelestai di situs Alkitab SABDA dan menonton film Paskah dalam empat Injil (versi AVB -- Alkitab Versi Borneo) dari Proyek Lumo di situs MySABDA.org. Kami percaya bahwa bahan-bahan Paskah yang sudah kami siapkan akan sangat menolong kita untuk semakin memaknai Paskah dengan lebih mendalam. Silakan kunjungi situs-situs di atas untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut secara gratis sebagai bahan persiapan Paskah, baik untuk keluarga, pelayanan di gereja, maupun persekutuan.

Yulia

Dalam anugerah-Nya,
Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

 

1. Roadshow Tim SABDA Komik di PPA Air Hidup, Surakarta

Roadshow

Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kesempatan untuk mengajak kurang lebih 30 anak remaja dari PPA Air Hidup, Surakarta, untuk melakukan pendalaman Alkitab (PA) dengan memakai seri Komik Kisah Kasih Abadi dari Kingstone Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebanyak dua kali. Pada 28 Februari 2019, Tim SABDA Komik memperkenalkan proyek pelayanan SABDA Komik dan komunitasnya. Setelah itu, seluruh peserta diajak menonton video The Story yang merupakan rangkuman seluruh seri Kisah Kasih Abadi, yang merupakan benang merah seluruh pengajaran Alkitab dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru. Setelah itu, seluruh peserta diajak untuk melakukan PA berdasarkan bahan yang sudah disediakan. Lalu, pada 5 Maret 2019, tim SABDA Komik kembali memfasilitasi PA dengan menyajikan bacaan buku Kristus 12: Sang Raja. Kali ini, para mentor PPA Air Hidup diminta untuk memimpin PA sesuai dengan bahan yang sudah disiapkan oleh Tim SABDA Komik. Testimoni peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat Anda simak dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

2. Proses ITL untuk AYT Perjanjian Lama

Proses ITL untuk AYT Perjanjian Lama

Setelah selesai melakukan proses interlinear (ITL) teks AYT Perjanjian Baru, Tim AYT melanjutkan proses yang sama untuk teks AYT Perjanjian Lama. Saat ini, data dan sistem sudah disiapkan oleh Tim ITS untuk pengerjaan yang lebih efektif. Oleh karena itu, Tim AYT telah melakukan training untuk beberapa staf yang akan mengerjakannya. Proses ITL ini merupakan salah satu metode untuk memeriksa ketepatan antara hasil teks Alkitab terjemahan dengan teks bahasa asli Alkitab. Selain memproses teks AYT, nantinya kami juga akan melakukannya untuk teks-teks terjemahan Alkitab lainnya. Mohon doakan agar Tim AYT dapat mengerjakannya dengan baik, teliti, dan penuh hikmat dari Tuhan.

3. Tim ITS YLSA Memulai Proses Upgrade Situs-Situs YLSA Berbasis Drupal

Upgrade Drupal

Banyak situs YLSA yang dahulu dibangun dengan CMS Drupal, terutama situs-situs sumber bahan pelayanan. Sekarang, CMS Drupal telah mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan perkembangan teknologi web. Versi CMS Drupal terbaru saat ini adalah versi 8, dan banyak situs YLSA perlu ditingkatkan karena masih menggunakan versi yang lebih rendah. Oleh karena itu, mulai Januari 2019, di tengah kesibukan yang banyak itu, Tim ITS perlahan-lahan melakukan proses upgrade situs ke CMS Drupal versi 8. Proses ini sangat penting agar keamanan situs terus terjaga dan bahan-bahan dapat diakses dengan mudah, dengan fitur-fitur yang semakin lengkap untuk berbagai platform, termasuk untuk memberikan tampilan yang lebih menarik. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian agar Tuhan memberikan kekuatan sehingga Tim ITS dapat mengerjakan tugas ini dengan sebaik dan secepat mungkin.

4. YLSA Menyediakan Bahan Paskah dalam Komunitas Paskah

Bahan Paskah dalam Komunitas Paskah

Penderitaan, kematian, dan kebangkitan Kristus menjadi rangkaian peristiwa Paskah yang harus dimaknai dengan benar oleh orang-orang Kristen supaya iman kita kepada Kristus semakin dikuatkan. Yayasan Lembaga SABDA rindu untuk mengambil bagian mempersiapkan dan memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia supaya bisa menyambut Paskah dengan hikmat dan sukacita seturut apa yang dikatakan Kitab Suci. Melalui Situs Paskah Indonesia, YLSA menyediakan berbagai bahan bertema Paskah, mulai dari artikel, puisi, lagu, infografik, renungan, blog, hingga audio Paskah. Kami berharap agar bahan-bahan ini bisa menjadi berkat bagi masyarakat Kristen di Indonesia. Selain itu, Sahabat dan Pendukung YLSA juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas SABDA Paskahsupaya kita, sebagai satu tubuh Kristus, dapat saling berdiskusi, berbagi pergumulan seputar Paskah, ataupun menulis kesaksian menjelang dan selama Paskah untuk bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Mengenal YLSA

Pengalaman Magang: An Experience That Shaped Me
Oleh: Fransisco

Halo, nama saya Sisco, mahasiswa dari Universitas Kristen Petra, Surabaya. Sebelumnya, saya sudah menulis di Blog SABDA mengenai pengalaman saya mengikuti seminar Church: The Bride of Christ. Kali ini saya akan menulis mengenai pengalaman magang saya di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Saya magang sebagai pemrogram selama dua bulan, dari Januari hingga awal Maret 2019. Awalnya, sama sekali tidak terpikirkan oleh saya untuk menjalani program magang di YLSA, sebab sebelumnya saya berniat untuk magang sebagai game developer. Saya terus mencari, tetapi tidak menemukan tempat sesuai dengan kriteria yang saya inginkan. Kemudian, ada seorang teman yang menawari saya untuk magang di YLSA, dan setelah menimbang-nimbang, kemudian saya memutuskan untuk menerima tawarannya. Saya sempat khawatir dengan kondisi baru yang tak terduga ini, tetapi semua kekhawatiran itu perlahan-lahan mulai hilang.

An Experience That Shaped Me

Tanggal 2 Januari 2019 menjadi hari pertama saya bekerja di YLSA. Saya dan teman magang saya, Isak, bersama staf-staf YLSA lainnya mengikuti persekutuan doa dan sharing setelah menjalani liburan akhir tahun. Hari itu, kami berdua mendapat orientasi komputer, orientasi HRD, dan lain-lain. Adapun koordinator kami masih berhalangan hadir untuk beberapa hari sehingga kami harus bekerja sendiri. Ini sempat membuat kami berdua bingung. Untungnya, staf-staf YLSA selalu mengingatkan kami, mereka berkata, “Tidak apa-apa, minggu pertama bekerja memang akan bingung. Jalani saja. Pelan-pelan, kamu akan terbiasa.” Untunglah, apa yang mereka katakan terbukti benar. Hari kedua, ketiga, hingga minggu pertama selesai, saya mulai bisa beradaptasi dan tidak terlalu bingung lagi. Saya mulai bersosialisasi dengan staf-staf di sini. Mereka pun dengan ramah membuka diri kepada saya, dan membantu saya ketika saya menghadapi kesulitan atau kebingungan. Minggu pertama ini menjadi minggu terberat, tetapi setelahnya, koordinator kami, Mas Hadi, akhirnya datang. Dia memberi kami bimbingan seputar tugas yang harus dilakukan dan memberi tahu bagaimana menyelesaikan tugas kami. Dengan adanya Mas Hadi, pekerjaan kami menjadi lebih terarah. Ketika saya bingung, saya bisa bertanya kepadanya. Mas Hadi juga sangat ramah sehingga saya tidak sungkan kalau saya punya pertanyaan. Setelah berbincang lebih jauh dengan Mas Hadi, ternyata kami mendapat tugas untuk mengerjakan Bible card dan Comic Study Center (Komik Zone).

Hari demi hari, kami jalani sambil mengerjakan tugas kami. Di sela-sela pekerjaan utama, kami juga mendapat tugas-tugas sampingan, salah satunya didaulat untuk membantu publikasi Suara SABDA. Teman magang saya, Isak, kebagian tugas untuk membuat template HTML Suara SABDA. Ini adalah publikasi terbaru dari YLSA yang kontennya merupakan gabungan dari 11 publikasi yang pernah dirilis sebelumnya. Saya melihat Isak bekerja dengan sangat keras, sebab untuk menyelesaikan tugas ini tidaklah mudah. Banyak pertimbangan dan revisi yang dilakukan. Staf-staf di tempat ini juga mendukung teman saya tersebut dengan memberi semangat dan masukan yang memudahkan pekerjaannya. An Experience That Shaped MeSelain membantu membuat template HTML Suara SABDA, kami juga mendapat tugas untuk membuat situs AYT.co. Situs ini nantinya akan menjadi situs web resmi Alkitab Yang Terbuka (AYT), yang pernah dikembangkan YLSA lima tahun yang lalu, tetapi mandek, dan kini diteruskan seiring dengan selesainya penyuntingan teks AYT. Tugas-tugas tersebut selalu kami mulai tiap hari dengan melakukan daily scrum meeting (stand-up). Di dalamnya, kami membahas apa yang telah kami kerjakan, kendalanya, bagaimana mengatasinya, dan rencana ke depan. Dengan adanya stand-up meeting, saya merasa pekerjaan yang dikerjakan dapat lebih dikontrol, dan bisa mengatur prioritas pekerjaan dengan lebih baik.

Selain tugas-tugas programming yang harus saya kerjakan, saya juga sangat terberkati dengan adanya persekutuan doa (PD) dan pendalaman Alkitab (PA) yang diadakan setiap pagi. Dari PD/PA yang saya ikuti, saya mendapatkan nilai-nilai kerohanian ataupun aplikasi yang dapat saya terapkan dalam kehidupan pribadi dan kehidupan sosial. Sharing yang saya dengarkan juga membuka mata saya untuk melihat hal-hal baru yang tidak pernah terpikirkan oleh saya. Kemudian, hasilnya dapat menjadi pedoman saya untuk menjalani hari-hari sebagai murid Kristus.

Inilah kesan-kesan saya selama menjadi staf magang di YLSA walaupun apa yang saya bagikan dalam tulisan ini hanyalah bagian kecil dari pengalaman tersebut. Masih banyak hal berkesan lain terkait dengan para staf YLSA, suasana, dan kegiatan tiap harinya. Saya sungguh bersyukur. Saya yang awalnya ragu, takut, dan tidak mengerti apa-apa, kemudian semakin paham karena dituntun dan dibina oleh teman-teman staf YLSA dengan ramah dan sabar. Menjalani magang di YLSA awalnya tidak saya rencanakan, tetapi pada akhirnya membuahkan pengalaman yang berharga. Bukan kebetulan saya ada di tempat ini, dan saya rasa ini adalah cara Tuhan untuk membentuk saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga tulisan saya ini bisa menjadi berkat bagi kita semua. Terima kasih.

Tuhan memberkati!

Suara Sahabat YLSA

Testimoni PA Komik di PPA Air Hidup

Berikut ini adalah testimoni dari peserta roadshow Tim SABDA di PPA Air Hidup, Surakarta, yang diadakan pada 28 Februari dan 5 Maret 2019. Kegiatan ini sekaligus menolong Tim SABDA Komik untuk mengembangkan sistem belajar Alkitab melalui komik-komik yang saat ini sedang dikerjakan.

Dita

“Halo teman-teman, saya sangat terberkati dengan adanya acara roadshow dari Tim SABDA Komik. Sekarang, membaca firman Tuhan bisa lewat komik Alkitab (Kisah Kasih Abadi - Red.) dan saya sangat merekomendasikan komik ini.” [Dita]

Gloria

“Aku bukan tipe orang yang suka membaca, tetapi karena ada SABDA Komik, sekarang aku jadi suka membaca. Bagi teman-teman yang tidak suka membaca, silakan membaca SABDA Komik di Komik.APP.” [Gloria]

Fredy

“Setelah melakukan PA dengan SABDA Komik, saya jadi mengerti isi Alkitab dan terberkati.” [Fredy]

Niko

“Saya ingin memperkenalkan kepada kalian tentang komik Kisah Kasih Abadi untuk bisa belajar tentang Alkitab. Melalui komik ini, kita bisa belajar tentang kisah Kristus di PL dan PB. Komik ini lengkap sekali. Silakan mampir di Facebook, Instagram, dan download di Komik.APP.” [Niko]

Novia

“Saya ingin memberikan info yang penting karena mendapat berkat dari Tim SABDA Komik. Saya diberi tahu mengenai video tentang kasih Tuhan. Melalui video tersebut, saya belajar tentang karunia. Saya juga bisa belajar Alkitab tidak melulu dengan mendengar khotbah di gereja atau membaca Alkitab teks, tetapi juga bisa dengan komik Alkitab.” [Novia]

Valentin

“Setelah saya melakukan PA dengan SABDA Komik, saya jadi lebih mengerti firman Tuhan dengan cara membaca komik. Coba kalian download aplikasi SABDA Komik di HP-mu agar bisa belajar firman Tuhan.” [Valentin]

Anda dapat mengakses beberapa kesaksian peserta roadshow SABDA Komik di PPA Air Hidup melalui Instagram SABDA Komik berikut ini:

Laporan Keuangan

Februari 2019
Total Sumbangan Februari 2019 : Rp36.106.440,00
Total Pengeluaran Februari 2019 : Rp68.834.175,00

Rincian Laporan Keuangan Februari 2019

Kami bersyukur karena Tuhan telah menggerakkan para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menjadi saluran berkat bagi pelayanan YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi pada masa mendatang. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments