Berita YLSA April -- Mei 2019

Editorial

Salam sejahtera,

Kecepatan perkembangan teknologi makin tidak terbendung. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk bergerak cepat memanfaatkan teknologi terbaru bagi pekerjaan Tuhan. Sayangnya, sering kali, kami harus melambat karena kurangnya SDM, kurangnya tenaga terampil untuk mengerjakannya. Di tengah keterbatasan ini, Tuhan mengingatkan bahwa YLSA adalah milik-Nya, dan Dialah yang akan menyertai kami melewati segala hambatan yang ada. Selain senantiasa berdoa supaya Tuhan mengirimkan SDM purnawaktu yang kami butuhkan, kami berdoa agar Dia juga berkenan menggerakkan anak-anak-Nya untuk menjadi volunter dalam pelayanan YLSA. Dalam kolom Mengenal YLSA, Anda dapat menyimak informasi lebih lengkap mengenai hal ini. Mohon dukungan doa dari para Sahabat dan Pendukung YLSA.

Dalam rangka ulang tahun YLSA ke-25 pada tahun ini, ada beberapa produk baru yang sudah dan akan kami luncurkan. Yang terbaru adalah hadirnya Asisten Alkitab SABDA versi beta di Google Assistant. Silakan simak informasinya dalam Berita YLSA edisi ini.

Ucapan syukur juga kami naikkan kepada Tuhan karena Dia terus menggerakkan Sahabat dan Pendukung YLSA untuk mendukung kami dalam doa dan dana. Itu semua adalah bukti nyata pertolongan Tuhan bagi pelayanan YLSA. Terima kasih, sekali lagi untuk dukungannya sehingga tercukupkan keperluan YLSA. Terpujilah Tuhan, sekarang sampai selama-lamanya!

Evie

Dalam anugerah-Nya,
Pemimpin Redaksi Berita YLSA,
Davida
evie@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa

1. Asisten Alkitab SABDA Versi Beta Hadir di Google Assistant!

Asisten Alkitab SABDA

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-25, YLSA meluncurkan Alkitab SABDA di Google Assistant. Hadirnya Alkitab dalam Google Assistant diharapkan mempermudah pengguna dalam mencari, mendengar, bahkan melakukan studi Alkitab. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lain, seperti: renungan harian, pokok doa, humor, dan lainnya. Asisten Alkitab ini, yang dipanggil dengan nama "Alkitab SABDA", dapat dipakai oleh pengguna dalam perangkat yang sudah diatur dalam bahasa Indonesia. Untuk beralih ke percakapan dengan Alkitab SABDA, silakan memberikan perintah kepada Google Assistant dengan mengucapkan, "Bicara dengan Alkitab SABDA." Setelah dialihkan ke percakapan dengan Alkitab SABDA, pengguna dapat memanfaatkan semua fitur yang telah disediakan. Mohon dukungan doa sekaligus masukan dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian terkait pengerjaan proyek ini. Kiranya Tuhan menolong Tim ITS YLSA mengembangkan aplikasi ini dengan fitur-fitur yang lebih baik.

2. Sudah Lengkap! Perjanjian Baru dalam Aplikasi Tafsiran Matthew Henry

Logo MHC

Puji Tuhan! Catatan penjelasan teks Alkitab dalam Tafsiran Matthew Henry (MHC) untuk Perjanjian Baru telah lengkap, mulai dari Matius sampai Wahyu. Silakan menginstal atau memperbarui aplikasi Tafsiran atau Tafsiran Matthew Henry melalui perangkat Android Anda untuk mendapatkannya. Selain lewat aplikasi, kami juga sudah menambahkan bahan ini ke situs Alkitab SABDA. Bersamaan dengan itu, kami juga menambahkan catatan untuk kitab Yeremia dan Ratapan dalam bagian Perjanjian Lama. Masih ada teks dari beberapa kitab PL yang kami tunggu untuk diproses versi digitalnya. Mohon dukungan doa agar kiranya Tuhan menolong Tim ITS untuk dapat mengerjakannya dengan baik. Doakan pula mitra kami yang terkait dengan proyek ini, yaitu Friends of Matthew Henry dan Penerbit Momentum, kiranya Tuhan menolong mereka sehingga bahan-bahan MHC ini dapat menjadi berkat untuk menguatkan tubuh Kristus di Indonesia.

3. Tim SABDA Komik Mengerjakan Kisah Kasih Abadi Perjanjian Lama

Seri Kisah Kasih Abadi

Setelah bergumul selama hampir 6 bulan lebih, Seri Komik Kisah Kasih Abadi seri Perjanjian Baru akhirnya bisa diselesaikan. Tim SABDA Komik mulai bergerak untuk mengerjakan seri Perjanjian Lama. Proses penerjemahan komik PL sudah selesai, tetapi teks masih dalam tahap pengecekan final dan proses entering dan lettering (proses memasukkan kata-kata ke dalam kotak/balon percakapan pada halaman-halaman komik). Kami bersyukur karena ada staf magang yang turut membantu tim ini. Mohon dukungan doa agar Tuhan memberikan ketekunan dan ketelitian agar seluruh proses dapat dikerjakan dengan maksimal. Doakan juga untuk rencana mencetak komik-komik ini karena membutuhkan dana yang cukup besar yang tidak bisa kami tanggung sendiri. Kiranya Tuhan mengirimkan donatur-donatur yang terbeban dalam proyek SABDA Komik ini. Terima kasih.

Mengenal YLSA

Pelayanan Volunter di YLSA

Oleh: Santi Titik Lestari

Melayani Tuhan adalah tugas dan panggilan bagi seluruh umat pilihan-Nya. Tuhan senantiasa bekerja untuk memberi kesempatan melayani kepada setiap orang yang sedang bertumbuh. Mengambil bagian dalam pekerjaan-Nya di bumi adalah kesempatan yang terlalu berharga untuk dilewatkan. Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), sebagai yayasan Kristen yang bergerak dalam pelayanan digital, juga menawarkan kesempatan untuk melayani, baik secara purnawaktu bekerja di kantor YLSA maupun secara sukarela tanpa harus meninggalkan tempat tinggal. Selama 25 tahun melayani, salah satu pelajaran penting yang YLSA pelajari adalah "We can't do it alone". Kami menyadari bahwa Tuhan senang jika visi-Nya dibagikan kepada anggota tubuh Kristus yang lain sehingga semua ikut mengambil bagian, bersatu melayani Dia. Oleh karena itu, dari waktu ke waktu, YLSA selalu membuka kesempatan bagi mereka yang ingin mengambil bagian, baik sebagai pendoa, pendukung dana, mitra, staf tetap, staf magang, maupun staf sukarelawan.

Volunter YLSA

Tidak jarang, Tuhan mengirimkan orang-orang yang telah diberkati oleh pelayanan YLSA, atau yang pernah kami layani, yang akhirnya rindu untuk berpartisipasi dalam pelayanan kami. Sampai saat ini, para sukarelawan YLSA yang telah membantu YLSA adalah konselor yang membantu menangani konseling daring, penyedia dan pemelihara infrastruktur (server), moderator kelas PESTA, moderator PA daring, pembuat konten (penulis), penerjemah, penyedia suara untuk rekaman artikel, dan masih banyak lagi. Banyak dari mereka telah kami kenal lewat media daring dan belum pernah bertatap muka dengan kami. Namun, kami sangat berterima kasih kepada mereka. Kami percaya bahwa apa yang mereka lakukan telah menjadi banyak berkat bagi kemajuan pelayanan Tuhan di Indonesia. Untuk melihat cerita-cerita pengalaman mereka, silakan berkunjung ke situs Blog SABDA. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana ikut mengambil bagian melayani sebagai sukarelawan, berikut ini adalah penjelasan kami.

Bagaimana menjadi staf sukarelawan YLSA?

Kesempatan untuk menjadi sukarelawan di YLSA terbuka lebar. YLSA memiliki banyak bidang pekerjaan, di antaranya: programming, multimedia (audio dan video), desain grafis, penerjemahan, penulisan, dll.. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA memiliki keterampilan (talenta) yang ingin dipersembahkan bagi Tuhan, silakan menghubungi kami melalui email ylsa@sabda.org atau mengontak kami di 08812979100 (WA/SMS). Dengan senang hati, kami akan menolong menyalurkan talenta Anda bagi pekerjaan Tuhan di YLSA.

Untuk menjadi sukarelawan YLSA, kami membutuhkan komitmen Anda dan kualifikasi yang sesuai dengan bidang pelayanannya. Silakan menulis kepada kami tentang kerinduan Anda untuk melayani sebagai sukarelawan dan sebutkan talenta yang Anda miliki, maka kami akan mengarahkannya lebih lanjut. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pelayanan YLSA, silakan berkunjung ke:

YLSA menyadari, visi yang Tuhan percayakan kepada kami tidak bisa kami kerjakan sendiri. Dengan bergandeng tangan, kami percaya bahwa Tuhan akan memakai kita semua untuk mengerjakan lebih banyak tugas dan menjangkau lebih banyak orang. Mari kita bersama-sama memberitakan Kabar Baik dan memuliakan nama-Nya melalui teknologi yang sudah Tuhan sediakan! Tuhan menyertai kita. Amin.

Suara Sahabat YLSA

Kesan tentang Komik Alkitab dari Pengikut Instagram SABDA Komik

Logo SABDA Komik

Puji Tuhan! Pengikut Instagram (IG) SABDA Komik semakin bertambah. Mari kita simak beberapa kesan yang masuk ke kotak masuk admin IG SABDA Komik. Kiranya menjadi inspirasi bagi Anda. Silakan kunjungi situs Komik.APP untuk mendapatkan komik-komik Alkitab versi digital, yang adalah hasil kerja sama YLSA dengan mitra-mitra terkait.

“Komik Alkitab sangat bagus untuk memberitakan Injil, [lebih] masuk dalam dunia yang modern saat ini. Bisa lebih mudah untuk menjangkau anak muda dengan metode seperti ini. Tetap semangat, Tim SABDA Komik. Jadi berkat buat banyak orang ya.”

[Brandon]

“Komik dari SABDA Komik sangat bagus, menarik untuk dibaca. Kita bisa mengetahui tentang cerita-cerita atau asal muasal tokoh Alkitab. Yang terpenting, ini mendorong kita untuk membaca Alkitab.”

[Adimascharles]

“Suka banget dengan komik Alkitab ini. Kalau ada gambarnya seperti ini, [saya] jadi tidak bosan membacanya, jadi bisa membayangkan juga. Ketika Yesus disalib, misalnya, saya jadi bisa menghayati dan merasakan juga pengorbanan Yesus. Ini juga cocok untuk anak, jadi [mereka] lebih mudah memahami firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.”

[Cinthia]

“Saya belajar banyak dari Alkitab komik juga, loh. Waktu kecil, saya punya komik tokoh-tokoh Alkitab yang dihadiahkan dalam setiap acara sekolah minggu maupun acara perkumpulan serikat tolong-menolong. Sekarang, saya senang sekali karena dapat berbagi dengan anak-anak perihal cerita Alkitab melalui komik.”

[Samuel H.]

“Aku suka sekali baca komik. Jadi, kalau ada Alkitab yang dibuat menjadi komik itu lebih seru, lebih mengerti, dan lebih semangat membacanya. Semoga dengan adanya komik Alkitab ini, anak-anak Tuhan dapat lebih sering baca firman Tuhan dan mengenal Tuhan Yesus.”

[Sonahage07]

“Aku merasa terberkati dengan adanya komik ini. Bisa membuat setiap orang lebih suka belajar firman Tuhan.”

[Enricho_Christ]

Laporan Keuangan

April 2019
Total Sumbangan April 2019 : Rp65.951.125,00
Total Pengeluaran April 2019 : Rp96.160.109,00

Rincian Laporan Keuangan April 2019

Kami mengundang para Sahabat dan Pendukung YLSA untuk berbagi beban pelayanan. Kami sangat mengharapkan terutama dukungan doa supaya Tuhan terus mencukupkan kebutuhan dana YLSA. Kiranya pelayanan bersama Tuhan terus-menerus memberikan semangat kepada kita untuk bisa melayani lebih baik lagi. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments