Berita YLSA - Agustus 2010

Daftar Berita
[Dari YLSA!]
[Berita YLSA!] :1. Divisi HRD (Personalia)
 : 2. Divisi Software (Biblika)
 : 3. Divisi Web (Sumber Bahan)
[Rencana & Pokok Doa!]:Rencana dan Pokok Doa -- Agustus dan September 2010
[Surat Anda!]
[Stop Press!] :Situs i-Humor
[Keuangan YLSA!] :Laporan Juli 2010

Editorial

Salam sejahtera,

Senang sekali bisa bertemu kembali dengan para Sahabat dan Pendukung YLSA. Pada bulan Agustus, Yayasan Lembaga SABDA mengalami banyak pergumulan baik dalam hal perangkat keras mataupun sumber daya manusia. Tapi puji Tuhan kami tidak dibiarkan sendiri. Tangan Tuhan terus menjaga dan memelihara kami dengan penuh belas kasih. Tanpa Dia, maka kami pasti akan terantuk dan tergeletak.

Melalui kolom Berita dan Pokok Doa, kami berharap para Sahabat dan Pendukung YLSA bisa mendapatkan informasi yang cukup untuk bisa ikut terlibat dan berbagi beban pergumulan bersama kami, khususnya untuk bergumul dalam doa bersama kami. Kami sungguh percaya dengan kuasa doa, karena itu kami tahu dukungan doa-doa Anda sungguh menjadi kekuatan bagi kami. Untuk itu, sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terima kasih.

Pada kesempatan ini kami juga ingin mengucapkan terima kasih secara khusus kepada pada Sahabat dan Pendukung YLSA yang telah setia menjadi pendukung dana bagi pelayanan YLSA. Kiranya Tuhan memberkati Anda berlimpah karena melalui Anda pekerjaan Tuhan dapat dilipatgandakan.

In Christ, Yulia Oeniyati Pimpinan YLSA http://blog.sabda.org http://fb.sabda.org/ylsa


Berita dan Pokok Doa

Selama bulan Agustus 2010, ada beberapa berita kegiatan pelayanan YLSA yang membutuhkan dukungan doa dari para Sahabat dan Pendukung YLSA.

1. Pada bulan Juli dan Agustus, beberapa staf YLSA banyak disibukkan dengan masalah server. Kami sudah mengganti "hard disk" salah satu server karena memiliki "bad sector". Melihat pentingnya peranan server ini, maka kami memutuskan untuk menambah sebuah server lagi pada bulan September supaya pelayanan YLSA bisa semakin mantap.

Pokok Doa: Doakan agar Tuhan menolong pimpinan dan staf YLSA untuk membangun strategi yang baik dalam menangani server-server yang ada supaya pelayanan YLSA bisa lebih stabil dan terpelihara dengan baik. Doakan juga agar ada dana yang cukup untuk membeli server baru.

2. Puji Tuhan, dengan dukungan para Donatur, Yayasan Lembaga SABDA dapat mencetak 22.000 CD Alkitab Audio (berbagai versi bahasa Indonesia, bahasa daerah di Indonesia, dan bahasa asing). Ada banyak permintaan Alkitab Audio yang kami terima dari berbagai tempat, termasuk dari luar Indonesia. Kiranya CD-CD yang kami cetak ini dapat dipakai oleh Tuhan secara luar biasa.

Pokok Doa: Berdoa supaya CD-CD Alkitab Audio ini dapat segera disebarluaskan ke berbagai pelosok Nusantara yang Tuhan kehendaki, khususnya selama bulan September. Biarlah suara firman Tuhan terus berkumandang dengan penuh kuasa di tanah air dan di seluruh dunia.

3. Bersyukur atas kesempatan bagi empat orang staf YLSA, yaitu Rian, Santi, Dewi, dan Novi yang dapat mengikuti kuliah teologi di Pacet, Jawa Timur, pada 23 -- 26 Agustus 2010.

Pokok Doa: Doakan supaya pengetahuan yang sudah mereka dapatkan dapat menjadi bekal untuk bisa melayani lebih baik lagi dalam tugas mereka sebagai staf Div. Publikasi maupun staf Div. PESTA.

4. YLSA telah membeli beberapa nama domain baru. Kiranya dapat dipakai Tuhan untuk melebarkan Kerajaan-Nya di bumi.

Pokok Doa: Kami bersyukur untuk domain-domain baru yang dapat dibeli oleh YLSA. Semoga sarana ini dapat memperluas ladang pelayanan misi Tuhan di internet.

5. Pada bulan September -- Oktober, Div WEB YLSA masih akan melakukan upgrade situs-situs milik YLSA dari Drupal 5 ke Drupal 6.

Situs-situs yang telah selesai dimutakhirkan dan ditambahi fiturnya sampai saat ini adalah situs YLSA http://ylsa.org >, SABDA Space http://sabdaspace.org >, SABDA Space Teens http://teens.sabdaspace.org >, Humor http://humor.sabda.org >, e-Artikel http://artikel.sabda.org >, dan Bio-Kristi http://biokristi.sabda.org >. Yang saat ini masih sedang dikerjakan adalah situs e-MISI http://misi.sabda.org >.

==> http://sabda.org

Pokok Doa: Doakan agar rencana untuk bulan September yang telah disusun Div. WEB YLSA dan semua tugas pengerjaan upgrade ini bisa berjalan cepat dan diberkati Tuhan.

6. Pada bulan September ini, Div. Publikasi berencana untuk mengevaluasi kembali cara dan metode pelayanannya untuk sejalan dengan perkembangan teknologi jaringan sosial yang ada, khususnya teknologi seluler.

==> http://sabda.org/publikasi

Pokok Doa: Doakan agar Tuhan memberikan visi dan hikmat agar Div. Publikasi dapat mengevaluasi pelayanan publikasi YLSA dengan tepat sehingga kami dapat membuat strategi, khususnya untuk pelayanan publikasi tahun 2011 ke depan supaya sesuai dengan kehendak Tuhan dan cocok dengan kebutuhan zaman.

7. Dalam kunjungan pimpinan YLSA ke Jakarta untuk memenuhi undangan beberapa mitra pelayanan YLSA, Tuhan telah memercayai kami untuk membantu mereka dengan proyek khusus khusus yang berhubungan dengan penerjemahan Alkitab bahasa Indonesia.

Pokok Doa: Berdoa untuk YLSA agar mampu mengoordinasi beberapa staf, relawan, dan mitra YLSA untuk memberikan karya terbaik dalam proyek penerjemahan Alkitab bagi bangsa kita tercinta.

8. PESTA akan membuka kelas Natal periode November 2010. Pendaftaran sudah dibuka untuk memberi kesempatan kepada para calon peserta untuk membuat tugas sebagai persyaratan yang harus dipenuhi. Jika Anda berminat mengikuti kelas ini, Anda dapat mendaftarkan diri ke alamat email:

==>

Pokok Doa: Mohon dukungan doa untuk pendaftaran kelas PESTA yang dibuka bulan September ini supaya lebih banyak orang Kristen yang mengikuti kelas diskusi Natal sehingga semakin banyak orang mengerti makna Natal dan mereka dapat menyambut Natal dengan penuh inspirasi yang dari Tuhan.


Suara Sahabat YLSA

Pengantar: Berikut ini adalah surat yang kami kutip dari Pak Indriatmo (salah satu anggota Tim Modertor PESTA http://www.pesta.org >) yang berisi sharing tentang pelatihan SABDA yang Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adakan pada tanggal 12 Juli 2010 di Jakarta dengan meminjam tempat di Istana Kana, Menteng.

Redaksi: @Indriatmo: Terima kasih banyak untuk liputannya, Pak.

From: "Indriatmo Atmo"

Subjek: Pelatihan SABDA untuk alumni PESTA - Laporan

Shalom. Senin malam (12 Juli 2010, pukul 19:00-21:00) Yayasan Lembaga SABDA memberikan pelatihan SABDA di Gedung Istana Kana - Menteng dan berjalan dengan sukses dan mantap.

Di pelatihan ini kita bisa bertemu dengan beberapa pelayan Tuhan, dari berbagai organisasi pelayanan seperti Yamari, Yasuma, Yasti, dll.. Tapi yang paling mengesankan bagi saya adalah bertemu dengan staf PESTA dan beberapa alumni PESTA yang selama ini hanya kenal akrab dari namanya saja, misalnya Ibu Yulia, Pak Eko, Sebastian, Ibu Debora dan suami, Ibu Grace Emilia, dll..

Pada acara pelatihan ini dijelaskan bagaimana cara mengoperasikan software Alkitab SABDA versi 4 dan ALKITAB SABDA (online). Saya selama ini akrab dengan SABDA versi 1.6 (dibuka secara portable) karena di kantor tidak bisa instal program apa pun. Melihat perkembangan SABDA versi 4, saya dibuat terkagum-kagum karena sangat lengkap dan terintegrasi. Ada fasilitas Nomor Strong, ada juga daftar silsilah, peta, gambar, ilustrasi ayat, cerita Alkitab anak, dll.. Semua alat-alat studi Alkitab tersedia lengkap, khususnya Alkitab dari berbagai terjemahan. Bahkan ada audio yang membaca ayat yang sedang dibuka, ada daftar lagu Kidung Jemaat sesuai ayat, ada MP3 Kidung Jemaat, dll - dll (saking lengkapnya). Pokoknya TeOPe BeGeTe eSKaeL ... two thumbs up buat Tim SABDA yang sudah bekerja keras untuk Tuhan.

Pada pertemuan tersebut juga dibagikan CD MP3 Alkitab dalam berbagai bahasa (Indonesia, Jawa, Sunda, Aceh, Nias, Madura, Malay, Mandarin, Inggris, Yunani, dll.). Mudah-mudahan ada beberapa bahasa lain yang nanti akan menyusul, kata bu Yulia. Kita juga mendapat buku Perjanjian Baru Versi Mudah Dibaca. Semuanya FOC (Free of Charge) alias gratis!

Ada hamba Tuhan, namanya Pak Andreas yang melayani di Hong Kong, Taiwan, dan sekitarnya. Beliau menceritakan pelayanannya untuk orang Indonesia di sana, dan tentu banyak terbantu dengan adanya Alkitab MP3 dalam bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Bu Yulia juga sharing bagaimana CD-CD Alkitab Audio ini telah menjadi berkat, termasuk di daerah yang sulit dimasuki Alkitab. CD-CD ini juga berguna untuk pelayanan pasien di rumah sakit yang harus beristirahat dan tidak boleh membaca; mereka bisa mendengarkan Alkitab MP3. Pelayanan untuk para lansia, para tuna netra, dan mereka yang masih buta huruf juga sangat dibantu dengan keberadaan Alkitab MP3 ini.

Terima kasih banyak YLSA untuk semua pelayanannya bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus. (Tengkiu juga untuk mie & teh hangat-nya dari Ibu Gina ...)

Kami, yang sekarang memiliki software Alkitab SABDA versi 4 maupun CD-CD Alkitab MP3, didorong untuk membagikannya ke semua orang dengan FoC (Free of Charge), seperti semboyan YLSA: "Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma" (Matius 10:8). . Menurut bu Yulia pelayanan kita dibatasi tempat dan waktu, tapi CD Alkitab dan CD SABDA bisa dipakai Tuhan untuk pergi ke mana saja dan kita tidak perlu membelanya, karena Alkitab akan membela Diri-Nya sendiri.

Demikian sekilas info, silakan teman-teman yang lain bisa menambahkan pengalamannya di Istana Kana kemarin malam.

GBU Indriatmo

Software Alkitab SABDA versi 4 bisa Anda unduh dari: ==> http://www.sabda.net >

Sedangkan, situs ALKITAB SABDA online bisa Anda akses lewat: ==> http://alkitab.sabda.org >


Blog SABDA

Divisi Software (Biblika)

Judul Blog: Memproses Teks Alkitab di YLSA (Oleh: Hadi Pramono)

Nama saya Hadi, dan mulai bergabung di YLSA pada bulan Mei 2010. Di YLSA ini saya ditempatkan di Divisi Software sesuai dengan kemampuanku sebagai junior programmer. Selama beberapa bulan pertama, makanan saya sehari-hari adalah bermain-main dengan teks. Mata dan pikiran harus bisa berkolaborasi memandang dan mencerna setiap karakter yang tersusun untuk mencermati pola-pola teks. Sedangkan tanganku tanpa protes menekan tuts keyboard untuk setiap pikiran yang terlintas dalam otakku. ...

Baca selengkapnya tulisan Hadi:

==> http://blog.sabda.org/2010/08/19/

Divisi Web (Sumber Bahan)

Judul Blog: Upgrade Situs-Situs YLSA (Oleh: Ari Saryanto)

Seperti kembali ke rumah lama, demikian perasaan saya ketika kembali bekerja plus melayani di Yayasan Lembaga SABDA. Saya kembali ke posisi lama yaitu staf di Divisi WEB, artinya kembali berkutat dengan sejumlah besar situs YLSA yang sebagian besar dikembangkan dengan menggunakan CMS Drupal. Tapi ada sedikit perbedaan, kali ini saya kembali ke YLSA dengan bekal dan semangat yang berbeda. Setelah berkelana menjadi tenaga freelance selama setahun, saya punya lebih banyak pengalaman dan berharap bisa lebih banyak membantu, khususnya sehubungan dengan tugas utama saya yaitu melakukan upgrade situs-situs YLSA yang memakai CMS Drupal. ...

Baca selengkapnya tulisan Ari:

==> http://blog.sabda.org/2010/08/31/

Divisi HRD (Personalia)

Judul Blog: Boleh Magang di YLSA? (Oleh: Yulia Oeniyati)

Sudah beberapa kali orang bertanya kepada saya, "Apakah boleh magang di YLSA?" Walaupun tidak keluar secara spontan, tapi saya menjawab, "Bisa saja, asal yang bersangkutan punya kemampuan yang bisa disumbangkan ke YLSA." Tapi karena penasaran saya balik bertanya. "Mengapa ingin magang di YLSA?" Jawabannya cukup bervariasi, kebanyakan karena ingin menimba ilmu dan pengalaman, tapi ada juga yang sekadar untuk memenuhi tugas sekolah, bahkan ada yang karena disuruh orang tua. Di antara yang bertanya tersebut, ada yang menambahkan, "Harus bayar berapa?" ...

Baca selengkapnya tulisan Yulia:

==> http://blog.sabda.org/2010/08/20/


Laporan Keuangan

Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan Juli 2010.

Laporan Juli 2010

A. Sumbangan
GKI Magelang (BCA) Rp.1.800.000,0002/06/10
Indriana Chandrana (BCA) Rp.1.000.000,0003/06/10
Samuel Franklyn (BCA) Rp. 250.000,0003/06/10
Natanael Eko Kurnia (BCA) Rp. 100.000,0003/06/10
Widya Kristiani (BCA) Rp. 500.000,0007/06/10
Yessie Dana (BCA) Rp. 500.000,0007/06/10
Lukas Haridjaja (BCA) Rp. 500.000,0014/06/10
NN (BCA) Rp.2.000.000,0014/06/10
NN (BCA) Rp.1.750.000,0014/06/10
TELAGA (BCA) Rp. 500.000,0021/06/10
Ignatius Priyoto (BCA) Rp.2.000.000,0021/06/10
Budiharto Sanusi (BCA) Rp. 100.001,0021/06/10
Lukas Haridjaja (BCA) Rp.1.000.000,0021/06/10
Oneway SMA Indonesia (BCA)Rp.1.000.000,0024/06/10
Gaby & Dennis (BCA) Rp.1.000.000,0024/06/10
Wiseno Adi (BCA) Rp. 300.000,0024/06/10
Yayasan Gloria (BCA) Rp. 250.000,0024/06/10
Edward B. Sinuhaji (BCA) Rp. 100.000,0025/06/10
Mickey Felder (BCA) Rp. 100.000,0028/06/10
Cahyadi Wanaharja (BCA) Rp. 50.000,0029/06/10
Tantri Fennywati (BCA) Rp.1.000.000,0029/06/10
Suwito (BCA) Rp. 300.000,0030/06/10
Sumbangan lain-lain Rp. 418.138,00
Bunga Bank Rp. 43.627,00
   
Total Sumbangan Rp.16.561.766,00
B. Pengeluaran
Administrasi Rp. 351.800,00
Kas kecil Rp. 200.000,00
Telepon, listrik, dll. Rp. 1.928.100,00
Perawatan komputer Rp. 261.500,00
Perpustakaan Rp. 1.226.400,00
CD (duplikat CD) Rp. 4.927.800,00
Pengiriman pos, paket, dll.Rp. 255.000,00
Bank Rp. 23.419,00
Kepegawaian Rp. 22.920.000,00
Seminar (Yogya & Salatiga) Rp. 327.500,00
Konsumsi staf Rp. 1.432.500,00
Kontrak rumah staf Rp. 19.000.000,00
   
Total Pengeluaran Rp. 52.854.019,00

Ucapan Terima Kasih

-------------------

Sungguh luar biasa pemeliharaan Tuhan atas pelayanan ini. Mengucap syukur untuk para Sahabat dan Pendukung YLSA yang tergerak untuk berpartisipasi dalam pelayanan yang kami lakukan. Kami ucapkan banyak terima kasih atas dukungannya, Tuhan Yesus memberkati hidup dan pelayanan Anda.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA a.n. Yulia Oeniyati Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo No. Rekening: 0790266579

Stop Press
SITUS I-HUMOR

Situs i-Humor (internet Humor) adalah situs Kristen berbahasa Indonesia yang menampilkan humor dan anekdot yang menggelitik, namun tetap bersih dari unsur porno atau SARA. Situs yang humor-humornya juga bisa didapatkan dengan berlangganan publikasi e-Humor ini menarik, karena di bawah setiap humor, ada tautan (link) ayat Alkitab yang berkaitan dengan humor tersebut. Sehingga, kita tidak hanya menikmati humornya, namun juga bisa merenungkan Firman Tuhan. Bagi yang ingin melihat arsip humor yang lalu, klik saja bagian Indeks dan telusuri humor-humor terdahulu yang dibagi dalam dua jenis kategori: menurut urutan kitab dalam Alkitab atau menurut judul abjadnya. Tersedia juga sistem pencarian berdasar kata atau berdasar pasal Alkitab. Simak pula artikel-artikel tentang humor di menu Artikel. Bagi mereka yang mempunyai bahan humor yang memenuhi syarat, bisa juga mengirimkannya langsung ke formulir yang terdapat di bagian kanan.

Kunjungi segera situs yang dibuat oleh Yayasan Lembaga Sabda (YLSA) ini di:

==> http://humor.sabda.org


Redaksi Berita YLSA
Staf Redaksi: Yulia, Ami, Evie, dan Elly
Untuk berlangganan: subscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Berhenti berlangganan: unsubscribe-i-kan-berita-ylsa(at)hub.xc.org
Kirim bahan/pertanyaan: beritaylsa(at)sabda.org
Arsip Berita YLSA: http://www.ylsa.org/berita_ylsa/
Blog SABDA: http://blog.sabda.org/
In-Christ.Net: http://www.in-christ.net/
Facebook YLSA: http://fb.sabda.org/ylsa

Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita YLSA 2010 YLSA -- http://www.ylsa.org/ Situs Katalog -- http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati


Comments