Berita dan Doa YLSA

1. Restrukturisasi Yayasan Lembaga SABDA

Restrukturisasi YLSA

Selama 26 tahun pelayanan, YLSA sudah beberapa kali melakukan restrukturisasi. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kapasitas pelayanan yang ada. Berikut ini struktur yang baru: Divisi ITS (Information Technology Services), Me+DIA, dan Content (3 divisi production dan services). Lalu, Divisi Bible Engagement, Ministry Learning Centre, dan Customer/Relationship (3 divisi engagement dan usage). Melalui struktur yang baru ini, kami berharap bisa melayani masyarakat Kristen Indonesia dengan lebih baik lagi. Mohon dukung kami dalam doa.

 

2. Program BaDeNo (BAca, DEngar, NOnton)

BaDeNo

Pertama di Indonesia, rencana "Multimedia" baca Alkitab setahun, BaDeNo! BaDeNo (Baca Dengar Nonton) merevolusi cara baca Alkitab! Membaca Alkitab tidak lagi hanya membaca teks, tetapi juga baca dengan audio dan baca dengan visual! Ini adalah gerakan Baca Alkitab abad ke-21! Penjelasan lebih lengkap mengenai BaDeNo akan disampaikan oleh tim Biblical Engagement SABDA pada 4 -- 5 Februari 2021 dalam Ministry Learning Centre via Zoom dan YouTube. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung SABDA untuk mengikutinya. Silakan kontak kami di WhatsApp: 082133133315 untuk mendapatkan informasinya. Terima kasih.
 

3. SABDA Live Sebagai Pusat Belajar Bersama

SABDA Live

Sejak dimulai pada Mei 2020, SABDA Live masih akan terus kami kembangkan pada 2021 ini. Kini, kami memanfaatkan SABDA Live lebih lagi sebagai pusat belajar bersama. Tidak hanya topik-topik seputar pelayanan dan teknologi, Alkitab dan studi Alkitab, atau mengenal yayasan/pelayanan Kristen di Indonesia, SABDA Live juga akan menjadi sarana untuk belajar doktrin dan hal-hal praktika untuk menambah wawasan dan membekali masyarakat Kristen Indonesia. Setiap divisi di YLSA akan memanfaatkan jalur SABDA Live ini untuk meningkatkan relasi dengan gereja pada khususnya, dan orang percaya pada umumnya. Ikuti terus informasi terbarunya dalam situs SABDA Live.

1. Rapat Kerja YLSA 2020/2021

Rapat Kerja YLSA 2020/2021

Pada 14 Desember 2020, YLSA menyelenggarakan rapat untuk evaluasi kerja dan rencana kerja 2021. Bersyukur kepada Tuhan atas evaluasi selama 2020. Meski banyak rencana yang harus terkalahkan dengan kondisi pandemi ini, tetapi Tuhan memberikan kekuatan dan juga hikmat-Nya untuk terus relevan dengan perkembangan yang relevan terjadi. Bersyukur pula, dalam masa pandemi ini, justru YLSA dapat lebih banyak "berjumpa" dengan pengguna / sahabat / teman SABDA, bahkan mendapat banyak mitra / teman / sahabat / relasi baru. Lalu, pada 21 Desember 2020, kami kembali mengadakan "raker mini" untuk mematangkan lagi pelayanan YLSA untuk tahun 2021 - 2025 dengan struktur pelayanan yang lebih terkalahkan untuk selanjutnya. Doakan agar hasil dari setiap raker ini benar-benar sesuai dengan kehendak Tuhan.Dukungan dari Sahabat dan Pendukung SABDA selalu kami nantikan untuk pekerjaan Tuhan di YLSA selanjutnya. Terima kasih untuk dukungannya.

2. SABDA Live Tutup Tahun!

SABDA Live Tutup Tahun

Pada 18 Desember 2020, kami menyelenggarakan penutupan SABDA Live untuk tahun 2020 dalam acara SABDA Live Tutup Tahun! Sejak dimulai pada 12 Mei 2020 yang lalu, SABDA Live telah mengadakan 110 sesi yang terbagi dalam 8 seri utama ( Vision Talks , Bible Talks , Fun Talks , Passion Series , Seri Teknologi , Project Talks , Ministry Series , dan Seri Natal) ). Bersyukur kepada Tuhan karena program SABDA Live menjadi kesempatan besar bagi YLSA untuk menjadi mitra gereja yang sedang memulai / mengembangkan pelayanan digitalnya karena masa pandemi ini.Tidak sedikit pula peserta SABDA Live yang dapat kembali menggunakan bahan-bahan SABDA Live untuk memperlengkapi anggota jemaat secara digital. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat melihat seluruh arsip SABDA Live dalam situs SABDA Live, YouTube SABDA Alkitab ( channel SABDA Live), dan Podcast SABDA Live ( Spotify dan Google Podcasts ). Doakan juga untuk rencana SABDA Live 2021 yang diharapkan dapat menolong gereja untuk memanfaatkan teknologi dalam belajar Alkitab dan pelayanan digital. Terima kasih banyak dukungannya.

3. Libur Natal YLSA 2020

Libur Natal YLSA 2020

 

Pada 25 Desember 2020, seluruh staf YLSA akan berlibur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Mohon doakan agar selama libur nanti, staf YLSA dapat menggunakan waktunya dengan baik, khususnya pada masa-masa pandemi ini, sehingga kesehatan staf terjaga dengan baik dan tetap produktif. Kiranya masa libur ini dapat menjadi waktu yang berkualitas dengan Tuhan dan keluarga. Harapan kami, ketika masuk kembali pada 4 Januari 2021, semua memiliki semangat yang semakin menyala-nyala untuk melayani Tuhan! Sampai jumpa tahun depan!

1. SABDA Live Seri Natal

 

SABDA Live Seri Natal

 

Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk bergabung dalam SABDA Live Seri Natal yang sudah dimulai sejak 24 November sampai dengan 18 Desember 2020 (Setiap Selasa -- Jumat), pkl. 10.30 -- 12.00 WIB! Akan ada banyak cara baru, sharing, informasi, dan ide-ide kreatif untuk menyambut dan merayakan Natal bersama keluarga/rekan Anda, dekat ataupun jauh, pada masa pandemi ini. Ikuti informasinya setiap hari dalam grup WhatsApp SABDA Live di 0821-3313-3315 dan di situs SABDA Live: https://live.sabda.org. Tuhan Yesus memberkati!

 

 

 

 

2. Thanksgiving SABDA Live: Hati yang Bersyukur

Thanksgiving SABDA Live: Hati yang Bersyukur

Pada 26 November 2020, YLSA merayakan Thanksgiving bersama Sahabat SABDA melalui SABDA Live. Secara online, staf SABDA dan para Sahabat SABDA membagikan ucapan syukur atas berkat Tuhan sepanjang tahun ini agar menjadi kesaksian dan kemuliaan bagi nama-Nya. Meski tidak bisa bertemu langsung, tetapi suasana sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan terasa kental dalam acara Thanksgiving Online yang bertema Hati yang Bersyukur ini. Ada begitu banyak ucapan syukur kepada Tuhan sehingga hati setiap yang mengikutinya sungguh memuliakan Tuhan. Jika Sahabat dan Pendukung SABDA ingin melihat rekamannya dan turut bersyukur bersama, silakan mengikutinya melalui YouTube SABDA Alkitab dalam video Thanksgiving SABDA Live: Hati yang Bersyukur! Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Dia baik!

 

3. Mari Bergabung dalam Komunitas #CodeForGOD

Komunitas #CodeForGOD

Sebagai bagian dari Post-Hack #CodeForGOD, saat ini telah terbentuk komunitas #CodeForGOD. Kami memanfaatkan media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) dan grup WhatsApp untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Dengan visi "menggunakan code dan IT/digital/media untuk Tuhan -- untuk umat-Nya, untuk tujuan-Nya, dan Kerajaan-Nya", komunitas ini dibentuk untuk saling membangun komunikasi, relasi, kolaborasi, dan berbagi informasi seputar teknologi dan pelayanan di Indonesia. Kami mengundang Sahabat SABDA, terutama para programmer dan pegiat teknologi, untuk bergabung dalam Komunitas #CodeForGOD. Mari kita bergandeng tangan menggunakan teknologi untuk mengembangkan pelayanan di Indonesia. Silakan hubungi kami melalui WhatsApp di 0812-2667-4667 untuk bergabung dalam grup WhatsApp #CodeForGOD!

1. Ucapan Syukur untuk Ulang Tahun ke-26 YLSA

Ulang Tahun SABDA Ke-26

Terpujilah Tuhan! Oktober 2020 adalah bulan istimewa karena SABDA berulang tahun yang ke-26. Tidak akan pernah cukup ucapan syukur yang kami naikkan kepada Tuhan Yesus atas pimpinan-Nya selama ini. Di tengah masa pandemi ini, kami bersukacita bisa merayakan ulang tahun SABDA bersama sahabat, pendukung, dan pengguna SABDA dalam SABDA Live maupun event #CodeForGOD Indonesia 2020. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar YLSA lebih setia dan teguh dalam panggilan Tuhan. Terima kasih banyak atas setiap dukungan dari Anda semua untuk pelayanan YLSA. Terpujilah Tuhan!

2. Penyelenggaraan #CodeForGOD Indonesia 2020

#CodeForGOD Indonesia 2020

Betapa bersyukurnya kami kepada Tuhan karena #CodeForGOD Indonesia 2020 sudah berlangsung dalam penyertaan Tuhan. Acara #Hack sendiri adalah pada 9 -- 11 Oktober 2020, tetapi persiapan sudah dilakukan sejak September 2020. Ada 100+ peserta yang akhirnya berkolaborasi dalam mengerjakan 15 proyek yang ada. Acara ini tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa dukungan dari Sahabat dan Pendukung YLSA pula. Bahkan, beberapa peserta secara langsung masuk menjadi tim doa khusus untuk #CodeForGOD ini. Kami juga berterima kasih untuk setiap mitra, mentor, dan para juri yang telah mendukung sehingga acara ini berjalan dengan baik. Setiap kekurangan menjadi evaluasi bagi kami untuk event-event selanjutnya. Setiap prestasi dan kelebihannya kiranya menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan. Laporan lengkap mengenai pelaksanaan #CodeForGOD dapat diikuti dalam kolom Mengenal YLSA.

3. Global #Hack Celebration

Global #Hack Celebration

#CodeForGOD merupakan bagian dari Global Hackathon yang diselenggarakan oleh Indigitous. Kurang lebih 60 kota di berbagai negara mengikuti #Hack ini pada 9 -- 11 Oktober dan 16 -- 18 Oktober. Lalu, pada 23 dan 24 Oktober 2020, seluruh peserta yang mengikuti #Hack di berbagai negara ini dikumpulkan dalam acara Global #Hack Celebration! Salah satu acaranya adalah pengumuman pemenang proyek-proyek yang dikerjakan selama #Hack. Proyek yang dinilai oleh juri sudah diseleksi menjadi 6 proyek terbaik dari seluruh proyek yang masuk. Enam proyek ini mewakili Ethiopia, Indonesia, Singapura, Filipina, USA, dan Australia. Indonesia diwakili oleh proyek Simple Suku Study Bible Maker. Semua proyek yang terpilih dalam 6 besar merupakan proyek-proyek yang memiliki dampak besar bagi Kerajaan Allah. Mari kita terus dukung kelanjutan proyek-proyek ini supaya banyak orang dapat dijangkau oleh firman Tuhan.

1. Pendaftaran Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020 Ditutup 1 Oktober 2020!

Penutupan Pendaftaran #CodeForGOD 2020

Masih terbuka kesempatan untuk registrasi #CodeForGOD! Jika Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian adalah programmer, designer grafis, atau punya ide-ide luar biasa untuk proyek pelayanan digital, segera daftarkan diri Anda dalam Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020! Pendaftaran ditutup pada 1 Oktober 2020! Mohon dukungannya pula untuk menginformasikan #CodeForGOD Indonesia 2020 kepada lebih banyak rekan, kenalan, jemaat, dan relasi Anda. Indonesia sudah digital! Mari bangun fondasi digital untuk gereja dan pelayanan. Jadilah bagian untuk mengembangkan Kerajaan Allah pada era digital ini dalam #CodeForGOD Indonesia 2020! Pendaftaran dilakukan dalam halaman registrasi peserta di situs CodeForGOD.org. Kami tunggu!

2. Seri Teknologi dalam SABDA Live

Seri Teknologi dalam SABDA Live

Dalam rangka #CodeForGOD Indonesia 2020, SABDA Live dalam minggu terakhir bulan September ini mempresentasikan seri "Teknologi". Kemajuan teknologi pasti berdampak juga terhadap berbagai bidang kekristenan. Oleh karena itu, melalui materi-materi yang kami sajikan dalam program SABDA Live, seperti: Teknologi dan Media: Memaksimalkan Media dalam Pelayanan, Teknologi dan Anda: Bincang-Bincang dengan SABDA Live, Teknologi dan Apologetika: Apologetika pada Era Digital

3. Pendoa #CodeForGOD Indonesia 2020

Pendoa #CodeForGOD Indonesia 2020

Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin terlibat sebagai tim doa #CodeForGOD Indonesia 2020, silakan hubungi kami melalui WhatsApp di 081226674667 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Kami akan memasukkan Anda dalam WhatsApp Group Pendoa #CodeForGOD. Pokok-pokok doa juga sudah kami pasang dalam situs CodeForGOD.org. Terima kasih banyak atas dukungannya!

 

1. SABDA Live #BibleTalks Agustus 2020

SABDA Live #BibleTalks

Puji Tuhan! SABDA Live pada bulan Agustus mengusung seri #BibleTalks. Ada 15 presentasi mengenai Mengapa dan Bagaimana Belajar Alkitab dalam seri ini. Ini menjadi seri yang penting bagi YLSA karena merupakan fokus pelayanan kami, yaitu Alkitab dan Studi Alkitab. Secara khusus, seri ini kami harapkan dapat meneguhkan para peserta bahwa firman Tuhan adalah fondasi kehidupan kita dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, firman Tuhan harus dipelajari dan dihidupi setiap hari. Kami berterima kasih banyak kepada Sahabat dan Pendukung YLSA yang telah ambil bagian sebagai narasumber dalam SABDA Live #BibleTalks ini. Arsip lengkapnya dapat Anda akses di situs SABDA Live. Untuk September, program pelayanan SABDA Live akan mengangkat #PassionSeries. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA mengikuti SABDA Live dengan mendaftarkan diri lewat WhatsApp di 081226674667 atau dengan menjawab email ini.

 

2. YLSA Menjadi Host Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020!

Hackathon #CodeForGOD

Pada 9 -- 11 Oktober 2020 akan diselenggarakan Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020 secara virtual. Diawali pada Juli 2020, saat itu, YLSA mendapat tawaran untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan hackathon Kristen di Indonesia. Setelah didoakan dan dilakukan pula serangkaian komunikasi dengan pihak Indigitous selaku pemrakarsa acara ini secara global, kami memantapkan diri untuk menjadi host hackathon 2020. Keputusan ini kami ambil karena memang ini menjadi panggilan Tuhan bagi YLSA, yaitu ladang IT, dan kerinduan yang sangat besar untuk mengumpulkan para praktisi IT Kristen di Indonesia agar menggunakan talentanya untuk pekerjaan Tuhan. Infrastruktur untuk pelaksanaan sudah dan terus kami kerjakan melalui situs CodeForGOD.org. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk bergabung dan terlibat dalam kegiatan ini. Anda dapat menghubungi admin YLSA melalui WhatsApp di 081226674667 untuk informasi lebih lanjut. Saat ini, pendaftaran sudah dibuka!! Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang memiliki skill IT/digital/media, silakan lakukan registrasi di situs CodeForGod.org. Anda juga dapat mengikuti informasi terbaru melalui Facebook, Instagram, dan Twitter #CodeForGOD Indonesia 2020. Mohon dukungan doanya!

 

3. Lowongan Programmer Kristen di YLSA

SABDA Lowongan

YLSA terus membuka kesempatan bagi para programmer Kristen untuk bergabung menjadi staf fulltime. Masih banyak pula antrean proyek yang belum dikerjakan karena kurangnya SDM. Karena itu, bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang rindu melayani Tuhan sebagai programmer Kristen, silakan bergabung bersama YLSA dengan mengirimkan lamaran ke cv@sabda.org. Mohon pula membagikan informasi ini kepada rekan-rekan atau kenalan Anda. Informasi lengkap mengenai ini dapat diakses di situs Lowongan SABDA. Terima kasih.

1. SABDA Live Juni -- Juli 2020 via Zoom Meeting

SABDA Live Juni -- Juli 2020 via Zoom Meeting

Selama Juni -- Juli 2020, SABDA Live via Zoom Meeting melangsungkan program #VISION TALKS, #FUN TALKS, dan #BIBLE TALKS! Pada Juni 2020, ada dua seri #Vision Talks, yaitu "New Church"? Quo Vadis? dan SABDA for the "New Church". Dua seri ini mengajak kita untuk belajar dan bergumul bersama tentang gereja pada masa depan dan apa saja hal-hal dari SABDA yang bisa dimanfaatkan untuk pelayanan GEREJA ke depannya, terutama saat pandemi dan pascapandemi COVID-19. Pada Juli 2020, program SABDA Live yang berlangsung adalah #FUN TALKS yang mengangkat berbagai topik praktis dalam berbagai bidang pelayanan Kristen maupun marketplace. Pada bulan Juli juga, SABDA Live mengadakan seri #Bible Talks Kidz Ministry dalam rangka Hari Anak Nasional (21 -- 24 Juli 2020) dan #Bible Talks Studi Alkitab (28 Juli -- Agustus 2020). Mari terus bergabung dalam program-program SABDA Live. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar SABDA Live dan arsip-arsipnya di situs SABDA Live. Hubungi WA 08812979100 atau email live@sabda.org untuk informasi lebih lengkap.

 

2. Staf YLSA Kembali Work From Office (WFO)

Work From Home (WFH)

Pada akhir Maret 2020, sejak dinyatakan bahwa dunia mengalami pandemi COVID-19, sebagian besar staf YLSA harus bekerja dari rumah (WFH). Kami bersyukur kepada Tuhan karena proses ini dapat kami lewati dengan baik sampai Juni 2020. Pada 22 Juni 2020, seluruh staf kembali bekerja dari kantor (WFO), tentunya dengan menaati protokol kesehatan yang benar dan mengikuti aturan-aturan dalam kondisi adaptasi baru. Mohon dukung doa supaya staf YLSA tetap dapat bekerja dengan efektif dan efisien di tengah perkembangan kasus COVID-19 yang belum kondusif. Doakan pula agar seluruh staf dan keluarga ada dalam perlindungan Tuhan. Kiranya Tuhan memberikan hikmat kepada staf untuk menjaga diri dan lingkungannya agar tetap sehat untuk mengerjakan pelayanan dari Tuhan di tengah masa pandemi ini.

 

3. Pendalaman Alkitab di YLSA ala "PSBB"

PA PSBB

Sejak Juni 2020 sampai sekarang, staf YLSA melakukan pendalaman Alkitab dengan cara baru. PA ini kami namai dengan PA Praktis Sharing Berkat Bersama (PSBB) yang kami lakukan di Grup WhatsApp. Setiap hari, setiap staf membaca satu pasal dari kitab yang sudah disepakati. Pada Juni 2020, kami menggali kitab Kisah Para Rasul. Lalu, pada Juli 2020 ini, kami melakukan PA dari kitab Amsal. Prosesnya adalah setiap staf membagikan satu pelajaran penting dari satu pasal setiap hari. Lalu, kami juga membagikan aplikasi dari PA hari itu. Selain membagikan pelajaran, kami juga bisa merespons sharing dari teman yang lain. Pada Juli 2020, prosesnya sama, tetapi mulai Amsal 10, tiap hari kami juga membagikan "amsal/hikmat hari ini" versi kami masing-masing. Ini bisa diperoleh dari firman yang dibaca, pengalaman hari itu, dan sebagainya. Mohon dukungan doa supaya PA PSBB ini dapat berjalan lancar, membawa kami makin mengerti firman Tuhan, dan melakukannya.

 

4. Rapat Kerja YLSA dalam Masa Pandemi

Biasanya pada setiap Juni, YLSA mengadakan RAKER untuk laporan dan evaluasi tengah tahun. Melihat kondisi saat ini, kami memutuskan untuk melakukan RAKER "Bulanan" untuk mengantisipasi cepatnya perubahan yang terjadi. Mohon doakan agar kami terus mengandalkan Tuhan sehingga semua persiapan pelayanan dapat kami jalankan sesuai dengan kehendak-Nya walaupun situasi sangat tidak menentu.

1. YLSA Mengadakan Program SABDA Live

SABDA Live dari YLSA

SABDA Live merupakan program pelayanan dari YLSA untuk berinteraksi langsung dengan peserta dalam beberapa platform dan jalur pelayanan SABDA. Program ini sebenarnya sudah kami lakukan sebelumnya dalam bentuk roadshow offline dan diskusi online melalui berbagai medsos. Namun, masa pandemi COVID-19 ini mengharuskan kami melakukan "roadshow" secara online. Karena itu, kami memanfaatkan beberapa platform lain, seperti Zoom dan Google Classroom. Salah satu kegiatan SABDA Live pada Mei 2020 ini adalah Vision Talks, yang penjelasannya dapat Anda ikuti dalam kolom Mengenal YLSA. Mohon doakan untuk program-program SABDA Live berikutnya agar dapat lebih berdampak dalam pelayanan gereja, khususnya untuk persiapan era new normal pascapandemi ini. Informasi lebih lengkap mengenai kegiatan SABDA Live dapat diakses dalam situs SABDA Live.

 

2. YLSA Menjadi Narasumber DiskuSI ONline IT4GOD dari STIKES Nasional, Surakarta

diskuSI ONline IT4GOD

Puji Tuhan! Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, YLSA diundang untuk menjadi narasumber untuk acara diskuSI ONline yang difasilitasi oleh PMK STIKES Nasional, Surakarta. Diskusi bertema IT4GOD ini berlangsung melalui Google Classroom. Pada kesempatan ini, kami memberikan edukasi kepada 80+ peserta mengenai pentingnya teknologi untuk pertumbuhan rohani mereka dan bagaimana mereka harus menggunakannya untuk kemuliaan Tuhan. Materi IT4GOD ini kami berikan dalam bentuk PPT yang kami format menjadi video. Jadi, meski tidak bertemu langsung, presentasi bisa berjalan dengan baik. Sesi diskusi pun sangat hidup dan banyak anak muda yang baru menyadari bahwa mereka harus menggunakan smartphone mereka untuk kemuliaan Tuhan. Doakan agar setiap peserta menghidupi hasil belajar mereka dalam keseharian dan ibadah mereka.

 

3. Staf YLSA Mengadakan PA Online dengan Berbagai Platform Online

PA online

Sejak Maret 2020, sebagian besar staf YLSA harus bekerja dari rumah (WFH). Berbagai kegiatan harus kami lakukan secara online, termasuk pendalaman Alkitab (PA). Kami bersyukur karena kegiatan terpenting YLSA sebelum memulai pekerjaan tetap dapat kami lakukan bersama. Sejauh ini, kami sudah melakukan PA dengan group Telegram, Zoom, Google Classroom, Google Meet, dan teleconference via WhatsApp. Mohon doakan agar meski tidak bertatap muka, kami dapat terus saling mendukung dalam pertumbuhan rohani dan firman Tuhan sungguh mengontrol setiap staf dalam melakukan tugas pelayanannya. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin tahu lebih banyak bagaimana dapat melakukan PA secara online, silakan kontak kami melalui email di ylsa@sabda.org atau WhatsApp di 0881-2979-100.

 

4. Program PESTA RIA -- Injil via WhatsApp Group

PESTA RIA -- Injil

Sejak awal Mei 2020, sekitar 20+ peserta PESTA mulai belajar tentang kitab Injil melalui jalur WhatsApp Group. Program ini kami namakan PESTA RIA -- Injil. PESTA RIA adalah kelas baru dari PESTA untuk memelajari Ringkasan Intisari Alkitab (RIA) secara komprehensif menggunakan bahan-bahan media untuk studi Alkitab (video/infografik) dari BibleProject. Kitab-kitab Injil adalah kelas pertama yang dibuka. Secara personal maupun interaksi dalam grup, peserta akan mempelajari survei Alkitab dari Kitab Matius -- Yohanes dari video dan infografik yang disediakan oleh BibleProject. Bersyukur kepada Tuhan karena peserta sangat aktif meski dengan bahan, metode belajar, dan jalur diskusi yang baru. Mohon doakan karena saat ini, kelas PESTA RIA -- Injil masih dalam tahap uji coba. Ke depannya, masih akan ada penyesuaian jika dirasa kurang efisien atau belum sesuai dengan visi misi PESTA.

1. Pokok-Pokok Doa Seputar COVID-19 dari YLSA

Panduan Pokok Doa COVID-19

Pandemi COVID-19 telah menyatukan banyak hati orang percaya untuk berdoa. Oleh karena itu, YLSA membuat panduan doa selama 7 hari untuk menolong setiap orang berdoa berdasarkan topik-topik khusus terkait masalah COVID-19 ini. Panduan ini dibuat dalam bentuk infografik sehingga dapat dengan mudah dibagikan kepada siapa saja melalui gadget Anda. Kiranya ini menjadi rantai yang makin menyatukan tubuh Kristus di Indonesia dalam doa-doa kita kepada-Nya mengenai pandemi. Panduan pokok doa ini dapat di-download melalui situs CORONA.​SABDA.​ORG. Selain itu, Kalender Doa SABDA (KADOS) juga menerbitkan pokok doa khusus COVID-19 setiap Jumat. Anda dapat berlangganan publikasi e-Doa jika ingin mendapatkannya. Silakan bagikan informasi-informasi di atas dan tetaplah berdoa!

2. Berdoa bagi Bangsa-Bangsa Selama Bulan Ramadan

Publikasi 40 Hari Doa

Mulai 14 April -- 25 Mei 2020, bidang pelayanan Doa YLSA mengirimkan bahan publikasi 40 Hari Doa, yaitu pokok-pokok doa sepanjang bulan Ramadan. Ini adalah waktu yang tepat untuk kita bersatu hati berdoa bagi saudara-saudara kita agar dalam menjalankan ibadahnya tersebut, mereka justru dapat bertemu dengan Allah yang sejati. Selama 10 hari sebelum Ramadan, secara khusus kami telah mengirimkan pokok-pokok doa untuk beberapa suku di Indonesia sehubungan dengan Alkitab dalam bahasa suku mereka. Dalam kolom Mengenal YLSA, Anda dapat mengikuti liputan mengenai kegiatan di YLSA sehubungan dengan studi ALkitab dalam bahasa suku di Indonesia. Jika Anda belum berlangganan 40 Hari Doa ini, belum terlambat untuk ikut berdoa bersama kami. Mari bergabung dan daftarkan diri Anda ke doa@sabda.org untuk mendapatkan pokok-pokok doa tersebut. Kiranya Tuhan membuka hati setiap orang/suku bangsa yang kita doakan untuk mengenal Kristus, Sang Kebenaran Sejati.

3. Program Diskusi Online untuk #belajardirumah Seputar COVID-19

Program Diskusi Online Seputar COVID-19

Kegiatan belajar online menjadi salah satu saran dari pemerintah untuk mendorong masyarakat bisa tetap berada #dirumahaja. Melalui bidang pelayanan Digital Learning, YLSA menggunakan kesempatan ini untuk mengajak orang percaya untuk #belajardirumah secara online mengenai COVID-19, khususnya dari kacamata Kristen. Bergabunglah dalam komunitas-komunitas media sosial YLSA! Saat ini, kami sedang melaksanakan diskusi terbuka di fan page Facebook YLSA, e-Penulis, e-Leadership, e-Konsel, SABDA Space, e-Buku, e-Humor, e-Doa, dan juga komunitas khusus untuk alumni PESTA. Diskusi ini bisa Anda ikuti setiap minggunya, dan ajaklah rekan-rekan yang lain untuk bergabung juga. Dengan diskusi ini, kami ingin kita semua bisa memiliki respons yang benar dalam menghadapi kondisi sulit seperti saat ini. Selamat #belajardirumah!

4. Proyek Perpustakaan Digital Media Kristen SABDA ME+DIA

SABDA ME+DIA

Saat ini, tim SABDA ME+DIA sedang membuat proyek Perpustakaan Digital Media Kristen. Proyek ini memungkinkan bahan-bahan multimedia dari SABDA bisa dipakai dengan lebih efektif lagi sebagai alat untuk studi Alkitab. Pengguna pun bisa lebih mudah mendapatkan bahan-bahan media untuk belajar Alkitab, terutama kita yang sekarang sedang diminta untuk #dirumahaja. Pelayanan SABDA ME+DIA dari YLSA sudah berjalan lebih dari dua tahun. Kami bersyukur ada begitu banyak bahan multimedia yang Tuhan percayakan untuk diproses oleh tim SABDA ME+DIA menjadi bahan/alat untuk belajar Alkitab yang kekinian. Bahan-bahan tersebut berasal dari para mitra yang rindu agar bahan mereka dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai alat studi Alkitab dengan infrastruktur yang disediakan oleh YLSA. Mohon doakan agar Tuhan menolong tim SABDA ME+DIA dalam mengerjakan proyek ini.

1. COVID-19 dan Orang Kristen: CORONA​.SABDA​.ORG

CORONA.SABDA.ORG

Dengan bergerak cepat, YLSA meluncurkan situs CORONA.SABDA.ORG sebagai respons terhadap COVID-19 yang tengah menjadi pandemi dunia. Situs ini menyediakan banyak sumber berita serta bahan yang kredibel sekaligus alkitabiah bagi gereja dan orang percaya dalam menghadapi masa-masa sukar ini. Temukan apa yang seharusnya menjadi respons gereja melalui bahan-bahan yang disajikan, dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada jemaat Tuhan sehingga dapat menjadi berkat bagi banyak orang. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA memiliki lebih banyak informasi seputar COVID-19, baik secara umum maupun secara khusus dari kacamata iman Kristen, silakan hubungi kami di ylsa@sabda.org. Kami siap membagikannya kepada gereja dan mereka yang membutuhkan Kabar Baik!

2. Suara SABDA Edisi Khusus COVID-19

Suara SABDA Edisi Khusus COVID-19

YLSA juga menerbitkan Suara SABDA edisi khusus COVID-19! Kami berharap ini dapat menolong Sahabat dan Pendukung YLSA untuk terus mengikuti perkembangan COVID-19 dari sumber-sumber yang tepercaya, khususnya dari sudut pandang kekristenan. Anda bisa tetap di rumah saja, dan kami yang akan menyediakan bahan dan informasi seputar COVID-19 dan hubungannya dengan gereja dan orang Kristen. Publikasi Suara SABDA ini akan sangat menolong jemaat Tuhan untuk belajar, bertumbuh, dan bersekutu secara online pada masa krisis ini. Ini juga akan membuka wawasan dan ide-ide kreatif bagi gereja untuk terus mengembangkan pelayanan digital dalam aktivitas online-nya. Edisi khusus ini akan terbit setiap Selasa dan Jumat sampai masa pandemi ini berakhir. Pelanggan Berita YLSA juga akan menerimanya secara otomatis melalui email. Jika Anda rindu agar keluarga atau rekan-rekan Anda juga dapat menerima publikasi Suara SABDA, silakan daftarkan alamat email mereka ke: berlangganan@sabda.org dengan subject: Berlangganan Suara SABDA. Mari terus mewartakan Kabar Baik di tengah masa sulit ini. Amin!

3. Paket Paskah Istimewa dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

Terkait dengan pandemi COVID-19, untuk pertama kalinya dalam sejarah, gereja harus meniadakan ibadah serta berbagai kegiatannya. Banyak gereja akan mengadakan acara atau kegiatan Paskah secara online untuk menghindari kerumunan massal yang berisiko pada penyebaran wabah. Dalam situasi seperti saat ini, YLSA, yang memiliki begitu banyak bahan yang alkitabiah dan bermutu, berupaya untuk tetap dapat memperlengkapi gereja, khususnya pada masa Paskah ini. Berikut ini Paket Paskah istimewa dari YLSA untuk Anda.

[Redaksi: Untuk melihat sebanyak mungkin resources SABDA dalam satu tempat, silakan buka Cheatsheet Paskah sebagai referensi.]

4. Pelatihan Alat Suku: Making Bible Study Tools in Your Language

Pelatihan Alat Suku: Making Bible Study Tools in Your Language

Pada 17 -- 21 Februari 2020, YLSA menyelenggarakan Pelatihan Alat Suku: Making Bible Study Tools for Your Language. Latar belakang kegiatan ini adalah kerinduan akan adanya alat-alat studi Alkitab digital dalam berbagai bahasa suku di Indonesia. Hingga saat ini, YLSA sudah menyediakan cukup banyak alat studi Alkitab digital dalam bahasa Indonesia, tetapi belum dalam bahasa-bahasa suku. Puji Tuhan! Dalam kegiatan selama 5 hari penuh ini, lebih dari 30 orang terlibat dalam proses untuk membuat alat-alat studi Alkitab dalam bahasa Jawa, Makassar, Toraja, Rote, Sougb (Papua), Sunda, Batak Toba, Batak Karo, Batak Dairi, Nias, dan Malaysia. Pada kesempatan istimewa ini pula, kami merayakan Hari Bahasa Ibu Internasional, yang jatuh tepat pada 21 Februari, hari terakhir kegiatan ini. Beberapa testimoni dari peserta pelatihan dapat Anda simak dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

BERITA & POKOK DOA

1. Rapat Visi YLSA 2020

Rapat Visi YLSA 2020

Untuk menajamkan visi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), pada Januari/Februari 2020, kami akan mengadakan rapat visi. Kiranya melalui rapat ini, setiap tim dapat menjalankan visi yang Tuhan berikan kepada YLSA. Kerinduan kami adalah setiap program yang kami jalankan berorientasi pada bagaimana tubuh Kristus dapat menggunakannya secara efektif untuk pertumbuhan rohani mereka (SABDA for The Churches). Mohon doakan agar Tuhan memberikan kesehatian kepada kami untuk menjalankan program yang tepat sasaran guna memperlengkapi tubuh Kristus dalam melayani Tuhan dan untuk menjangkau banyak jiwa agar mengenal Tuhan.

 

2. Urgently Required: Programmer Kristen untuk YLSA!

Programmer Kristen untuk YLSA

Sebagai yayasan yang berfokus pada pelayanan Biblical Computing, YLSA sangat membutuhkan tenaga-tenaga programmer Kristen. YLSA selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk memanfaatkan teknologi terbaru demi perluasan Kerajaan Allah. Banyak proyek yang mengantre, tetapi tenaga yang mampu mengerjakannya hanya sedikit. Karena itu, kami terus memohon kepada Tuhan agar mengirimkan anak-anak Tuhan yang berkompetensi dalam bidang IT untuk melayani, bertumbuh, dan bergabung bersama kami. Kami juga mengajak Sahabat dan Pendukung YLSA untuk menyebarkan informasi lowongan YLSA ini. Kualifikasi umum untuk programmer di YLSA adalah memiliki kemampuan logika, analisis, dan problem solving yang baik. Untuk mengetahui kualifikasi khusus dan informasi mengenai lowongan lainnya, silakan kunjungi situs Lowongan SABDA. Terima kasih banyak atas doa dan partisipasi Anda.

 

3. Daftar Bahan dari YLSA di "RESOURCE?.sabda?.org"

RESOURCE.sabda.org

YLSA memiliki begitu banyak bahan pelayanan. Untuk memudahkan Anda mendapatkan daftar pustaka dan media sesuai dengan kebutuhan maupun bidang pelayanan, Anda dapat mengunjungi halaman RESOURCE.sabda.org. Daftar pustaka/media ini terdiri dari berbagai bidang pelayanan, mulai bidang pelayanan kepemimpinan Kristen, doa, pelayanan remaja, pemuridan, pelayanan anak, konseling, pelayanan misi, sampai bahan-bahan seputar komik Alkitab. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat memanfaatkan serta membagikannya untuk kepentingan pelayanan dan pertumbuhan rohani Anda.

 

4. Persiapan Paket Paskah dari YLSA

Paket Paskah dari YLSA

Setelah Natal berlalu, seluruh tim di YLSA beralih mempersiapkan Paskah. Kami tidak hanya mempersiapkan bahan, tetapi juga Paket Paskah agar seluruh bahan dapat efektif menolong tubuh Kristus dalam memaknai sengsara, kematian, dan kebangkitan Kristus. Paket Paskah yang kami siapkan, antara lain: Paket Life of Jesus, Paket Paskah SABDA ME+DIA, program Baca Dengar Nonton Bersama (BaDeNo) Paskah, dsb.. Kami juga rindu agar pada masa pra-Paskah sampai Paskah, kami dapat berelasi lebih banyak dengan gereja untuk menggunakan bahan-bahan tersebut dengan efektif. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian.

 
Berita dan Pokok Doa

1. Laporan Pelayanan YLSA 2019

Laporan YLSA 2019

Pada 17 Desember 2019, seluruh staf YLSA kembali merayakan karya Tuhan di YLSA dengan memberikan laporan pelayanan 2019. Setiap laporan adalah pertanggungjawaban atas semua tugas yang Tuhan berikan. Selanjutnya, kami mengevaluasi laporan itu guna pengembangan dan perbaikan ke depan untuk tahu bagaimana Tuhan akan memimpin kami selanjutnya. Inilah persembahan tutup tahun kami bagi kemuliaan Tuhan. Sahabat dan Pendukung YLSA, Anda telah ambil bagian dalam pelayanan YLSA melalui doa, dana, dan daya. Kami sungguh mengapresiasi dukungan Sahabat sekalian. Untuk itu, mohon dukungan doanya agar kami terus setia melakukan apa yang Tuhan tunjukkan pada 2020. Doakan pula, pada Januari 2020, kami akan melakukan Rapat Visi (RaVi) untuk berdoa agar kami jelas dengan visi yang Tuhan berikan dan mewujudkannya dalam program-program pelayanan 2020. Kiranya Tuhan menolong!

2. Natal YLSA 2019

Natal YLSA 2019

Pada 20 Desember 2019, YLSA menyelenggarakan Natal internal secara sederhana. Memang kadang kami mengadakan perayaan Natal dengan mengundang para Sahabat YLSA untuk hadir. Namun, tahun ini, kami tidak melakukannya karena kami merayakannya bersama masyarakat Kristen Solo dalam KKR Natal yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. Doa kami, Natal tahun ini menolong kita semua makin memaknai kelahiran Kristus yang memberi semangat untuk terus melayani Sang Raja yang turun ke dunia sebagai Sang Juru Selamat. Puji Tuhan!

3. Berita YLSA 2020

Berita YLSA 2020

Berita YLSA edisi ini adalah edisi terakhir untuk 2019. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih banyak atas kesetiaan Sahabat dan Pendukung YLSA untuk terus mengikuti informasi pelayanan YLSA. Mohon dukungan doanya agar kami terus memberikan sarana komunikasi dan informasi bagi para Sahabat agar dapat makin mendukung YLSA. Kiranya Tuhan memberikan hikmat agar kami semakin efektif menyuarakan pekerjaan Tuhan di YLSA. Sekali lagi, terima kasih. Tuhan Yesus memberkati!

Comments