Berita YLSA September -- Oktober 2019

Editorial

Salam sejahtera,

Perjalanan pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) selama 25 tahun sungguh luar biasa! Dari awal, Tuhan yang berinisiatif; dalam perjalanan selanjutnya, Tuhan yang menuntun; dan sekarang, Tuhan yang terus berkarya. Kalau diceritakan, tidak terhingga banyaknya campur tangan Tuhan dalam memelihara pelayanan YLSA. Dia memperkenalkan kami kepada banyak mitra dan banyak anak Tuhan lainnya untuk mendukung dan menolong pelayanan SABDA. Mukjizat demi mukjizat Dia lakukan agar kami belajar beriman. Kepada Dialah kita harus memercayakan pelayanan kita, sebab Dialah yang empunya tuaian. Kami melihat dengan mata kepala kami sendiri betapa luar biasanya Dia, Allah Pencipta alam semesta!

"Terima kasih, Tuhan. Engkau sungguh baik. Ajar kami untuk terus percaya dan taat dalam menjalankan panggilan-Mu."

Yulia

Dalam anugerah-Nya,
Ketua Badan Pembina YLSA,
Yulia Oeniyati
yulia@in-christ.net
http://blog.sabda.org

Berita dan Pokok Doa
Berita dan Pokok Doa

1. Perayaan Ulang tahun #SABDA25

Ultah ke-25 Tahun SABDA

Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-25, YLSA mengadakan "reuni akbar" bagi para pengguna, sahabat, mitra, dan mantan staf SABDA. Acara meriah ini kami isi dengan pameran dan seminar yang bertajuk "Alkitab dan Teknologi". Selain disaksikan oleh hampir 600 orang, acara ini juga dapat diikuti langsung (secara streaming) melalui kanal YouTube SABDA Alkitab. Pameran pelayanan SABDA menampilkan banyak booth, di antaranya YLSA, SABDA Kiosk, Museum SABDA, Alkitab Kuno, Komik Kingstone, SABDA ME+DIA, dan juga booth mitra TELAGA dan Scripture Union Indonesia. Kami senang melihat peserta bisa menyaksikan betapa teknologi telah mengubah wajah pelayanan di Indonesia. Acara seminar pertama dibawakan oleh Bpk. Sri Hastjarjo yang berjudul Dampak Teknologi kepada Cara Berinteraksi dengan Alkitab. Materi lengkap presentasi Pak Has ini dapat di-download dari sabda25.sabda.org. Lalu, seminar berikutnya adalah presentasi dari masing-masing divisi YLSA untuk menyajikan pelayanan YLSA Now, New, dan Next. Kami bersyukur acara telah berjalan dengan lancar dan masing-masing kami pulang dengan membawa goody bag #SABDA25. Puji syukur kepada Tuhan yang memampukan semua ini bisa terjadi. Foto-foto lengkap perayaan #SABDA25 dapat dilihat dalam sabda25.sabda.org.

2. Timeline Pelayanan YLSA dan Timeline Sejarah Alkitab Indonesia

Timeline

Pameran/booth produk/proyek pelayanan YLSA menjadi salah satu daya tarik perayaan #SABDA25. Ada tiga booth yang secara khusus ingin kami soroti di sini, yaitu YLSA, Museum SABDA, dan Alkitab Kuno. Dari dua booth pertama, peserta bisa melihat perjalanan pelayanan SABDA selama 25 tahun, khususnya melalui Timeline YLSA yang dipajang di booth YLSA dan produk-produk pelayanan SABDA di booth Museum SABDA. Fokus pelayanan YLSA adalah Alkitab, karena itulah secara khusus kami menyiapkan satu booth untuk peserta dapat melihat versi-versi Alkitab yang ada di Indonesia dan juga timeline Sejarah Alkitab Indonesia. Harapan kami, peserta dapat semakin terbuka wawasannya untuk melihat betapa kayanya versi-versi Alkitab yang pernah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia (kuno dan modern).

3. Peresmian Kingstone Indonesia dalam #SABDA25

Kingstone Indonesia

Puji Tuhan!! Seluruh seri komik digital Kisah Kasih Abadi (PL dan PB) dari Kingstone Indonesia sudah siap Anda dapatkan dalam situs Komik.APP! Inilah yang menjadi milestone peluncuran Kingstone Indonesia. Wow! Sungguh satu setengah tahun yang penuh pergumulan, tetapi Tuhanlah yang memberi kekuatan dan semangat. Perjuangan Komik.APP adalah untuk menyediakan cara belajar firman Tuhan yang baru bagi generasi now. Yosua Setyo Yudo, koordinator tim #SABDAKomik, dengan penuh ucapan syukur mengumumkan peluncuran tersebut sebagai pembuka rangkaian seminar Alkitab dan Teknologi. Mohon dukungan doa karena masih banyak tugas yang harus diselesaikan, terutama untuk terus mengembangkan Integrated Bible Comic Study System dalam Komik Zone. Komik Alkitab yang terintegrasi dengan teknologi adalah cara efektif untuk menjangkau generasi milenial.

Mengenal YLSA

SABDA NOW, NEW, NEXT dalam #SABDA25

SABDA25

Pada acara #SABDA25, kami berbagi buah-buah berkat dari pelayanan YLSA selama 25 tahun ini dan juga untuk tahun-tahun ke depannya melalui presentasi SABDA NOW, NEW, NEXT. Berikut ini adalah ringkasan pemaparan yang disampaikan oleh teman-teman dari SABDA mengenai hal tersebut.

SABDA NOW

SABDA NOW

Dalam bagian SABDA NOW, Yulia Oeniyati selaku Ketua Badan Pembina YLSA menyampaikan bagaimana Tuhan menolong dan menyertai pelayanan YLSA dari 1994 sampai sekarang. Memasuki 25 tahun, YLSA bagaikan gadis dewasa yang "siap dipinang" untuk mendampingi, menolong, dan memperlengkapi gereja pada era digital ini. Ada banyak alat, bahan, media, dan teknologi luar biasa yang telah dihasilkan yang dapat jemaat Tuhan gunakan untuk melayani Tuhan pada abad ke-21. Pada kesempatan itu pula, Yulia mengumumkan bahwa perjuangan SABDA NEW akan dilanjutkan oleh generasi baru YLSA. Karena itu, pada acara istimewa ini, Yulia menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan SABDA kepada Davida selaku Ketua Badan Pengurus YLSA yang baru untuk melanjutkan pelayanan YLSA ke masa depan. Banyak pekerjaan yang masih menanti untuk SABDA kerjakan. Kesempatan ini digunakan Yulia untuk menantang jemaat muda untuk ikut berjuang bersama gereja agar dapat mengubah wajah pelayanan di Indonesia, terutama untuk menjadi sukarelawan pada era digital ini. Mari persembahkan hidup dan berikan yang terbaik bagi Tuhan, dan Tuhan akan dimuliakan.

SABDA NEW

SABDA NEW

Presentasi SABDA NEW terdiri dari presentasi mengenai fokus pelayanan YLSA, yaitu Biblical Computing, Digital Resources/Ministry, Digital Learning, dan SABDA ME+DIA. Layaknya konferensi teknologi yang biasa dilakukan oleh raksasa-raksasa teknologi di dunia, SABDA memaparkan berbagai teknologi, alat, pelayanan, dan media-media barunya. Untuk melihat daftar produk baru yang diluncurkan YLSA pada #SABDA25 ini, Anda dapat mengunjungi situs sabda25.sabda.org.

1. Biblical Computing (BC)

Presentasi mengenai BC disampaikan oleh Hadi Pramono, koordinator ITS YLSA. Visi BC adalah visi yang dia temukan di YLSA yang juga menjadi panggilan hidupnya sebagai programmer. Proyek BC dimulai dari Software SABDA. Saat itu, di Indonesia belum ada software Alkitab yang berbahasa Indonesia, apalagi teknologi digital. Dari tahun ke tahun, SABDA terus menjalankan visi BC dengan mengikuti perkembangan teknologi. SABDA bukan lembaga Alkitab, melainkan lembaga yang membuat sistem studi Alkitab dengan memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi, Alkitab tidak hanya dapat dibaca, tetapi juga bisa dipelajari bersama bahan-bahan biblika lain yang melimpah yang saling terintegrasi, di mana pun dan kapan pun. BC ada untuk menciptakan alat-alat digital sehingga mempermudah proses penyelidikan dan penggalian Alkitab secara bertanggung jawab. BC adalah dasar pelayanan teknologi di YLSA. Bersyukur untuk masyarakat Kristen Indonesia yang sudah menikmati sistem studi Alkitab secara elektronik/digital yang dikerjakan dengan setia oleh YLSA.

Selain software SABDA, produk BC YLSA yang lain adalah aplikasi-aplikasi Alkitab yang terintegrasi dalam smartphone untuk mempelajari Alkitab secara bertanggung jawab dan FUN! YLSA akan terus membuat alat-alat belajar Alkitab mengikuti perkembangan zaman. Ada semakin banyak platform teknologi untuk belajar. YLSA memanfaatkannya untuk belajar Alkitab! Contohnya adalah Google Assistant untuk belajar Alkitab dengan berinteraksi, ITL Builder untuk menolong pengecekan penerjemahan Alkitab dari berbagai bahasa dan suku bahasa, MYSABDA.net untuk penyediaan Bible Engine yang mutakhir, KOMIK Zone untuk menciptakan ekosistem bagi generasi digital dalam melakukan PA dengan cara yang lebih relevan, dst.. Mari kita tebus teknologi untuk menjadi alat yang memuliakan Tuhan.

2. Digital Resources (DR)

Okti Nur Risanti, sebagai koordinator DR YLSA, didaulat untuk menyampaikan pelayanan DR di YLSA. DR berfokus untuk memperlengkapi tubuh Kristus dengan sumber bahan literatur digital yang alkitabiah, bermutu, dan kreatif untuk berbagai bidang pelayanan Kristen. Selama 25 tahun, YLSA telah memiliki jutaan halaman literatur Kristen yang telah dipublikasikan kepada umum melalui situs, publikasi, sosial media, dan sebagainya. DR dijalankan dengan prinsip CODE (Create Once Distribute Everywhere) sehingga memungkinkan bahan-bahan diakses dalam berbagai platform teknologi. Jika dahulu DR berfokus pada bahan-bahan teks, sekarang bahan-bahan tersebut diolah menjadi bahan audio, visual, dan audiovisual. Penerbitan e-publikasi Suara SABDA dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan literatur para penggunanya. Cita-cita DR YLSA ke depannya adalah menjadi Digital Library Kristen yang memperkaya sumber bahan pelayanan di Indonesia.

3. Digital Learning (DL)

Bagaimana bahan-bahan literatur digital SABDA dapat menjadi bahan pembelajaran? Santi Titik Lestari menjelaskan bahwa sejak berdirinya, YLSA sudah menangkap pentingnya belajar bagi orang-orang percaya. DL SABDA ada untuk menjadi pusat belajar elektronik untuk memperlengkapi tubuh Kristus agar dapat melayani dengan lebih baik pada era digital ini. Prinsip dari pelayanan DL di YLSA adalah memanfaatkan platform digital untuk membangun sistem belajar berkomunitas yang efektif. Salah satu contohnya adalah Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam (PESTA). Melalui PESTA, YLSA menyediakan berbagai modul pelajaran dan sistem belajar teologi online untuk orang Kristen awam.

Selama 25 tahun, YLSA membuktikan bahwa teknologi berpihak kepada kita. Saat ini, dengan smartphone, orang dapat mengakses berbagai bahan untuk belajar. Tantangannya adalah bagaimana menolong gereja untuk dapat menjadi gereja yang relevan dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi-teknologi tepat guna untuk pembelajaran dan pertumbuhan jemaat. Melalui program-program DL, YLSA ingin menjadi mitra gereja dalam pembinaan jemaat. SABDA Kiosk dan Digital Ministry Center adalah contoh program DL yang dapat diterapkan di gereja. Mari bergandeng tangan memperlengkapi jemaat untuk membangun Kerajaan-Nya.

4. SABDA ME+DIA

SABDA ME+DIA

Pioneer Hutabarat adalah koordinator dari pelayanan SABDA ME+DIA. Pioneer membuka penjelasannya dengan melakukan kilas balik saat SABDA berjaya pada era teks, seperti halnya Software SABDA yang penuh dengan bahan berupa teks saja. Namun, saat ini, teks membutuhkan jalur lain yang lebih visual untuk kebutuhan generasi sekarang dan masa depan. Secara perlahan tetapi pasti, pelayanan YLSA telah beradaptasi ke dunia multimedia (visual, audio, dan audiovisual). Dengan bekerja sama dengan berbagai organisasi lain, baik dari dalam maupun luar negeri, bahan-bahan SABDA ME+DIA berbahasa Indonesia semakin banyak dihasilkan. Bahkan, pelayanan YLSA berkomitmen untuk semakin berfokus pada "media first". Beberapa produk SABDA ME+DIA yang telah dapat dinikmati pengguna, antara lain Alkitab audio, Alkitab Karaoke, komik-komik Alkitab, Alkitab Proyek Indonesia (The Bible Project), Tetelestai Indonesia, LUMO, Raja Kemuliaan, aplikasi AlkiMEDIA, dan masih banyak lagi. Dengan ketersediaan bahan-bahan ini, gerakan membaca Alkitab bisa semakin luas digemakan menjadi MEMBACA, MENDENGAR, DAN MENONTON Alkitab. Ya, SABDA ME+DIA hadir untuk gereja dan generasi milenial agar kita dapat menyuarakan firman-Nya dengan lebih nyaring bersama DIA.

SABDA NEXT

SABDA NEXT

Davida menyampai presentasi SABDA NEXT untuk membawa peserta melihat bahwa pelayanan SABDA juga berbicara tentang jemaat Kristus yang akan menghadapi perkembangan teknologi pada masa depan. Dahulu, sekarang, dan ke depannya, fokus SABDA adalah terus mengembangkan sistem studi Alkitab digital agar masyarakat Kristen terus-menerus dapat belajar Alkitab dengan cara-cara baru sesuai dengan perkembangan zaman. Sudah ada banyak antrean proyek yang harus dikerjakan dan dikembangkan. Salah satu contohnya adalah proyek Smart Bible yang akan mengedepankan pemakaian media (media first) dengan memakai teknologi augmented intelligence, graph knowledge, dll.. Kami juga sedang mengembangkan interlinear builder untuk menolong pengecekan penerjemahan Alkitab ke dalam berbagai bahasa dan suku bahasa sebagai bagian dari presentasi di EMDC 2020. Untuk menolong kaum milenial, kami sedang mengusahakan suatu integrated bible comic study system untuk menjadikan pembelajaran Alkitab menarik dan fun. Namun, untuk siapa kami mengerjakan ini semua? Untuk kepentingan siapa Tuhan memberikan visi-Nya kepada SABDA? Jawabannya adalah untuk GEREJA, jemaat Tuhan.

Dari sejarah, kita belajar bahwa Tuhan selalu menggunakan teknologi terbaru agar firman-Nya terus didengungkan bagi umat-Nya. Firman-Nya, Alkitab, tidak pernah pernah berubah, tetapi media menyampaikannya selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, SABDA menyediakan alat-alat dan metode studi Alkitab yang relevan bagi jemaat masa depan. Teknologi berkembang dengan cepat! Bagaimana dengan gereja? SABDA NEXT bukan hanya tentang YLSA, tetapi tentang seluruh tubuh Kristus, gereja Tuhan. SABDA siap melatih dan memperlengkapi gereja untuk melayani jemaat milenial yang lebih akrab dengan alat-alat digital. Sebagai timbal baliknya, SABDA membutuhkan masukan dari gereja agar dapat membuat alat-alat yang tepat guna untuk kebutuhan gereja masa depan. Karena itu, doakan agar SABDA bersama jemaat Tuhan, khususnya para programmer, dapat bersinergi untuk memuliakan Tuhan. SABDA NEXT dimulai sekarang! Dan, We can't do it alone! Mari bersama-sama berkomitmen menggunakan teknologi demi kepentingan firman-Nya dan kemuliaan nama-Nya!

Suara Sahabat YLSA

Ucapan Selamat Ulang Tahun ke-25 untuk YLSA

Dalam rangka ulang tahun ke-25 YLSA, kami menerima banyak ucapan dan doa dari sahabat dan pendukung YLSA. Terima kasih banyak atas perhatian, kasih, dan doa yang telah disampaikan kepada kami. Berikut kami tampilkan sebagian karena kami tidak bisa menampilkan semuanya di sini. Sekali lagi, terima kasih banyak! Tuhan Yesus memberkati.

Ucapan Ulang Tahun dalam Bentuk Video

Video ucapan ulang tahun dari Bapak Yosef Eko Sulistiono (alumni PESTA), Scripture Union Indonesia, Liza (mantan staf YLSA), Yayasan Gloria, SALT, dan Jemaat Gereja Batu Hidup Jakarta. Video ini dapat dilihat melalui YouTube SABDA Alkitab.

Video Ucapan Ultah

Sebagian ucapan Ulang Tahun dari Media Sosial, Email, dan Pesan Teks

Purnawan

YLSA memiliki pelayanan unik karena fokus pada Bible Computing. Sebagai penulis, saya mendapat banyak berkat dari program-program SABDA. Setidaknya ada dua program yang wajib dibuka saat menulis, yaitu SABDA Alkitab dan Alkitab.sabda.org. Selamat ulang tahun. Semoga SABDA semakin kreatif dan inovatif. #SABDA25

[Purnawan Kristanto]

Patrisia

Selamat ultah ke-25 untuk YLSA. Saya ikut bersyukur atas anugerah-Nya yang memampukan pelayanan YLSA berkembang sampai saat ini. Terima kasih karena saya sudah bisa menikmati pelayanan SABDA yang memudahkan untuk menikmati belajar Firman Tuhan. Terima kasih Bu Yulia Oeniyati atas pelayanan selama 25 tahun. Selamat mbak Evie Wisnubroto melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan SABDA.

[Mona Rahardjo]

Agustinus Purba

Sukses SABDA dan Tuhan berkati pelayanannya.

[M. Agustinus Purba]

Martinus

Selamat untuk 25 tahun pelayanan SABDA! Sungguh tahun-tahun yang panjang dan penuh anugerah penyertaan Tuhan. Kiranya Tuhan melakukan lagi karya-NYA yang lebih besar bagi kemuliaan nama-NYA.

[Pdt. Martinus, Gereja Kalam Kudus Surakarta]

Zakheus

Kami bersyukur karena anugerah-Nya, acara #SABDA25 berjalan lancar. Kami dukung doa untuk generasi baru SABDA untuk meneruskan perjalanan SABDA ke depannya menjadi alat-Nya yang lebih besar dan lebih luas lagi. Amin!

[Pdt. Zakheus, GSJA Sukoharjo]

Rosa

Kami semua dari STT AIMI sangat berterima kasih dan sangat diberkati dengan seminar kemarin, sangat menginspirasi. Pengurus di SABDA semua masih sangat muda, tetapi sangat cinta Tuhan. Doa kami SABDA semakin luar biasa menjadi berkat bagi dunia. Tuhan Yesus selalu memberkati!

[Ibu Rosa, STT AIMI Surakarta]

Laporan Keuangan

September 2019
Total Sumbangan September 2019 : Rp49.385.793,00
Total Pengeluaran September 2019 : Rp70.632.698,00

Rincian Laporan Keuangan September 2019

Perkembangan pelayanan YLSA tidak terlepas dari campur tangan Tuhan dan dukungan dari para Sahabat dan Pendukung YLSA, baik dalam doa maupun dana. Kami sangat bersyukur atas hal ini. Kiranya Tuhan terus menyertai pelayanan YLSA dan mencukupkan dana yang diperlukan untuk kebutuhan pelayanan. Mari tingkatkan semangat kita untuk ambil bagian dalam pelayanan dana ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments