Berita YLSA Mei 2020

Editorial

Shalom,

Saat ini, teknologi informasi menjadi "primadona" untuk berelasi, belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Ini menjadi sukacita sekaligus tantangan tersendiri bagi Yayasan Lembaga SABDA karena makin banyak orang percaya menggunakan teknologi untuk pelayanan dan pertumbuhan rohani mereka. Karena itu, kami juga berupaya mengadakan berbagai program belajar/diskusi online, memudahkan pengguna mendapatkan bahan-bahan digital untuk belajar Alkitab, dan membuka berbagai jalur komunikasi mengenai pelayanan Alkitab dan digital.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas berbagai bentuk dukungan yang diberikan kepada kami. Dukungan Sahabat dan Pendukung YLSA sangat berarti bagi kami dalam mengerjakan tugas pelayanan dari Tuhan pada masa-masa sulit ini. Tuhan Yesus memberkati.

Evie

Davida
Pemimpin Redaksi Berita YLSA

Berita dan Pokok Doa

1. YLSA Mengadakan Program SABDA Live

SABDA Live dari YLSA

SABDA Live merupakan program pelayanan dari YLSA untuk berinteraksi langsung dengan peserta dalam beberapa platform dan jalur pelayanan SABDA. Program ini sebenarnya sudah kami lakukan sebelumnya dalam bentuk roadshow offline dan diskusi online melalui berbagai medsos. Namun, masa pandemi COVID-19 ini mengharuskan kami melakukan "roadshow" secara online. Karena itu, kami memanfaatkan beberapa platform lain, seperti Zoom dan Google Classroom. Salah satu kegiatan SABDA Live pada Mei 2020 ini adalah Vision Talks, yang penjelasannya dapat Anda ikuti dalam kolom Mengenal YLSA. Mohon doakan untuk program-program SABDA Live berikutnya agar dapat lebih berdampak dalam pelayanan gereja, khususnya untuk persiapan era new normal pascapandemi ini. Informasi lebih lengkap mengenai kegiatan SABDA Live dapat diakses dalam situs SABDA Live.

 

2. YLSA Menjadi Narasumber DiskuSI ONline IT4GOD dari STIKES Nasional, Surakarta

diskuSI ONline IT4GOD

Puji Tuhan! Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, YLSA diundang untuk menjadi narasumber untuk acara diskuSI ONline yang difasilitasi oleh PMK STIKES Nasional, Surakarta. Diskusi bertema IT4GOD ini berlangsung melalui Google Classroom. Pada kesempatan ini, kami memberikan edukasi kepada 80+ peserta mengenai pentingnya teknologi untuk pertumbuhan rohani mereka dan bagaimana mereka harus menggunakannya untuk kemuliaan Tuhan. Materi IT4GOD ini kami berikan dalam bentuk PPT yang kami format menjadi video. Jadi, meski tidak bertemu langsung, presentasi bisa berjalan dengan baik. Sesi diskusi pun sangat hidup dan banyak anak muda yang baru menyadari bahwa mereka harus menggunakan smartphone mereka untuk kemuliaan Tuhan. Doakan agar setiap peserta menghidupi hasil belajar mereka dalam keseharian dan ibadah mereka.

 

3. Staf YLSA Mengadakan PA Online dengan Berbagai Platform Online

PA online

Sejak Maret 2020, sebagian besar staf YLSA harus bekerja dari rumah (WFH). Berbagai kegiatan harus kami lakukan secara online, termasuk pendalaman Alkitab (PA). Kami bersyukur karena kegiatan terpenting YLSA sebelum memulai pekerjaan tetap dapat kami lakukan bersama. Sejauh ini, kami sudah melakukan PA dengan group Telegram, Zoom, Google Classroom, Google Meet, dan teleconference via WhatsApp. Mohon doakan agar meski tidak bertatap muka, kami dapat terus saling mendukung dalam pertumbuhan rohani dan firman Tuhan sungguh mengontrol setiap staf dalam melakukan tugas pelayanannya. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin tahu lebih banyak bagaimana dapat melakukan PA secara online, silakan kontak kami melalui email di ylsa@sabda.org atau WhatsApp di 0881-2979-100.

 

4. Program PESTA RIA -- Injil via WhatsApp Group

PESTA RIA -- Injil

Sejak awal Mei 2020, sekitar 20+ peserta PESTA mulai belajar tentang kitab Injil melalui jalur WhatsApp Group. Program ini kami namakan PESTA RIA -- Injil. PESTA RIA adalah kelas baru dari PESTA untuk memelajari Ringkasan Intisari Alkitab (RIA) secara komprehensif menggunakan bahan-bahan media untuk studi Alkitab (video/infografik) dari BibleProject. Kitab-kitab Injil adalah kelas pertama yang dibuka. Secara personal maupun interaksi dalam grup, peserta akan mempelajari survei Alkitab dari Kitab Matius -- Yohanes dari video dan infografik yang disediakan oleh BibleProject. Bersyukur kepada Tuhan karena peserta sangat aktif meski dengan bahan, metode belajar, dan jalur diskusi yang baru. Mohon doakan karena saat ini, kelas PESTA RIA -- Injil masih dalam tahap uji coba. Ke depannya, masih akan ada penyesuaian jika dirasa kurang efisien atau belum sesuai dengan visi misi PESTA.

Mengenal YLSA

SABDA Live Vision Talks Seri Alkitab dan Pelayanan Online

Vision Talks: Alkitab dan Pelayanan Online

Program SABDA Live Vision Talks Seri Alkitab dan Pelayanan Online adalah program presentasi dan diskusi online dengan menggunakan Zoom. Ada 6 presentasi yang dipaparkan sejak 12 -- 20 Mei 2020 oleh staf-staf YLSA, yaitu:

  1. Perkembangan Visi Misi SABDA (Evie)
  2. IT4GOD: Teknologi dan Tuhan? (Ody)
  3. Pentingnya PA dan Gereja (Yudo)
  4. PA, MedSos, dan Digital Native (Nikos)
  5. Alat-Alat PA Online (Santi)
  6. Tren 2020 dan Gereja (Yulia)

Enam topik tersebut adalah materi yang kami presentasikan dalam kegiatan Rapat Visi YLSA 2020 untuk menolong staf lebih mendalami visi misi pelayanan YLSA yang berfokus pada Alkitab dan teknologi. Namun, kami rindu fokus pelayanan YLSA ini juga dapat digumulkan bersama dengan anggota tubuh Kristus lainnya sehingga mobilisasi untuk mewujudkan IT4GOD juga dapat dilakukan oleh lebih banyak orang, khususnya untuk menghadapi era new normal pascapandemi COVID-19.

Kami bersyukur karena program SABDA Live Vision Talks ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Banyak yang mendapatkan pencerahan sehubungan pelayanan online masa depan, khususnya untuk menjangkau generasi digital. Meski sempat diwarnai kekhawatiran karena Zoom sempat mengalami gangguan, tetapi kami bersyukur ketika acara berlangsung tanpa kendala yang berarti. Kegiatan ini makin memberikan semangat kepada kami bahwa saat ini sudah sangat memungkinkan untuk kami bisa melakukan berbagai pembinaan mengenai pelayanan digital secara online. Selama ini, karena berbagai kendala, terutama karena banyak gereja yang belum siap dengan teknologi, kami masih harus memberikan banyak pelatihan secara offline. Dengan program SABDA Live ini, kami bisa melihat bahwa sekarang, pintu kesempatan terbuka lebar untuk pergi sampai ke seluruh Indonesia, bahkan dunia, untuk memberikan edukasi kepada anggota-anggota tubuh Kristus mengenai studi Alkitab dan pelayanan digital/online.

Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin mendapatkan dokumentasi materi dan rekaman kegiatan SABDA Live Vision Talks ini, silakan mengaksesnya di situs SABDA Live. Mohon doakan juga untuk program SABDA Live berikutnya agar dapat makin menolong gereja untuk bersiap menghadapi dan menjalani new normal pascapandemi COVID-19 ini. Kami membuka diri untuk menerima usulan dan masukan dari Sahabat dan Pendukung YLSA terkait materi-materi yang dianggap perlu untuk kami angkat dalam program SABDA Live berikutnya. Silakan hubungi kami di ylsa@sabda.org. Terima kasih dan salam IT4GOD!

Suara Sahabat YLSA

Kesan Pesan Peserta DiskuSI ONline (SION) IT4GOD

Berikut ini adalah beberapa respons peserta terhadap materi IT4GOD yang disampaikan oleh YLSA dalam kegiatan SION yang diselenggarakan oleh PMK STIKES Nasional, Surakarta pada 2 Mei 2020. Kiranya menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus menggunakan IT untuk kemuliaan Tuhan!

"Melalui presentasi IT4GOD, hal menarik yang saya dapatkan adalah saya bisa tahu bagaimana kita tetap dapat memuliakan Tuhan lewat teknologi saat ini. Dari diskusi yang berlangsung, saya juga mendapatkan banyak wawasan tentang problem kehidupan kristiani terkait perkembangan IT."
[Ade Inggrita Ndaparoka]

"Acara diskusi online IT4GOD ini seru, aktif, dan banyak pertanyaan yang memunculkan pertanyaan baru. Saya juga belajar bahwa dewasa ini, ketika pandemi sedang melanda, banyak gereja yang sudah membuka diri untuk menggunakan IT di setiap kegiatannya."
[Arista Dhea]

"Acara SION ini menarik, bisa menambah wawasan mengenai pekabaran Berita Baik melalui IT. Saya belajar bahwa IT sekarang bisa diakses oleh semua orang, memberi kemudahan untuk belajar Firman Tuhan maupun melakukan pelayanan, tetapi [kita] harus tetap berhati-hati dan berhikmat."
[Fistira Dini Elanissan]

"Acaranya keren! Dengan IT, kita dapat menjadi terang dan garam di mana pun Tuhan tempatkan, dan juga menjadi berkat."
[Gabriela Sara]

"Saya merasa diberkati sekali karena dalam masa pandemi COVID-19, tidak ada alasan untuk tidak memberikan berkat kepada orang lain, yaitu dengan teknologi digital yang ada saat ini. Materi ini membuka pemikiran saya dalam menggunakan teknologi untuk perkembangan iman."
[Fitriani wulandari]

Laporan Keuangan

Maret -- April 2020

Total Sumbangan Maret 2020 : Rp42.838.953,00
Total Pengeluaran Maret 2020 : Rp69.728.200,00

Perincian Laporan Keuangan Maret 2020

Total Sumbangan April 2020 : Rp43.418.784,00
Total Pengeluaran April 2020 : Rp65.496.383,00

Perincian Laporan Keuangan April 2020

Mari turut mendukung pelayanan YLSA agar dampaknya semakin luas bagi tubuh Kristus pada era digital ini. Kemajuan pekerjaan Tuhan di YLSA tak lepas dari campur tangan Tuhan melalui Sahabat dan Pendukung YLSA yang memberikan persembahan dana dan doa. Kami sangat bersyukur atas hal ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments