Berita YLSA Agustus 2020

Editorial

Sahabat dan Pendukung YLSA yang terkasih,

Kami bersyukur kepada Tuhan karena sepanjang Agustus 2020, Tuhan membuka banyak kesempatan untuk berelasi dengan Sahabat dan Pengguna SABDA. Relasi-relasi yang baru juga terjalin untuk berbagai program pelayanan di YLSA. Setelah itu, September sampai Oktober mendatang juga akan menjadi masa yang sangat sibuk bagi tim SABDA. Kami masih melanjutkan program pelayanan SABDA Live dalam seri baru, yaitu #PassionSeries, dan juga sedang mempersiapkan Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020. Dua program pelayanan ini akan banyak mengubah cara YLSA dalam melayani, terutama selama masa pandemi ini. Tentunya, kami tidak bisa mengerjakannya sendirian. Karena itu, YLSA berkolaborasi dengan mitra dan Sahabat SABDA dalam menjalankan kedua pelayanan ini. Teruslah mendukung pelayanan kami dalam doa. Tanpa campur tangan Tuhan dan dukungan dari Sahabat dan Pendukung YLSA, kami tidak bisa melakukan pelayanan ini dengan baik. Kiranya pelayanan yang sudah, sedang, dan akan kami kerjakan ini menjadi berkat bagi gereja dan Indonesia serta memuliakan nama Tuhan.

Santi

Santi
Staf Redaksi Berita YLSA

Berita dan Pokok Doa

1. SABDA Live #BibleTalks Agustus 2020

SABDA Live #BibleTalks

Puji Tuhan! SABDA Live pada bulan Agustus mengusung seri #BibleTalks. Ada 15 presentasi mengenai Mengapa dan Bagaimana Belajar Alkitab dalam seri ini. Ini menjadi seri yang penting bagi YLSA karena merupakan fokus pelayanan kami, yaitu Alkitab dan Studi Alkitab. Secara khusus, seri ini kami harapkan dapat meneguhkan para peserta bahwa firman Tuhan adalah fondasi kehidupan kita dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, firman Tuhan harus dipelajari dan dihidupi setiap hari. Kami berterima kasih banyak kepada Sahabat dan Pendukung YLSA yang telah ambil bagian sebagai narasumber dalam SABDA Live #BibleTalks ini. Arsip lengkapnya dapat Anda akses di situs SABDA Live. Untuk September, program pelayanan SABDA Live akan mengangkat #PassionSeries. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA mengikuti SABDA Live dengan mendaftarkan diri lewat WhatsApp di 081226674667 atau dengan menjawab email ini.

 

2. YLSA Menjadi Host Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020!

Hackathon #CodeForGOD

Pada 9 -- 11 Oktober 2020 akan diselenggarakan Hackathon #CodeForGOD Indonesia 2020 secara virtual. Diawali pada Juli 2020, saat itu, YLSA mendapat tawaran untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan hackathon Kristen di Indonesia. Setelah didoakan dan dilakukan pula serangkaian komunikasi dengan pihak Indigitous selaku pemrakarsa acara ini secara global, kami memantapkan diri untuk menjadi host hackathon 2020. Keputusan ini kami ambil karena memang ini menjadi panggilan Tuhan bagi YLSA, yaitu ladang IT, dan kerinduan yang sangat besar untuk mengumpulkan para praktisi IT Kristen di Indonesia agar menggunakan talentanya untuk pekerjaan Tuhan. Infrastruktur untuk pelaksanaan sudah dan terus kami kerjakan melalui situs CodeForGOD.org. Kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk bergabung dan terlibat dalam kegiatan ini. Anda dapat menghubungi admin YLSA melalui WhatsApp di 081226674667 untuk informasi lebih lanjut. Saat ini, pendaftaran sudah dibuka!! Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang memiliki skill IT/digital/media, silakan lakukan registrasi di situs CodeForGod.org. Anda juga dapat mengikuti informasi terbaru melalui Facebook, Instagram, dan Twitter #CodeForGOD Indonesia 2020. Mohon dukungan doanya!

 

3. Lowongan Programmer Kristen di YLSA

SABDA Lowongan

YLSA terus membuka kesempatan bagi para programmer Kristen untuk bergabung menjadi staf fulltime. Masih banyak pula antrean proyek yang belum dikerjakan karena kurangnya SDM. Karena itu, bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang rindu melayani Tuhan sebagai programmer Kristen, silakan bergabung bersama YLSA dengan mengirimkan lamaran ke cv@sabda.org. Mohon pula membagikan informasi ini kepada rekan-rekan atau kenalan Anda. Informasi lengkap mengenai ini dapat diakses di situs Lowongan SABDA. Terima kasih.

Mengenal YLSA

Pelatihan #Ayo-PA! Online dalam SABDA Live

Training Penggunaan Aplikasi Alkitab SABDA

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak cara dalam melakukan aktivitas setiap hari, tidak terkecuali dalam ranah pelayanan kekristenan. Hal ini juga memengaruhi YLSA dalam menentukan beberapa strategi pelayanannya. Salah satunya adalah pelatihan #Ayo-PA!. Sebelum COVID-19, hampir setiap bulan, YLSA pergi ke gereja, kampus, atau komunitas-komunitas tertentu untuk melatih peserta melakukan studi Alkitab dengan aplikasi Alkitab SABDA dalam smartphone Android.

Setelah vakum sejak Mei 2020, akhirnya pada Agustus 2020 ini, pelatihan #Ayo-PA! dapat kembali diadakan secara online. Puji Tuhan! Pelatihan ini adalah salah satu sesi yang ditunggu-tunggu oleh banyak peserta SABDA Live. Dengan berbagai persiapan, pada 19 Agustus 2020, tim SABDA siap untuk memberikan pelatihan online penggunaan aplikasi Alkitab SABDA dalam SABDA Live #BibleTalks Bagaimana Belajar Alkitab?.

Untuk memudahkan peserta mengikuti setiap langkahnya, kami memulai pelatihan ini dengan menayangkan video tutorial penggunaan aplikasi Alkitab SABDA dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya untuk studi Alkitab. Setelah itu, peserta diajak untuk menyimak penjelasan langkah demi langkahnya. Karena berbagai keterbatasan, kami memberikan tugas utama kepada peserta untuk menyimak saja penjelasan kami. Jika peserta memiliki dua gawai, salah satunya dapat digunakan untuk mencoba secara langsung juga bersama tim SABDA. Namun, jika hanya ada satu gawai dan itu digunakan untuk mengikuti Zoom SABDA Live, peserta dapat mengikutinya kembali dengan menyimak video rekamannya di YouTube SABDA Alkitab.

Untuk pelatihan ini, kami mengajak peserta untuk melakukannya dengan metode PA S.A.B.D.A. sehingga peserta dapat melihat secara langsung proses PA-nya. Bersyukur kepada Tuhan karena kegiatan pelatihan online ini berjalan dengan lancar. Meski ada beberapa kendala teknis, semuanya masih bisa diatasi dan peserta tetap dapat mengikuti sampai selesai.

Dari hasil evaluasi, masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan untuk pelatihan online berikutnya. Ini menjadi salah satu wujud kerinduan YLSA agar seluruh gereja di Indonesia mendapatkan pelatihan ini. Dan, dengan Zoom SABDA Live ini, kerinduan itu terwujud karena peserta berasal dari banyak daerah di Indonesia. Puji Tuhan!

Kami mengajak Sahabat dan Pendukung YLSA menyimak rekaman pelatihan online ini di situs SABDA Live:

  1. Video
  2. PDF
  3. Audio

Mohon masukan dari Anda untuk perbaikan pelatihan ini ke depannya. Masukan Anda akan sangat berarti bagi kami. Selamat berjumpa dalam pelatihan studi Alkitab dari SABDA berikutnya. Tuhan Yesus memberkati.

Suara Sahabat YLSA

Kesan dari Peserta Pelatihan #Ayo-PA! Online

Berikut ini adalah kesan dari peserta SABDA Live untuk Training Penggunaan Aplikasi Alkitab SABDA. Kiranya menjadi berkat.

"Aplikasi dari SABDA paling mudah digunakan, jadi orang gaptek pun dapat menjalankannya."
[L C]

"Terima kasih tim SABDA. Saya sudah lama menginstal sebagian aplikasi SABDA, sangat-sangat membantu sekali. Hari ini, lebih jelas lagi."
[Ilona Karamoy]

"Terima kasih untuk Ibu Evie dan Ibu Yulia. Kami sudah bisa mempraktikannya dan sudah download aplikasinya. Kami juga belajar lagi dari tutorial Studi Alkitab SABDA, meski masih lambat. Saya juga dibantu dengan YouTube, jadi bisa belajar pelan-pelan. Terima kasih pelajarannya. Tuhan Yesus memberkati!"
[Ibu Nanik]

"Alur presentasi yang seperti tadi sangat menolong peserta. Ada ruang untuk mencerna dan bertanya di antara materi-materi yang disampaikan."
[Yudo]

Laporan Keuangan

Juli 2020

Total Sumbangan Juli 2020 : Rp41.376.618,00
Total Pengeluaran Juli 2020 : Rp72.853.604,00

Perincian Laporan Keuangan Juli 2020

Mari turut mendukung pelayanan YLSA agar dampaknya semakin luas bagi tubuh Kristus pada era digital ini. Kemajuan pekerjaan Tuhan di YLSA tak lepas dari campur tangan Tuhan melalui Sahabat dan Pendukung YLSA yang memberikan persembahan dana dan doa. Kami sangat bersyukur atas hal ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

Comments