Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diSejarah YLSA

Sejarah YLSA


Artikel YLSA - Desember 2004

(Untuk sejarah setelah 2004, lihat halaman Tentang YLSA)

Sebelas tahun bukanlah perjalanan yang singkat bagi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk terus secara konsisten menggeluti bidang pelayanan elektronik di dunia internet. Ada banyak "buah" yang telah dihasilkan hingga saat ini dan masih ada banyak "buah" lagi yang direncanakan untuk dihasilkan di masa yang akan datang. Pada edisi resmi perdana "Berita YLSA" ini, Redaksi ingin mengajak para pendukung dan sahabat YLSA, yaitu para pendoa, donatur, ex-staf YLSA, mitra, dan teman-teman lama YLSA, untuk menapak tilas tahun- tahun pelayanan YLSA. Semoga informasi ini dapat menolong para sahabat YLSA untuk semakin mengenal YLSA lebih dekat.

Tahun 1993 - Lahirnya Sebuah Visi

Pada tahun 1993 pelayanan YLSA mulai dirintis dengan satu kerinduan untuk menyebarkan Kabar Baik (Alkitab) kepada masyarakat Kristen Indonesia melalui teknologi komputer. Realisasinya adalah dengan membuat OnLine Bible (software Alkitab yang dikembangkan oleh Larry Pierce (Canada)) ke dalam versi bahasa Indonesia.

Tahun 1994 - Yayasan Lembaga Alkitab Komputer (YLAK)

Organisasi mulai dibentuk dan diresmikan dengan nama Indonesian Society for Biblical Computing atau Yayasan Lembaga Alkitab Komputer (YLAK). Dua bahan pertama mulai diproses, yaitu teks Alkitab elektronik versi Terjemahan Baru (TB) dan Bahasa Indonesia Sehari- hari (BIS) atas kerjasama dengan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

Tahun 1995 - SABDA© dan YLSA

Nama "SABDA" (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat) akhirnya dipilih untuk menjadi nama Software OLB versi bahasa Indonesia. Pada tahun ini pula, YLAK yang terdaftar di Pengadilan Negeri Daerah, diganti namanya menjadi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Nama yang terus dipakai sampai sekarang. Modul-modul SABDA© Alkitab/data dan versi DOS sudah disiapkan dan mulai menyebar.

Tahun 1996 - SABDA© Tahap Pertama

SABDA©, yang merupakan Online Bible versi Bahasa Indonesia tahap pertama selesai (termasuk bahan-bahan tambahan), bukan hanya untuk versi Windows 3.1 dan DOS, tetapi juga versi Macintosh/Apple(tm).

Tahun 1997 - I-KAN (Internet - Komputer Alkitab Network)

Pada tahun ini, proyek SABDA© dikembangkan dalam versi Windows untuk CD. Ketika internet mulai dipakai secara umum di Indonesia, YLSA menggunakan kesempatan dengan bekerjasama dengan XC dan MAF membangun sistem mailing list I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network) untuk dipakai menerbitkan tiga Publikasi Elektronik Kristen pertama lewat email, yaitu e-RH, e-SH, dan e-Humor dan membuka banyak Forum Diskusi Elektronik (Milis) Kristen.

Tahun 1998 - Situs-situs YLSA

YLSA meluncurkan beberapa situs-situs pertama, yaitu:

  1. Situs Muara Informasi Kristen (MIK)
  2. Situs YLSA
  3. Situs Internet -- Komputer Alkitab Network (I-KAN).
  4. SABDA© versi web (Alkitab format HTML).
Selain itu, Sistem I-KAN juga terus dikembangkan dengan menambah dua Publikasi Elektronik (e-JEMMi dan YBA).

Tahun 1999 - Prototipe CD SABDA©

Proyek-proyek yang selesai tahun ini:

  1. Prototipe Software SABDA© dalam bentuk CD.
  2. Peluncuran Situs e-MISI (Mengabarkan Injil ke seluruh Indonesia) dan Situs Web2000.
  3. Penambahan tiga Publikasi Elektronik (ICW, e-Reformed, dan 40 Hari Doa) dan 2 Milis Diskusi (e-Software dan e-WebAuthor).
  4. Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam (PESTA) yang merupakan kerja sama antara YLSA dan In-Christ.net.

Tahun 2000 - Peluncuran CD SABDA©

CD SABDA© berhasil diselesaikan, diluncurkan, dan dibagikan ke seluruh penjuru dunia. Selain itu YLSA juga menambah empat publikasi baru (SNOB, e-BinaAnak, e-SBU, dan Berita Jaffray), dan melayani puluhan Milis Diskusi dengan sistem I-KAN. Jumlah pelanggan semua publikasi tahun ini ada 12.000 pelanggan. Pada akhir tahun ini, perintisan Situs SABDAweb (situs yang baru mengupdate dan berbeda dengan SABDA-Web) juga dimulai.

Tahun 2001 - Proyek-proyek Baru

Proyek-proyek baru yang dikerjakan, adalah:

  1. CIEL (Christian Indonesian Electronic Library)- masih dikerjakan.
  2. Peluncuran Situs SABDA.orgdan SABDAweb.
  3. Peluncuran milis Publikasi baru, yaitu e-KJDNdan e-Konsel.
  4. Perintisan Situs C3I (Christian Counseling Center Indonesia), Situs PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen), dan Situs TELAGA (TEgur Sapa GembaLA KeluarGA) yang merupakan kerja sama dengan Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK).
  5. Pembuatan prototipe program SABDA versi 3.0 beserta bahan Alkitab audio.

Tahun 2002 - Tahap Pengembangan

Pada tahun ini, YLSA telah mengerjakan beberapa pengembangan dan membuat proyek penting, antara lain:

  1. Mengembangkan Situs SABDA.org untuk menjadi sistem Arsip I-KAN, juga menambahkan beberapa fungsi/fitur baru dalam Situs SABDAweb.
  2. Peluncuran Situs PEPAK (situs untuk guru Sekolah Minggu).
  3. Perilisan Program SABDA© versi Windows 2000/XP.
  4. Pembuatan prototipe program SABDA versi 3.0 beserta bahan Alkitab audio.
Selain proyek situs, YLSA juga melahirkan duu rangkaian proyek khusus, yaitu proyek digital library dan proyek Interlinier (ITL), untuk mengerjakan bahan-bahan teologia dan biblika yang belum dimiliki dalam bahasa Indonesia.

Tahun 2003 - Penambahan Situs-situs YLSA

Situs-situs yang dihasilkan tahun ini:

  1. Situs Christian Counseling Center Indonesia (C3I).
  2. Situs e-Reformed (situs kumpulan artikel teologia).
  3. Situs Tegur Sapa Gembala Keluarga (TELAGA).
  4. Situs Sejarah Alkitab Indonesia (SAI).
  5. Situs PESTAOnline (situs pendidikan jarak jauh awam).
  6. Update Situs e-MISI (dengan stuktur dan tampilan baru).
  7. Perintisan Situs SABDAnet untuk mendukung rencana peluncuran CD SABDA versi 3.0 (yang masih belum selesai dikerjakan).

Tahun 2004 - Transisi untuk Suatu Babak Baru

Menyadari bahwa management kantor merupakan salah satu faktor penting untuk melebarkan sayap yayasan ini, maka langkah yang diambil pada awal tahun ini adalah pembenahan infrastruktur yayasan. Puji Tuhan hal itu sudah dapat dilaksanakan dengan baik, meskipun hasilnya masih belum maksimal. Selain itu, perluasan kantor YLSA juga merupakan proyek utama tahun ini. Puji Tuhan pada bulan Oktober 2004. YLSA akhirnya memiliki kantor baru yang lebih luas dan cocok untuk kebutuhan yayasan. Namun, bukan berarti tidak ada proyek baru yang lahir tahun ini. Ada 4 situs yang berhasil diselesaikan:

  1. Situs YLSA (situs profile yayasan)
  2. Situs LINKS (situs direktori Kristen).
  3. Situs i-Humor (situs kumpulan humor bersih dan membangun).
  4. Situs Komunitas CWC (situs Christian Writers´ Club))
-- Beberapa situs masih dalam penyelesaian hingga akhir tahun ini. Selain itu, dua publikasi baru juga diluncurkan, dan diterbitkan awal November 2004, yaitu:
  1. Publikasi e-Penulis (buletin untuk para penulis Kristen)
  2. Berita YLSA (buletin untuk para sahabat dan pendukung YLSA)

  • Tahun 2004 belum berakhir, YLSA masih terus menggerakkan kaki untuk melangkah ke depan dengan mata yang tertuju kepada Kristus. Kami berharap lebih banyak yang bisa kita lakukan di tahun 2005. Oleh karena itu kami percaya Tuhan telah menyediakan hal-hal besar bagi masyarakat Kristen Indonesia melalui YLSA. Untuk itu kami sangat bersyukur atas dukungan Anda semua, para pendukung dan Sahabat YLSA. Kami tahu kami tidak dapat bekerja sendiri, dukungan dan partisipasi Anda merupakan aset yayasan yang sangat berharga.



  • Untuk sejarah pelayanan YLSA selengkapnya, lihat Tentang YLSA

     By admin - Posted on 30 March 2007

    Tagged:

    Komentar

    Kalender YLSA

    Follow Us On :

     

     

    Selamat Paskah 2017

    'Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?' (Yohanes 11:25-26)

    Kunjungi situs Paskah SABDA
    Kunjungi situs TOP Paskah

    FB YLSA


    Indonesia English