Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diPelayanan Biblical Computing di YLSA

Pelayanan Biblical Computing di YLSA


Artikel YLSA - Januari 2005

Fokus Pelayanan YLSA

Selama satu tahun terakhir ini, kami melihat pewujudan visi YLSA menjadi semakin jelas. Beberapa cara penjabaran baru kami coba terapkan untuk dapat mengakomodasi pemikiran-pemikiran baru dalam mencapai visi dan misi YLSA. Penjabaran baru ini kami kembangkan berdasarkan empat (4) fokus utama pelayanan YLSA, yang kami gambarkan dalam 4 lingkaran yang saling mendukung. Empat lingkaran ini adalah:

  1. Biblical Computing (BC)
  2. Digital Publishing (DP)
  3. Christian Community (XC)
  4. Digital Learning (DL)

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan lingkaran utama I, yaitu pelayanan YLSA dalam bidang BIBLICAL COMPUTING. Tiga lingkaran utama lainnya akan kami jelaskan pada kesempatan lain.

BIBLICAL COMPUTING

Apakah yang dimaksud dengan BIBLICAL COMPUTING (selanjutnya disingkat BC)? Melihat kombinasi dua kata yang dipakai, yaitu "biblical" dan "computing", maka secara sederhana, BC dimengerti sebagai perpaduan antara Alkitab dan komputer. Namun penyederhanaan arti BC ini sebenarnya tidak tepat karena sering BC hanya dimengerti sebagai Alkitab yang dapat diakses melalui komputer. Arti "biblical" lebih dari hanya sekadar Alkitab, dan "computing" lebih dari sekadar komputer. Jadi, lebih tepat jika BC diartikan sebagai proses penyelidikan dan penggalian Alkitab (menyangkut semua aspek dari "biblical studies"), yang dilakukan dengan bantuan program komputer.

Dari arti di atas, maka kita dapat melihat BC sebagai jendela yang memungkinkan semua aspek penggalian Alkitab, yang dulu tidak mungkin dilakukan, sekarang menjadi mungkin dilakukan karena kecanggihan komputer. Beberapa contoh bisa kami sebutkan misalnya:

  • membandingkan teks beberapa versi Alkitab secara bersama-sama,
  • menampilkan teks beberapa versi Alkitab secara paralel sekaligus termasuk Alkitab dalam beragam bahasa asli/daerah,
  • mengintegrasikan teks Alkitab dengan bahan-bahan lain seperti konkordansi, referensi silang, kamus Alkitab, peta Alkitab, dan alat-alat biblika lain yang berhubungan,
  • penganalisaan teks Alkitab terjemahan dengan bahasa asli Alkitab,
  • dan lain-lain.
Selain itu, komputer juga telah menjadi alat bantu yang sangat bermanfaat dalam memproses bahan-bahan biblika, khususnya untuk memberikan hasil dengan ketelitian dan kecermatan tinggi, dalam waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan cara manual (tanpa alat bantu komputer).

Agar pekerjaan Biblical Computing dapat dilaksanakan, maka diperlukan beberapa hal mendasar, seperti:

  1. Pemrosesan teks dari berbagai versi Alkitab dan alat-alat biblika, yang meliputi: pengetikan (jika belum ada dalam bentuk elektronik/digital), pembuatan indeks, dan standardisasi format.

  2. Pembuatan program software Alkitab untuk memungkinkan pengaksesan bahan dan pengintegrasiannya dengan teks Alkitab dan bahan-bahan biblika lain.

Pelayanan YLSA dalam Bidang Biblical Computing

YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) adalah yayasan Kristen non-profit yang bergerak dalam bidang pelayanan literatur/Alkitab dengan menggunakan media komputer dan internet. Kerinduan YLSA adalah menjadi pusat sumber bahan kekristenan elektronik untuk melayani masyarakat Kristen Indonesia agar dapat memakai bahan-bahan biblika yang diperlukan untuk penyelidikan Alkitab tersebut dengan mudah. BC merupakan salah satu dari 4 fokus utama pelayanan YLSA sejak yayasan ini mulai didirikan. YLSA menyadari bahwa pelayanan di bidang BC adalah pelayanan yang sangat mendasar yang diperlukan untuk mendukung kesehatan gereja dan pelayanan Kristen pada umumnya. Melalui hasil pelayanan BC, maka masyarakat Kristen akan belajar bagaimana menggali dan menganalisa teks Alkitab, juga bahan-bahan biblika dan bahan kekristenan lainnya, dengan cara yang lebih bertanggung jawab dan lebih akurat.

Teks Berbagai Versi Alkitab dan Bahan-bahan Biblika

Selama hampir 10 tahun pelayanannya, YLSA telah berusaha membangun infrastruktur untuk memungkinkan pelayanan bidang BC ini dapat terwujud. Salah satu hal mendasar yang sangat penting dilakukan adalah penyediaan berbagai versi Alkitab, baik dalam bahasa Indonesia Kuno (Melayu)/Modern; bahasa daerah/suku (Jawa, Sunda); bahasa asli Alkitab (Yunani dan Ibrani) maupun bahasa asing lainnya (Inggris, Latin) dalam bentuk elektronik/digital.

Penggalian informasi dan pengumpulan serta pemrosesan manuskrip- manuskrip Alkitab bahasa Indonesia, baik Bahasa Indonesia kuno maupun modern, merupakan tantangan pertama. Namun hal itu dapat teratasi oleh kejujuran, tekad, dan kerja keras dari setiap orang yang terlibat dalam pelayanan ini. Puji Tuhan! kerja keras ini membuahkan hasil yang luar biasa karena saat ini, YLSA telah berhasil memproses secara elektronik 10+ versi Alkitab bahasa Indonesia untuk disebarkan dan dipakai oleh masyarakat Indonesia secara luas. Keberhasilan inilah yang memantapkan YLSA untuk mengembangkan pelayanan yang disebut sebagai "e-Bible".

Dalam melaksanakan "biblical studies", memiliki teks Alkitab saja sangatlah tidak cukup. Diperlukan bahan-bahan biblika lain untuk menjadi sumber referensi dan menunjang proses penggalian dan penyelidikan Alkitab. Untuk itu, dengan bekerjasama dengan lembaga penerbitan lain, YLSA mengumpulkan dan memproses bahan-bahan yang dianggap berguna untuk dibuat bentuk elektroniknya/digitalnya. Sebagai hasilnya adalah sebuah "rak buku elektronik" yang berisi:

  • berbagai bahan biblika (konkordansi, sistem referensi silang, sistem catatan ayat, kamus Alkitab, kamus bahasa/leksikon, peta Alkitab, dan masih banyak lagi.) dan
  • bahan-bahan pelayanan lain (bahan PA, buku-buku doktrin, buku-buku teologia praktis, dll.).

Program Software Alkitab -- Online Bible (versi Indonesia)

Tantangan kedua yang dihadapi YLSA dalam pelayanannya adalah mencari kerjasama dengan pihak lain untuk pembuatan program software Alkitab yang mudah digunakan, cukup canggih, yang mempunyai koleksi bahan-bahan biblika yang luas, dan mempunyai komunitas pendukung untuk mengembangkan program tersebut, sekaligus bersifat gratis (open source). Setelah melakukan banyak penelitian dan pencarian, program software Alkitab "ONLINE BIBLE" (yang diciptakan dan di- manage oleh Larry Pierce) adalah yang menjadi pilihan untuk kemudian dikembangkan oleh YLSA. Setelah melakukan diskusi dengan Larry Pierce dan melakukan modifikasi serta penyesuaian di beberapa bagian, maka lahirlah sebuah program Alkitab yang disebut SABDA (singkatan dari Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat). Program inilah yang akan mengintegrasikan teks berbagai versi Alkitab, dalam beragam bahasa, termasuk bahasa asli Alkitab, dengan bahan-bahan biblika dan banyak bahan kekristenan lain, termasuk sumber-sumber bahan dari bahasa Indonesia. Keseluruhan dari paket Biblical Computing ini, kemudian dikemas dalam banyak floppy, sampai akhirnya menjadi sebuah CD-ROM, yang untuk seterusnya dikenal dengan nama CD SABDA -- atau Online Bible versi bahasa Indonesia.

Peluncuran CD SABDA

CD SABDA versi 1.0 telah selesai dikerjakan sebelum tahun 1995, yang berupa teks Alkitab versi TB dan BIS dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), yang kemudian diberikan kembali ke LAI secara gratis. Versi ini masih memakai program asli dari Online Bible dengan bahan-bahan lain dalam bahasa Inggris. Namun kemudian mulailah dikembangkan interface dalam bahasa Indonesia dan sedikit demi sedikit penambahan bahan-bahan lain dalam bahasa Indonesia.

Selang 4 tahun kemudian (tahun 2000), CD SABDA versi 2.0 secara lengkap selesai dikerjakan, dicetak, dan disebarkan dengan gratis kepada masyarakat Kristen Indonesia secara luas. CD SABDA versi 2.0 berisi program Online Bible dalam bahasa Indonesia yang merupakan pengembangan dari versi 1.0. Bahan-bahan biblika dan bahan-bahan pelayanan yang ada dalam versi 2.0 berjumlah puluhan ribu halaman -- sebagian besar dalam bahasa Indonesia -- merupakan terbitan dan kerjasama dari berbagai penerbit Kristen Indonesia. Namun, karena adanya keterbatasan bahan-bahan biblika dalam bahasa Indonesia yang tersedia, maka beberapa bahan-bahan biblika dalam bahasa Inggris yang diperlukan masih dipertahankan.

Media Biblical Computing

Sebelum media CD menjadi popular di Indonesia, YLSA telah menyediakan floppy/disket bagi mereka yang menginginkan SABDA. Selain dalam versi dos, tersedia juga versi Windows dan MacIntosh. Karena media internet mulai masuk ke Indonesia tahun 1997, maka jalur dan media penting ini pun dipakai agar masyarakat bisa mengakses SABDA -- mereka bisa downloading programnya atau bisa display dan memakai SABDA lewat Web. Ketika CD akhirnya tersedia dengan mudah, maka media CD menjadi pilihan untuk menyebarluaskan SABDA kepada masyarakat Kristen Indonesia secara luas.

Dunia dan media elektronik berkembang terus-menerus, demikian juga Online Bible dan YLSA dalam bidang BC. Saat ini, selain bentuk CD, ada banyak variasi media/OS untuk melipat ganda, termasuk Audio, HTML, WEB, Linux, PDA, dan lain-lain. Pada tahap berikutnya, SABDA versi 3.0 (yang sedang disiapkan dan segera diluncurkan), YLSA siap mengembangkan BC untuk dapat tersedia semua bentuk media elektronik.

CD SABDA Versi 3.0

Selama 5 tahun setelah peluncuran CD SABDA versi 2.0 tahun 2000, YLSA tidak puas dan berhenti sampai di situ saja, karena masih ada banyak sekali pekerjaan Biblical Computing yang belum dikerjakan, khususnya untuk melengkapi kekurangan-kekurangan jumlah versi Alkitab yang ada dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, sejak versi 2.0 diluncurkan, YLSA bekerja keras memproses bahan-bahan biblika baru hingga akhir tahun 2004 dan awal 2005. Saat ini versi Beta dari CD SABDA 3.0, sejumlah kira-kira 150 buah, sudah dibagikan kepada beberapa kelompok orang sejak bulan Nopember y.l. untuk diuji coba. Kerinduan kami adalah pada Pebruari tahun 2005, CD SABDA versi 3.0 dapat diluncurkan!

Mohon Dukungan Doa dan Dana

Sampai hari ini, seluruh staf YLSA masih bekerja keras untuk menyelesaikan seluruh pemrosesan bahan dan persiapan percetakan. Oleh karena itu, dukungan para Sahabat YLSA, khususnya dalam doa dan dana, sangat kami harapkan. Mari kita bergandeng tangan guna mendukung pelayanan Biblical Computing di Indonesia, yang sampai saat ini masih sangat kurang dikerjakan.

Bagi Anda yang tergerak memberikan sumbangan untuk membantu penyelesaian proyek CD SABDA versi 3.0, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

a.n. Yulia Oeniyati

BCA Cabang Pasar Legi Solo

No. Rekening: 0790266579



Untuk informasi pelayanan YLSA selengkapnya, lihat Tentang YLSA

 By admin - Posted on 30 March 2007

Tagged:

Komentar

Kalender YLSA

Follow Us On :

 

 

Selamat Merayakan Kenaikan Tuhan Yesus dan Pentakosta 2017

'Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus' Matius 28:19

Kunjungi situs Doa SABDA
Kunjungi situs TOP Berdoa

FB YLSA


Indonesia English