Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs YLSA.org

Loading

Kamu ada diBerita YLSA / Berita YLSA Tahun 2009 / Berita YLSA - Agustus 2009

Berita YLSA - Agustus 2009


Daftar Berita: 


[Dari YLSA!]
[Berita YLSA!] : 1. Divisi Web (Sumber Bahan)
  : 2. Divisi Software (Biblika)
  : 3. Divisi HRD (Personalia)
  : 4. Divisi Komunitas
[Pokok Doa!]
[Stop Press] : Lowongan Pekerjaan YLSA: Editor dan Penerjemah
[Laporan Keuangan] : Laporan Juli 2009


Editorial: 

Para Sahabat dan Pendukung YLSA yang terkasih dalam Kristus,

Terpujilah Tuhan yang melayakkan kita semua bersama-sama melayani Dia melalui hidup kita masing-masing. Saya, mewakili Yayasan Lembaga SABDA, sekali lagi bersyukur kepada Tuhan terutama karena Dia telah mengirimkan Anda semua untuk mendukung pelayanan YLSA. Kami yakin Tuhanlah yang telah menggerakkan Anda dan mempertemukan kita sehingga pelayanan ini bisa kita lakukan bersama-sama. Tanpa campur tangan Tuhan, apa yang kita lakukan adalah sia-sia. To God be the glory!

Apa saja pelayanan YLSA bulan ini? Selain kegiatan di dunia maya (upgrade situs SABDA.net dan pengembangan situs SABDA Alkitab), pelayanan YLSA pada bulan Agustus 2009 ini juga diwarnai dengan beberapa kegiatan di dunia nyata (KopDarNas dan workshop "Healing Your Family Tree"). Beberapa staf juga menuliskan blog dan komentar tentang kegiatan "training" di YLSA. Harapan kami, melalui tulisan-tulisan ini, para Sahabat dan Pendukung YLSA dapat semakin mengenal pelayanan YLSA dan orang-orang yang ada di belakang pelayanan YLSA.

Terima kasih untuk dukungannya. Tuhan memberkati.

In Christ,
Yulia Oeniyati
< yulia(at)in-christ.net >
Pimpinan YLSA


Blog YLSA: 

DIVISI WEB (Sumber Bahan)

Judul Blog: Desain Ulang Situs SABDA.net (Oleh: Eviriyanti)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/06/

Secara pribadi, saya sebagai bagian dari Tim WEB, merasa bangga dapat terlibat di Proyek CD SABDA 3.0 (Final) ini. CD SABDA adalah produk unggulan YLSA yang sudah sangat dikenal dan menjadi berkat besar bagi masyarakat Kristen. Situs SABDA.net yang sebenarnya sudah lama ada, dan dulu dipakai untuk menjadi sistem pendukung CD SABDA 3.0 (Beta), sekarang akan diperbarui untuk menjadi pusat informasi tentang CD SABDA 3.0 (Final) dan juga pusat download bagi mereka yang ingin mengunduh program SABDA dan modul-modulnya yang terbaru.

DIVISI SOFTWARE (Biblika)

1. Judul Blog: Tangan Tuhan dalam Commentary SABDA Alkitab (Oleh: Titus)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/11/

Sudah hampir 1 tahun, saya dan rekan-rekan dalam Tim Net YLSA bergumul dengan halaman Commentary atau Tafsiran/Catatan untuk situs SABDA Alkitab. Pergumulan kami adalah bagaimana bisa menampilkan data commentary dengan lengkap tapi tidak terlihat rumit sehingga pengunjung dapat belajar firman Tuhan dengan lebih mudah. Paling tidak, sudah tiga kali kami membuat tampilan halaman Commentary. Dua yang pertama kurang memuaskan dan kurang dapat memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Baru yang ke-3 inilah yang kami rasa lebih pas.

2. Judul Blog: Training SABDA Alkitab: Statistik Kata (Oleh: Billy)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/13/

Salah satu kelebihan SABDA Alkitab adalah sistem pencariannya yang didukung oleh mesin index (indexing engine) SOLR sehingga dapat menghasilkan data-data dengan cara yang lebih terintegrasi. Hal ini sangat menolong mereka yang ingin mempelajari Alkitab secara detail dan mendalam. Contoh yang telah saya sebutkan sebelumnya adalah mempelajari kata KASIH. Melalui situs SABDA Alkitab, kita bisa mengetahui bahwa kata KASIH dalam Alkitab versi Terjemahan Baru (TB) ditemukan dalam 457 ayat, dan total kata tersebut dituliskan sebanyak 492 kali. Sebagai catatan tambahan, pencarian tersebut dibatasi hanya dalam versi TB dan pencarian dilakukan secara tepat (exact search). Kata KASIH juga disebutkan dalam lebih dari tiga puluh bentukan kata, misalnya: kukasihi, mengasihi, kasihku, dst.. Kita juga bisa mendapatkan kata-kata Yunani/Ibrani yang terkait dengan kata KASIH ini, contohnya: agapao, agape dll..

DIVISI HRD (Personalia)

1. Judul Blog: Mari Menjaga Rumah Bumi Kita (Oleh: Yuppi)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/12/

Apa yang YLSA bisa lakukan untuk lingkungan hidup? YLSA punya 20 publikasi dan lebih dari 30 situs. Melaluinya, yayasan ini bisa mengajak orang lain peduli lingkungan dengan menulis artikel-artikel tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, memberikan informasi situs-situs yang dapat menggerakkan masyarakat untuk mencintai alam, misalnya www.globalplanet.com, dan mengajak orang lain ikut melakukan sesuatu demi menjaga bersama rumah bumi ini.

2. Judul Blog: Kita Bisa Menonton Film Sambil Belajar di YLSA (Oleh:Davida)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/31/

Satu keistimewaan yang saya rasa unik di YLSA adalah metode-metode pelatihan yang diberikan untuk pengembangan stafnya -- tidak hanya dengan mengikuti seminar di luar kantor atau diskusi dan presentasi di dalam kantor, tapi juga mendengarkan kaset, bahkan menonton film. Seingat saya, sudah ada beberapa film yang kita tonton bersama, misalnya seri TV "CSI" (Crime Scene Investigation), "The West Wing", "Dr. House", dan film-film lain seperti "Touching The Void", "Miracle", "Dangerous Mind", dll.. Setelah menonton, maka kita berdiskusi dan semua akan ditanya dengan pertanyaan yang paling sering terdengar di YLSA: "Belajar apa?" Nah, dari hasil diskusi bersama itu kita jadi belajar banyak, lebih banyak daripada kalau belajar sendiri.

DIVISI KOMUNITAS

1. Judul Blog: KopDarNas Komunitas Blogger Kristen SABDA Space (Oleh: Davida)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/25/

Nah, pada tanggal 15 -- 17 Agustus 2009 yang lalu, lagi-lagi para blogger bertemu muka dengan muka. Namun, pertemuan kali ini berbeda, karena dalam kopi darat kali ini, para blogger dari beberapa daerah bertemu di Solo, yang dianggap sebagai markas SABDA Space. Pertemuan ini juga disebut sebagai Kopi Darat Nasional SABDA Space (KopDarNas) karena baru kali ini semua anggota diundang untuk datang.

2. Judul Blog: YLSA Melayani di Dunia Nyata (Oleh: Kristin)

==> http://blog.sabda.org/2009/08/27/

YLSA sudah sangat dikenal dengan pelayanannya di dunia maya. Namun demikian, bukan berarti YLSA tidak ada kerinduan untuk melayani di dunia nyata. Saya termasuk salah satu staf YLSA yang sangat mendukung agar YLSA juga berkiprah di dunia nyata. Puji Tuhan, hal ini telah terbukti dan saya selalu dilibatkan untuk ikut merealisasikannya dengan menjadi anggota panitia pelaksana. Bagaimana cara YLSA melayani di dunia nyata?


Berita dan Doa YLSA: 

Perlindungan dan penyertaan Tuhan senantiasa kami rasakan di setiap pelayanan yang kami kerjakan. Tak henti-hentinya kami mengucap syukur atas hal tersebut. Kali ini, kami undang Sahabat, Pendukung, dan Pendoa YLSA untuk bersatu hati mendoakan pelayanan YLSA yang tertuang dalam beberapa pokok doa berikuti ini. Tuhan Yesus memberkati.

1. Peningkatan Situs GUBUK dan Situs YLSA.org

Saat ini proses peningkatan situs GUBUK dan YLSA.org masih berjalan. Mohon dukungan doa Sahabat dan Pendukung YLSA agar Tuhan memberikan hikmat dan bijaksana. Kiranya Ia juga menuntun setiap anggota tim yang mengerjakan sehingga mereka dapat bekerja dengan kreatif dan teliti. Berdoalah pula agar bahan-bahan pendukung proses peningkatan kedua situs ini dapat terlengkapi. Biarlah peningkatan kedua situs ini dapat terselesaikan tepat waktu dan kehadirannya semakin memberikan dampak bagi masyarakat Kristen.

2. Pembangunan Situs Baru -- Situs Praktis

Pembangunan situs Pemuda dan Remaja Kristen Indonesia (Praktis) sedang dalam tahap penyelesaian. Kerinduan kami untuk memberikan wadah bagi para pemuda dan remaja Kristen, para pemimpin, dan aktifis pelayanan pemuda melalui media online, kiranya dapat segera terwujud. Doakanlah!

3. Promosi Lowongan ke Publikasi dan Situs-Situs YLSA

Salah satu strategi untuk menambah staf YLSA adalah melalui informasi lowongan. Saat ini sedang berjalan program untuk menginformasikan lowongan di YLSA melalui publikasi-publikasi dan situs-situs YLSA. Lowongan yang dibuka adalah editor, staf IT, staf pelayanan PESTA, humas, administrasi, dan penerjemah. Doakan sehingga upaya ini menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan orang-orang yang terpanggil dan memiliki kerinduan besar untuk terlibat di dalam pelayanan Tuhan di YLSA.

4. Ucapan Syukur untuk Pelayanan YLSA di Dunia Nyata

Selain melalui dunia maya (internet), YLSA juga terlibat dalam pelayanan-pelayanan lain -- workshop/seminar, pelayanan perpustakaan, dll.. Biarlah YLSA dapat dipakai Tuhan dan menjadi berkat pula bagi pelayanan-pelayanan "dunia nyata" tersebut.

5. Dukungan Sahabat dan Pendukung YLSA

Kami juga tidak henti-hentinya mengucap syukur kepada Tuhan, karena tanpa berkat kasih karunia Tuhan serta dukungan dari Sahabat dan Pendukung YLSA, pelayanan YLSA tidak mungkin dapat berkembang dengan baik. Mari kita mengucap syukur atas kerja sama yang Tuhan berikan di antara kita.


Stop Press: 


Lowongan Pekerjaan YLSA: Editor Dan Penerjemah

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) <http://www.ylsa.org> adalah sebuah yayasan Kristen yang terbeban dalam pelayanan dunia teknologi informasi, khususnya dalam menyediakan Alkitab dan bahan-bahan kekristenan secara tersambung (online). Saat ini YLSA membuka lowongan untuk para profesional muda yang ingin memberikan talenta terbaiknya untuk Tuhan dengan bekerja sebagai seorang Editor atau Penerjemah.

Kualifikasi Khusus untuk Editor:

  1. S1 Sastra Indonesia, diutamakan dari bidang linguistik.
  2. Memiliki kecintaan terhadap bahasa Indonesia dan terbeban dalam pengembangan bahasa Indonesia.
  3. Berpengalaman dalam menyunting dan menulis naskah di media massa.

Kualifikasi Khusus untuk Penerjemah:

  1. S1 Sastra Inggris.
  2. Berpengalaman dalam menerjemahkan naskah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  3. Memiliki pengalaman dalam menyunting naskah terjemahan.

Kualifikasi Umum:

  1. Sudah lahir baru dalam Kristus dan sudah dibaptis.
  2. Memiliki panggilan yang jelas untuk melayani Tuhan.
  3. Diutamakan yang belum menikah.
  4. Menguasai tata bahasa dan EyD bahasa Indonesia.
  5. Gemar membaca dan menulis; mampu berpikir dan mengekspresikan diri.
  6. Memiliki profesionalitas, mampu bekerja dalam tim dengan tenggat waktu (deadline) yang ketat, memiliki ketelitian yang tinggi, dan berkeinginan besar untuk terus belajar.
  7. Nilai tambah:
    1. pernah mengikuti pelatihan penyuntingan naskah (Editor).
    2. pernah mengikuti pelatihan penerjemahan naskah (Penerjemah).
    3. pernah mengikuti seminar tentang bahasa Indonesia/Inggris.
  8. Bersedia ditempatkan di Solo, Jawa Tengah, minimal untuk 2 tahun.

Jika Anda atau rekan Anda merasa terpanggil dan memenuhi kualifikasi di atas, segera kirimkan lamaran beserta kelengkapan lainnya (CV, fotocopy transkrip nilai dan ijazah, contoh tulisan Anda, dan surat referensi) ke alamat:

HRD - YLSA
Kotak Pos 25/SLONS
Surakarta 57135

Untuk informasi lebih lengkap silakan kirim e-mail ke:

==> < rekrutmen-ylsa(at)sabda.org >

Informasi lowongan lainnya: http://ylsa.org/lowongan

Catatan: Silakan sebarkan informasi ini kepada mereka yang membutuhkan.


Laporan Keuangan YLSA: 

Berikut kami sampaikan laporan keuangan YLSA bulan Juli 2009.

LAPORAN JULI 2009

A. Sumbangan
Samuel Franklyn (BCA) Rp. 300.000,00 01/07/09
Djamari Ateng (BCA) Rp. 500.000,00 01/07/09
Lukas Haridjaja (BCA) Rp. 500.000,00 03/07/09
Dhannyati (BCA) Rp. 100.000,00 06/07/09
TELAGA (BCA) Rp. 500.000,00 13/07/09
NN (BCA) Rp. 2.000.000,00 14/07/09
Sartijani (BCA) Rp. 500.000,00 22/07/09
Yayasan Gloria (BCA) Rp. 250.000,00 27/07/09
Max Levi Boham (BCA) Rp. 200.000,00 28/07/09
NN (BCA) Rp. 100.100,00 29/07/09
Sumbangan Lain-Lain Rp. 157.000,00
Bunga Bank Rp. 27.318,00
   
Total Sumbangan Rp. 5.134.418,00
B. Pengeluaran
Beban Admin Rp. 60.000,00
Kas Kecil Rp. 53.500,00
Telp., Listrik, dll. Rp. 2.127.000,00
Beban Komputer Rp. 35.000,00
Beban Perpustakaan Rp. 636.500,00
Pengiriman Pos, Paket, dll. Rp. 5.000,00
Admin Bank Rp. 14.995,00
Kepegawaian Rp. 17.850.000,00
Konsumsi Staf Rp. 1.045.600,00
Seminar Misi untuk Anak Rp. 50.000,00
Bangunan Fasilitas Belakang Rp. 9.125.900,00
   
Total Pengeluaran Rp. 31.003.495,00

Ucapan Terima Kasih

Kami ucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dari para donatur. Hal ini semakin menguatkan kami bahwa pemeliharaan Tuhan atas pelayanan ini sungguh luar biasa. Tuhan Yesus memberkati hidup dan pelayanan Anda.

Bagi pembaca lain yang tergerak untuk terlibat dalam pelayanan YLSA dengan memberikan sumbangan dana, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA
a.n. Yulia Oeniyati
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579


 By admin - Posted on 10 September 2009

Komentar