Berita dan Doa YLSA

1. Perkembangan Proyek AYT pada Maret 2018

AYT

Memasuki akhir kuartal I sampai awal kuartal II, kami bersyukur karena proyek Alkitab Yang Terbuka (AYT) mengalami perkembangan. Sampai saat berita ini ditulis, semua kitab sudah masuk ke dalam proses penyuntingan awal. Di tengah berbagai tantangan pengerjaan proyek AYT ini, beberapa Sahabat SABDA terus mengingatkan agar kami terus berdoa kepada Tuhan dan memohon pimpinan dan perlindungan-Nya. Tanpa penyertaan Tuhan, pekerjaan kami ini sia-sia. Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan karena Dia juga menyediakan banyak Sahabat dan Pendukung YLSA yang mendukung kami dalam doa. Untuk itu, melalui kesempatan ini, kami tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih. Terpujilah Tuhan yang mengatur segala sesuatunya!

2. Proyek Media SABDA/Alkitab

Pada April 2018 ini, YLSA sedang menggarap beberapa proyek baru yang menjadi proyek derivatif/turunan dari Alkitab Yang Terbuka. Proyek-proyek tersebut sebagian besar adalah proyek multimedia, yaitu komik dan animasi Alkitab. YLSA mendapat izin dari beberapa mitra untuk melakukan penerjemahan dan penyuntingan naskah komik maupun animasi Alkitab yang mereka buat. Kami memohon kepada Tuhan Yesus agar bahan-bahan ini akan menjadi sarana dan sumber yang luar biasa untuk menolong generasi digital belajar firman Tuhan pada abad ini. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA semuanya agar Tuhan menyediakan SDM dan fasilitas yang memadai untuk menjalankan proyek media ini.

3. YLSA Menyusun Kurikulum Pelatihan Studi Alkitab pada Era Digital

STT AIMI

Puji Tuhan, mulai April tahun ini, YLSA kembali menerima beberapa undangan untuk melakukan roadshow #Ayo_PA!. Meski temanya sama, materi yang disampaikan semakin bervariasi. Salah satu pengembangan dari materi #Ayo_PA! adalah suatu kurikulum yang terdiri dari empat kali pertemuan untuk membahas tentang "Studi Alkitab pada Era Digital". Aplikasi dari kurikulum ini kami sampaikan di STT AIMI, Surakarta. Pertemuan I sudah dilaksanakan pada 5 April 2018, dan sudah berjalan dengan baik. Metode penyampaian sangat inovatif karena disampaikan oleh empat pembicara sekaligus, yaitu Ibu Yulia Oeniyati (materi: Pentingnya Pendalaman Alkitab), Odysius B. Temara (materi: Bahan-Bahan Studi Alkitab + Platform Digital), Abraham Aji (materi: Metode PA S.A.B.D.A.), dan Rostika Novantina (materi: Penjelasan Langkah SIMAK).

Dukunglah kami dalam doa agar tiga pertemuan pada tiga bulan berikutnya juga dapat berjalan dengan lancar sehingga menolong para peserta melakukan studi Alkitab secara maksimal dengan bantuan teknologi pada era digital ini. Doakan juga semoga kurikulum seperti ini juga bisa disampaikan ke sekolah-sekolah tinggi teologi lainnya.

4. Klub e-Buku SABDA Mei 2018: "Pencobaan"

Pencobaan

Salah satu pelayanan tim Penjangkauan adalah menyediakan sarana "Klub e-Buku SABDA" untuk berdiskusi buku secara daring. Pada periode pertama tahun ini, kami akan mengajak masyarakat Kristen untuk belajar dari buku yang berjudul "Pencobaan" karya John Owen, yang diterbitkan oleh Penerbit Momentum. Mungkin kita sering bertanya, mengapa ada pencobaan? Apa pentingnya pencobaan bagi manusia? Apa peran Allah dalam hal ini? Dan, masih banyak pertanyaan lain yang pernah kita gumulkan. Sekarang, saatnya untuk mengupas tuntas apa itu pencobaan dan hal-hal seputarnya melalui diskusi di Klub e-Buku SABDA.

Diskusi akan berlangsung mulai 21 Mei 2018 -- selesai. Bagi Anda yang ingin bergabung dalam diskusi buku ini, silakan mendaftar melalui penulis@sabda.org. Pendaftaran ditutup pada 7 Mei 2018, dengan batas peserta 30 orang. Karena ini merupakan diskusi buku, tentunya setiap peserta harus memiliki bukunya supaya bisa membaca dan mempelajarinya dengan maksimal. Anda bisa mendapatkan buku ini dengan membelinya di toko buku Kristen terdekat, atau dengan memesannya melalui SABDA. Mari gunakan kesempatan belajar dan bertumbuh secara rohani melalui diskusi di Klub e-Buku SABDA!

1. Perkembangan Pengerjaan Proyek AYT pada Februari 2018

Logo AYT

Pada Februari 2018, tim proyek Alkitab Yang Terbuka terus setia mengerjakan proses pengeditan maupun pengecekan teks AYT untuk Perjanjian Lama (PL). Dari 66 kitab PL, ada 18 kitab yang masih dalam proses pengeditan tahap awal. Kitab-kitab yang lain sudah masuk dalam proses baca cepat, proses pengecekan ulang, dan proses pengeditan untuk menjadi release candidate. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian agar Tuhan Yesus terus melindungi seluruh tim yang terlibat dalam pengerjaan AYT ini. Tidak sedikit serangan rohani yang muncul sejak kami berkomitmen untuk mengerjakan pengeditan teks PL ini. Namun, tangan Tuhan tidak pernah kurang panjang untuk melindungi dan menolong kami saat kami membutuhkan. Terpujilah Tuhan!

2. Roadshow SABDA dalam Pertemuan Pekerja Gereja KIBAID di Tana Toraja

Roadshow Toraja

Puji Tuhan! Pada 22 Februari 2018, Tuhan Yesus memberikan kesempatan kepada YLSA untuk melakukan roadshow di Tana Toraja dalam pertemuan tahunan hamba Tuhan gereja KIBAID se-Indonesia. Pada tahun ini, ada 280 hamba Tuhan yang hadir. Pada kesempatan tersebut, YLSA menyampaikan seminar mengenai Pelayanan Digital untuk Generasi Digital yang dilanjutkan dengan pelatihan #Ayo_PA! YLSA. Selain itu, YLSA juga membuka booth SABDA di sana. Laporan lengkap mengenai kegiatan tersebut dapat Sahabat dan Pendukung YLSA simak dalam kolom Mengenal YLSA dan Suara Sahabat YLSA. Mohon dukungan doanya agar materi maupun pelatihan yang diberikan kepada peserta dapat menolong mereka untuk belajar firman Tuhan dan menggunakan gawai mereka untuk kemuliaan Tuhan.

3. Diskusi Daring dari YLSA Melalui Grup Facebook Periode April 2018

Pada April 2018, tim Pembinaan YLSA akan melangsungkan diskusi di Grup Facebook e-Doa. Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kaitan antara doa, iman, dan keselamatan orang-orang yang sedang bergumul dengan sakitnya, mari bergabung bersama kami dalam diskusi yang akan dimulai pada 23 April 2018. Untuk bergabung, segera daftarkan diri Anda ke Admin Grup FB e-Doa. Admin akan mengirimkan formulir pendaftaran yang perlu Anda isi sebagai kelengkapan pendaftaran menjadi peserta diskusi. Tim Penjangkauan YLSA melalui bidang kepemimpinan Kristen dan konseling Kristen juga akan mengadakan diskusi daring. Diskusi ini terbuka bagi semua orang yang akan atau telah menjadi pemimpin, dan bagi Anda yang rindu diperlengkapi untuk pelayanan konseling. Diskusi kepemimpinan Kristen akan dilangsungkan di Grup Facebook Kepemimpinan Kristen pada 16 -- 27 April 2018, sedangkan diskusi konseling Kristen akan dilangsungkan di Grup Facebook e-Konsel pada 23 April - 4 Mei 2018. Kami mengajak Anda untuk terlibat dalam diskusi ini. Silakan mendaftar di leadership@sabda.org atau konsel@sabda.org. Mohon dukungan doanya agar Tuhan Yesus menolong tim Pembinaan dan tim Penjangkauan untuk mempersiapkan kelas-kelas ini sehingga peserta bisa dilayani dengan baik.

4. Tim Pembinaan Mempersiapkan Bahan untuk Penerbitan Publikasi 40 Hari Doa

40 Hari Doa

Pada Maret ini, tim Pembinaan YLSA sedang mempersiapkan materi-materi untuk publikasi 40 Hari Doa 2018, yang berisi pokok-pokok doa bagi saudara-saudara kita yang akan menyambut bulan Ramadan 2018. Publikasi ini akan diterbitkan pada 5 Mei -- 15 Juni 2018. Untuk mendapatkan edisi publikasi 40 Hari Doa, Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mendaftar ke redaksi e-Doa. Dukung YLSA -- tim Pembinaan -- dalam doa, khususnya redaksi e-Doa agar dapat mempersiapkan publikasi ini dengan hikmat dan sukacita dari Tuhan.

1. Perkembangan Pengerjaan Proyek AYT Januari 2018

Logo AYT

Puji Tuhan! Sejak Januari 2018, Tuhan Yesus terus menolong kami untuk berfokus mengerjakan proyek AYT. Sampai akhir Januari yang lalu, tim AYT telah menyelesaikan pengeditan PL sebanyak 12 kitab sampai pada tahap baca cepat. Kitab-kitab yang sudah diedit oleh tim editor diserahkan kepada tim selanjutnya untuk dibaca dengan teliti setiap ayatnya secara cepat dan bersuara untuk mengetahui apakah teks sudah mudah dibaca dan mudah didengar. Tahap berikutnya adalah mengoreksi masukan-masukan dari tim pembaca cepat. Pada saat yang bersamaan, tim ITS telah melakukan pembaruan teks AYT PL di situs Alkitab SABDA, Alkitab Mobi, dan aplikasi Alkitab Yang Terbuka. Bersyukur atas kemajuan yang dicapai hingga Januari 2018. Kitab-kitab PL lainnya yang masih sedang dikerjakan berjumlah 12 kitab. Target kami, pada Maret 2018, seluruh kitab dapat selesai diedit. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA semua. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai setiap langkah kami.

2. Tim ITS YLSA Mengerjakan Proyek Interlinear untuk AYT dan Alkitab Bahasa India

Salah satu proyek penting yang dikerjakan YLSA sehubungan dengan proyek AYT adalah proyek Interlinear. Proyek ini memungkinkan setiap ayat dan setiap kata yang ada di dalam ayat tersebut dapat dibandingkan secara otomatis dengan bahasa aslinya (Ibrani/Yunani). Selain proyek Interlinear Alkitab berbahasa Indonesia, tim ITS YLSA juga sedang mengerjakan proyek Interlinear yang akan digunakan untuk pengecekan penerjemahan Alkitab dalam 12 bahasa utama India. Di samping itu, kami juga menolong mempersiapkan platform digital Alkitab untuk bahasa-bahasa di India tersebut. Mohon dukungan doa agar kerja sama ini berjalan dengan lancar dan IT 4 God juga diwujudkan di seluruh dunia. Kiranya nama Tuhan dimuliakan.

3. Diskusi Daring dan Bahan-Bahan Paskah dari Tim Pembinaan YLSA

Situs Paskah

Pada Maret 2018, tim Pembinaan YLSA akan membuka diskusi grup daring bertema Paskah melalui Grup Facebook Teologi Reformed. Jika Anda tertarik untuk mengikuti diskusi yang bahannya bersumber dari artikel pengajaran Reformed ini, silakan mengontak redaksi e-Reformed melalui email dan mengisi formulir yang akan dikirimkan. Selain itu, pada bulan Maret, kami juga akan menerbitkan edisi perdana Majalah Publikasi Tim Pembinaan dengan tema Paskah. Jika Anda ingin mendapatkan majalah tersebut, silakan mengontak kami melalui email kepada redaksi. Jangan lupa, kunjungi Situs Paskah Indonesia untuk mendapatkan berbagai bahan Paskah terbaik dari kami. Kiranya para Sahabat semakin memaknai Paskah tahun ini dengan hikmat dan ucapan syukur.

4. Staf Magang dan Staf Masa Percobaan di YLSA

Staf Baru dan Magang

Pada Januari -- Februari 2018, YLSA menerima dua orang staf magang, yaitu Yoel dari UKSW Salatiga (Penerjemah bahasa Inggris) dan Nehemia dari SMK Bina Karya Karanganyar. Selain itu, kami juga sedang memberikan orientasi kepada staf masa percobaan, yaitu Lena dan Rode. Kiranya Tuhan Yesus menolong mereka untuk memiliki visi dari Tuhan dan motivasi pelayanan yang berkenan kepada Tuhan. Amin.

1. Staf YLSA Berfokus Mengerjakan Proyek Alkitab Yang Terbuka

Pengerjaan AYT

Sebagai hasil pergumulan bersama dalam Rapat Kerja YLSA pada Desember 2017, maka pada awal 2018, seluruh staf YLSA berjibaku untuk mengerjakan proyek AYT, khususnya penyuntingan teks Perjanjian Lama untuk tahap alpha, penyuntingan teknis teks Perjanjian Baru tahap release candidate, dan rencana menyiapkan infrastruktur ekosistem AYT.co. Kami menargetkan pada kuartal I/2018, seluruh proses editing terjemahan ini dapat diselesaikan sehingga dapat dilanjutkan untuk tahap-tahap berikutnya. Mohon dukungan doa para Sahabat dan Pendukung YLSA semuanya.

2. Tim ITS YLSA Mengerjakan Proyek Alkitab SABDA Multiversi untuk iOS

Alkitab Multiversi

Pada Oktober 2017, tim ITS telah menyelesaikan dan merilis aplikasi Renungan Oswald Chambers (ROC) untuk iOS. Proyek yang akan menyusul selanjutnya adalah aplikasi Alkitab, mengingat banyak pengguna iOS yang menanyakannya. Untuk itu, tim ITS YLSA mulai mengerjakan Alkitab SABDA Multiversi untuk iOS sejak kuartal IV 2017 yang lalu. Saat ini, pemrosesan data sudah selesai dilakukan dan segala kelengkapan untuk mengunggahnya ke App Store sedang dipersiapkan. Dalam Alkitab SABDA versi iOS saat ini, pengguna akan mendapatkan empat versi terjemahan Alkitab, yaitu Alkitab Yang Terbuka (AYT), Terjemahan Baru, Modified Indonesian Literal Translation (MILT), dan BIS (Bahasa Indonesia Sehari-hari). Ke depannya, versi-versi terjemahan Alkitab yang lain dan fitur-fitur di dalamnya akan terus ditambahkan. Mohon dukungan doa agar Alkitab SABDA versi iOS ini segera diluncurkan pada Februari 2018 ini.

3. Aplikasi Android untuk Saat Teduh Harian dari YLSA

ROC PSM

Memasuki tahun yang baru ini, tim Pembinaan YLSA mengajak Sahabat dan Pendukung YLSA untuk makin giat melakukan saat teduh bersama Tuhan setiap hari. Dengan memanfaatkan teknologi aplikasi, YLSA telah membuat dua aplikasi renungan untuk Android, yaitu e-Renungan Harian Pagi, Siang, Malam (e-RH PSM) dan Renungan Oswald Chambers (ROC). Keduanya dapat diunduh melalui Play Store. Dengan dua aplikasi dalam gawai kita ini, kita dapat bersaat teduh secara pribadi atau berkelompok untuk semakin memahami kasih dan kehendak Allah dalam firman-Nya, kapan saja dan di mana saja. Anda juga dapat bergabung dalam komunitas diskusi e-RH di Facebook untuk dapat sama-sama belajar, berdiskusi, dan bertumbuh dengan saudara-saudara seiman dalam Kristus. Mari kita jalani 2018 ini dalam relasi yang erat dengan Allah dan sesama.

4. Dukungan Doa untuk Ibu Yulia Oeniyati

Beberapa waktu yang lalu, Ketua YLSA, Ibu Yulia Oeniyati, mengalami gangguan kesehatan. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar Tuhan Yesus semakin memulihkan kesehatan Ibu Yulia. Terima kasih atas dukungannya, Tuhan Yesus memberkati.

1. YLSA Menyelenggarakan Rapat Kerja 2017/2018

Rapat Kerja YLSA

Bersyukur kepada Tuhan Yesus karena pada 12 -- 13 Desember 2017, pemimpin dan seluruh staf YLSA melaksanakan rapat kerja untuk mengevaluasi hasil pelayanan 2017 dan menyusun rencana untuk 2018. Selama tahun 2017 ini, banyak pencapaian yang berhasil diraih walaupun ada juga beberapa kegagalan yang masih harus dibenahi. Di tengah kesulitan dan kepadatan jadwal, dan kurangnya SDM, sungguh luar biasa tangan Tuhan bekerja menyertai kami. Saat persiapan raker, saat kami membicarakan berbagai proyek tahun depan, pemimpin dan seluruh staf YLSA bersatu hati ingin bersama-sama mendedikasikan kuartal I 2018 untuk menyelesaikan proyek Alkitab Yang Terbuka (AYT), terutama teks Perjanjian Lama. Hal itu berarti akan ada banyak penyesuaian karena selain proyek AYT ada pekerjaan rutin yang masih harus dikerjakan. Karena itu, doakan agar kami bisa mengatur waktu dengan baik sehingga semua tim pelayanan bisa bekerja sama mengerjakan semua tugas dengan baik. Pada saat ini, kami sudah membuat rencana yang cukup fleksibel dan pada Januari 2018 kuartal I dengan fokus mengerjakan editing AYT PL. Dukungan sahabat dan pendukung YLSA sangat berharga bagi kami. Biarlah masing-masing kita mengerjakan bagian tugas yang Tuhan percayakan supaya nama Tuhan dimuliakan.

2. Perkembangan Proyek Media Alkitab dari Divisi ITS

AlkiMEDIA

Salah satu proyek yang sedang dikembangkan oleh divisi ITS Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah proyek AlkiMEDIA. Proyek ini sebenarnya mulai dikerjakan pada Oktober 2017 dalam acara Hackathon C4TK di Jakarta, yang menghasilkan prototype yang sangat menjanjikan. Dan, untuk rencana 2018, YLSA berencana melanjutkan mengembangkan proyek AlkiMEDIA untuk menjadi aplikasi yang bisa dipakai secara umum oleh masyarakat Kristen Indonesia. AlkiMEDIA adalah aplikasi pembelajaran Alkitab berbasis media yang akan menolong pengguna mengakses bahan-bahan Alkitab multimedia (berupa audio, video, gambar, dsb.) dalam melakukan penggalian Alkitab sehingga pengalaman menggali Alkitab menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Kami sungguh berharap proyek ini dapat selesai tahun depan. Kendala pertama adalah kurangnya SDM. Kendala kedua, data yang harus diproses sangat banyak dan semua itu perlu dikerjakan secara teliti dan disusun secara sistematis. Selain itu, tim ITS juga perlu memikirkan dan merancang antarmuka yang ramah pengguna agar aplikasi ini dapat dioperasikan dengan mudah oleh siapa saja, termasuk pengguna usia menengah ke atas. Karena itu, mohon dukungan doa dari para Sahabat dan Pendukung YLSA agar Tuhan menolong tim ITS YLSA mengatasi kesulitan-kesulitan yang ada sehingga aplikasi ini dapat segera dipakai. Liputan lengkap mengenai proyek AlkiMEDIA dapat dibaca di situs Apps4GOD.

3. YLSA Membangun Infrastruktur Pusat Konseling Alkitabiah Digital Indonesia

HE Cares

Bidang konseling sangat efektif untuk menjangkau orang-orang supaya mengenal Kristus dan firman-Nya. Karena itu, di bawah naungan Yayasan Lembaga SABDA, bidang konseling akan digarap lebih mendalam dengan mengintegrasikan semua bahan dan infrastruktur yang sudah tersedia, seperti situs-situs, artikel-artikel, multimedia, komunitas, maupun mitra-mitra yang selama ini sudah bekerja sama dengan kami. Baru-baru ini, YLSA juga meluncurkan aplikasi Konseling (HE Cares) versi Beta. Aplikasi ini menyediakan ribuan bahan konseling alkitabiah, yang terbagi ke dalam seratus lebih topik. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat mengunduhnya melalui Play Store. Harapan kami, semua bahan dan infrastruktur tersebut semakin menolong orang-orang yang memerlukan konseling, para konselor Kristen, dan masyarakat Kristen pada umumnya. Pada saat ini, kami sedang mematangkan konsep untuk bisa mengatur setiap hal terkait konseling digital Kristen yang sudah dimulai YLSA sejak 2001. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian.

4. Bahan-Bahan dalam Jalur Baru dari Tim Pendidikan Kristen YLSA

Tim PK

Tim Pendidikan Kristen YLSA bersyukur kepada Tuhan Yesus karena menjelang akhir 2017 ini kami dapat meluncurkan beberapa bahan melalui jalur baru. Yang pertama adalah infografis "Tujuh Alasan Melakukan PA". Melalui infografis yang menarik ini, kami berharap anak-anak Tuhan terdorong untuk melakukan pendalaman Alkitab (PA) karena mereka tahu pentingnya PA bagi pertumbuhan iman mereka. Jalur baru yang kedua adalah materi power point "Tujuh Hukum Mengajar". Melalui materi ini, kami rindu para pendidik Kristen, baik itu orangtua, guru Kristen, guru sekolah minggu, maupun hamba Tuhan, dapat mengetahui perbedaan prinsip proses belajar mengajar secara umum dan secara Kristen. Materi power point ini dapat Anda akses melalui Slideshare maupun Pinterest SABDA. Kiranya menjadi berkat bagi para Sahabat dan Pendukung YLSA.

1. YLSA Mengikuti Code for the Kingdom Jakarta 2017

Tim SABDA dalam C4TK 2017

Pada 20 -- 22 Oktober 2017, tim YLSA kembali mengikuti kegiatan tahunan Code for the Kingdom (C4TK) di Jakarta. C4TK adalah ajang yang mempertemukan orang-orang yang pakar atau tertarik dengan teknologi untuk membuat aplikasi atau alat yang berdampak bagi perluasan Kerajaan Allah. Pada kesempatan ini, YLSA mengusung dua proyek aplikasi, yaitu aplikasi Konseling (HE Cares) dan AlkiMEDIA. Puji Tuhan! Aplikasi Konseling (HE Cares) mendapat dua penghargaan sekaligus, yaitu Best Overall before Hackathon dan People's Choice. Bersyukur karena saat ini Aplikasi Konseling (HE Cares) sudah dapat diunduh melalui Play Store. Silakan Sahabat dan Pendukung YLSA mengunduhnya dan memberikan masukan demi pengembangan selanjutnya. Kiranya tim ITS dapat segera menyelesaikan aplikasi AlkiMEDIA pada tahun ini. Liputan selengkapnya mengenai C4TK 2017 dapat Anda lihat dalam publikasi IT-4-GOD Edisi 18/Oktober 2017.

2. Staf YLSA Mempersiapkan Laporan 2017 dan Rencana Kerja 2018

Pada 11 -- 12 Desember 2017, YLSA berencana akan mengadakan rapat kerja (raker). Pada saat ini, semua tim sedang mempersiapkan laporan kerja 2017 dan rencana kerja 2018. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA sekalian agar Tuhan menuntun setiap tim mengerjakan persiapan raker dengan baik. Kiranya Tuhan menolong kami melakukan evaluasi kerja dengan baik dan melihat terobosan-terobosan baru untuk pelayanan tahun depan. Doakan juga supaya Tuhan mengirim orang-orang baru untuk memperkuat tim yang ada sehingga semakin banyak pelayanan bisa dikerjakan.

3. Bahan-Bahan Natal dari YLSA

Situs Natal Indonesia

Untuk menyambut Natal 2017, tim Pembinaan bekerja sama dengan tim YLSA lainnya telah menyiapkan bahan-bahan Natal yang menarik dan bermutu bagi masyarakat Kristen Indonesia. Berbagai bahan berupa artikel, renungan, puisi, tip, naskah drama, cerpen, dan sebagainya sudah tersedia di Situs Natal Indonesia untuk memperlengkapi pelayanan Natal Anda. Kami juga menyiapkan bahan-bahan multimedia berupa video Natal, gambar quote, GIF Natal, bahan-bahan audio Natal, dan sebagainya yang dapat diakses melalui channel YouTube, komunitas Natal, atau SABDA Bot. Mari merayakan Natal tahun 2017 ini dengan membagikan bahan-bahan Natal kepada komunitas pelayanan dan rekan-rekan Anda. Jadikan Natal tahun ini menjadi ibadah yang bermakna dan memuliakan Tuhan.

4. Kegiatan Tim Pendidikan Kristen (PK) YLSA Menjelang Akhir Tahun 2017

Tim PK

Tim PK YLSA pada November 2017 ini bersiap merampungkan program-program kerja 2017. Selain pelayanan rutin, tim PK juga akan menyelenggaraan 2 pelayanan khusus, yaitu kelas Natal PESTA daring yang dimulai pada 16 November 2017 dan roadshow mini pada 10 November 2017 dengan materi "Anak di Mata Allah" pada persekutuan pemuda/mahasiswa teologi di Gereja Kristen Alkitab Indonesia Betlehem, Karanganyar. Mohon dukungan doanya agar tim PK dapat menyelesaikan seluruh program 2017 dengan baik dalam pertolongan Tuhan. Kiranya Tuhan memakai pelayanan khusus ini untuk menolong peserta semakin mengenal makna Natal dan giat melayani anak-anak yang dipercayakan Tuhan.

1. Merayakan Kebaikan Tuhan Selama 23 Tahun Pelayanan YLSA

TED AP

Pada 2 Oktober 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mengadakan presentasi dan diskusi Alkitab Pintar dalam rangka HUT yang ke-23. Dalam acara ini, seluruh peserta yang hadir dapat melihat karya Tuhan sejak 1994 agar teknologi terbaru dapat menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan. Dalam kolom Mengenal YLSA, Anda dapat melihat lebih lengkap penjelasan tentang Alkitab Pintar yang selama ini dikerjakan oleh YLSA. Terima kasih banyak atas kehadiran serta dukungan Sahabat dan Pendukung YLSA sehingga acara ini berjalan dengan lancar.

2. YLSA Meresmikan AYT Center

Peresmian AYT Centre

Salah satu acara istimewa dalam ulang tahun YLSA pada 2 Oktober 2017 adalah peresmian kantor Alkitab Yang Terbuka -- AYT Center. Syukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan-Nya ini. Kiranya dengan AYT Center, proyek pengerjaan teks dan pengembangan ekosistem AYT makin maju dan jadi berkat bagi setiap orang percaya. Kami juga rindu Sahabat dan Pendukung YLSA "berkunjung" ke AYT Center melalui vlog Persemian Kantor AYT Center. Mohon terus dukungan doa dari Anda untuk proyek AYT ini. Terima kasih.

3. YLSA Meluncurkan Wajah Baru Situs YLSA.org

YLSA.Org

Salah satu rencana yang ingin dicapai oleh YLSA pada tahun ini adalah melakukan pemutakhiran terhadap situs YLSA.org. Puji Tuhan! Bertepatan dengan ulang tahun yang ke-23, keinginan itu dapat direalisasikan. Pada saat ini, situs YLSA.org sudah diluncurkan, dan silakan berkunjung dan melihat wajah baru situs YLSA.org. Kiranya dengan teknologi dan tampilan yang baru, setiap pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai pelayanan YLSA dengan mudah dan semakin terlibat mendukungnya.

4. YLSA Meluncurkan Aplikasi Versi iOS Perdana

ROC

Kabar gembira! YLSA akhirnya meluncurkan aplikasi perdana untuk versi iOS, yaitu Renungan Oswald Chambers (ROC). Anda dapat mengunduhnya melalui Apps Store. Mohon dukungan doa agar Tuhan memakai aplikasi ini untuk membawa setiap pembacanya makin menikmati firman-Nya. Selanjutnya, tim ITS YLSA akan mengerjakan App iOS Alkitab multiversi. Doakan agar proyek ini dapat dikerjakan dengan baik, dalam perlindungan dan hikmat Tuhan.

5. Tim ITS Menyelesaikan Enam DVD Media Alkitab

DVD MEDIA

Satu persembahan lagi dari YLSA untuk masyarakat Kristen Indonesia, yaitu enam DVD berisi bahan-bahan media biblika. Keenam DVD tersebut adalah Alkitab Suara, The Bible Project -- Alkitab Proyek Indonesia, Video Alkitab Gambar PL, Video Alkitab Gambar PB, Sekolah Alkitab Audio, dan Tafsiran Audio Kebenaran Abadi. Doakan agar DVD-DVD ini menolong generasi digital untuk makin mencintai firman Tuhan dan belajar Alkitab dengan smart. Jika Sahabat dan Pendukung YLSA ingin mendapatkan DVD-DVD tersebut, silakan menghubungi kami di ylsa@sabda.org.

6. Tim Penjangkauan Menyelenggarakan Diskusi Online Konseling

Pada 23 Oktober -- 6 November 2017, tim Penjangkauan akan melangsungkan diskusi di Facebook Grup e-Konsel yang membahas artikel berjudul Tip-Tip Alkitabiah tentang Anugerah bagi Pertumbuhan Iman Kristen Konseli. Kiranya melalui diskusi konseling ini, peserta bertambah wawasannya dan makin diperlengkapi dalam pelayanan konseling alkitabiah. Apakah Anda berminat untuk mengikutinya? Bergabunglah dalam grup ini dengan menghubungi admin. Mohon dukungan doa agar pelayanan ini menjadi berkat bagi peserta.

7. Tim Pembinaan Menyambut 500 Tahun Reformasi

500 Tahun Reformasi

Sehubungan dengan peringatan 500 tahun Reformasi, tim Pembinaan YLSA akan membuka Facebook Grup Teologi Reformed yang akan mendiskusikan artikel Alkitab dan Reformasi. Rencananya, diskusi ini akan berjalan selama dua minggu, mulai akhir Oktober 2017, dengan target 20 peserta. Kiranya Tuhan menolong jalannya diskusi ini sehingga setiap peserta mendapatkan berkat dan wawasan baru. Selain itu, publikasi e-Reformed juga akan menerbitkan edisi khusus berjudul Mengenang Reformasi. Dapatkan edisi khususnya dengan mendaftar menjadi pelanggan publikasi e-Reformed. Mari kita rayakan momen 500 tahun Reformasi Gereja dengan hati yang terus mencintai firman Allah serta kebenaran-Nya. Soli Deo Gloria!

1. Menjelang Peringatan Ulang Tahun ke-23 YLSA

TED AP

Oktober 2017 akan menjadi bulan yang istimewa bagi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) karena akan memasuki usia yang ke-23 tahun. Berbagai persiapan untuk merayakan tengah dilakukan. Seperti biasa, YLSA akan merayakannya dengan "pesta ucapan syukur" kepada Tuhan. Bentuk-bentuk ucapan syukur tersebut akan kami wujudkan antara lain dengan meluncurkan produk baru DVD Media SABDA, aplikasi iOS untuk ROC, update aplikasi Tafsiran Matthew Henry (TMH) Perjanjian Baru, meresmikan kantor Alkitab Yang Terbuka, dan menyelenggarakan +TED "Alkitab Pintar" pada 2 Oktober 2017. Kiranya Tuhan menolong kami agar dapat mengerjakannya dengan sederhana, tetapi penuh dengan sukacita. Tidak lupa, kami mengundang Sahabat dan Pendukung YLSA untuk hadir dalam acara ulang tahun SABDA pada 2 Oktober 2017. Silakan hubungi kami di ylsa@sabda.org untuk informasi lebih lanjut. Mari bersama-sama kita merayakan kebaikan Tuhan!

2. Staf Magang Fakultas Bahasa dan Sastra UKSW

Magang UKSW

Pada 4 September -- 2 November 2017, lima orang mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Kristen Satya Wacana (FBS UKSW) selama dua bulan akan melakukan kerja magang di YLSA. Kami mengucapkan selamat bergabung untuk Ryan, Manda, Lidya, Jessica, dan Dita. Selama dua bulan, mereka akan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dan belajar melayani Tuhan sesuai dengan talenta mereka untuk mewujudkan visi IT4GOD. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung SABDA agar Tuhan menolong kelima staf magang ini untuk dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebaik mungkin dan bertumbuh dalam iman selama melayani di YLSA.

3. Ucapan Syukur 18 Tahun Pelayanan Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam

Ulang Tahun PESTA

Kami bersyukur kepada Tuhan karena pada Agustus 2017, pelayanan Pendidikan Elektronik Studi Teologi untuk Awam (PESTA) memasuki tahun yang ke-18. Seiring dengan berjalannya waktu, sistem pelayanan PESTA juga dipacu maju dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada; seperti sistem belajar dengan moodle e-Learning PESTA, sertifikat digital, e-book modul-modul PESTA, dan kelas diskusi melalui media sosial. Mari kita bergandengan tangan untuk bersama-sama berdoa dan mengambil peran dalam pelayanan PESTA. Mohon doakan agar Tuhan mengutus pekerja-pekerja-Nya untuk melayani dan menggembalakan jemaat peserta PESTA. Kiranya Tuhan juga menolong lebih banyak jemaat awam untuk menemukan PESTA dan bersama-sama belajar bertumbuh melalui kelas-kelas PESTA. Harapan kami, semakin banyak orang Kristen awam dididik, dibina, dan digembalakan dengan pendidikan teologi yang setia kepada Alkitab supaya mereka bertumbuh dalam kebenaran iman Kristen.

4. Belajar, Bertumbuh, dan Berkarya bagi Tuhan Bersama Tim Penjangkauan YLSA

Klub KBS

Salah satu bentuk pelayanan tim Penjangkauan (PJ) yang menolong orang percaya aktif belajar adalah pelayanan diskusi online yang diadakan secara berkala. Melalui diskusi ini, setiap peserta akan menerima bahan, baik berupa artikel untuk dibaca bersama-sama maupun buku. Nah, dalam waktu dekat ini, tim PJ akan membuka kembali klub diskusi online untuk membedah buku The Hole in Our Holiness karya Kevin DeYoung. Kami berharap pelayanan ini dapat memberi kesegaran baru bagi orang-orang percaya yang rindu belajar dan bertumbuh bersama dalam Tuhan. Selain diskusi buku, ada juga yang menggunakan artikel sebagai bahan diskusi. Jika para Sahabat tertarik, pada Oktober mendatang kami juga akan membuka diskusi konseling. Jika berminat, Anda dapat menghubungi kami. Mohon dukungan doanya agar pelayanan ini bisa berlangsung dengan lancar, menjadi berkat, dan berdampak baik bagi kehidupan rohani setiap peserta.

5. Tim Pelayanan YLSA Mempersiapkan Tema Publikasi 2018

Literatur Kristen telah menjadi salah satu media yang Tuhan pakai untuk menggemakan Kabar Baik supaya banyak orang boleh mengenal kasih-Nya dan bertumbuh dalam Dia. Berangkat dari pelajaran ini, YLSA dengan setia, selama hampir 20 tahun, menerbitkan berbagai bahan-bahan literatur Kristen dari berbagai bidang pelayanan untuk disebarkan kepada masyarakat Kristen Indonesia, di antaranya: e-BinaAnak, publikasi untuk bidang pelayanan sekolah minggu; publikasi e-Konsel, untuk bidang pelayanan konseling, dll.. Setiap publikasi, setiap tahun, dirancang untuk membahas tema-tema tertentu. Pada September, biasanya masing-masing bidang pelayanan akan merancang tema-tema untuk tahun berikutnya. Oleh karena itu, kami mohon dukungan para Sahabat untuk berdoa bagi persiapan tema-tema bahan publikasi yang akan ditentukan untuk tahun 2018. Kiranya Tuhan memberikan hikmat kepada seluruh redaksi publikasi sehingga tema-tema yang kami pilih untuk 2018 dapat sesuai dengan kebutuhan rohani masyarakat Kristen Indonesia. Terutama doakan agar kami memiliki kepekaan menangkap kehendak Tuhan bagi pelayanan literatur YLSA.

1. Roadshow SABDA ke USA

#Ayo_PA! USA

Pada Juli 2017, Tuhan memberikan kesempatan yang luar biasa kepada tim SABDA untuk mengadakan roadshow di luar Indonesia, tepatnya di wilayah Los Angeles (LA), Amerika Serikat. Dalam catatan kami, ada sembilan kali pelayanan yang dilakukan sejak 8 -- 15 Juli 2017 di beberapa persekutuan GII Hok Im Tong LA, GKI LA, GBI Asuza, dan LSI. Selain sharing tentang pelayanan YLSA, pelatihan #Ayo_PA!, dan Software SABDA, kami juga memberikan seminar, khotbah, presentasi bahan-bahan audio SABDA dan juga DVD Library Anak. Kami bersyukur karena banyak jemaat Indonesia di LA mendapat berkat dari pelayanan ini dan mendorong mereka untuk semakin giat belajar firman Tuhan dengan teknologi dan bahan-bahan digital yang ada. Kiranya nama Tuhan dimuliakan.

2. YLSA Menyelenggarakan +TED @SABDA: Pemuridan Abad 21

Foto TED Pemuridan

Pada 4 Agustus 2017, YLSA kembali menyelenggarakan +TED @SABDA dengan tema yang sangat menarik, yaitu "Pemuridan Abad 21". Kami bersyukur karena acara ini berjalan dengan lancar dan dihadiri kurang lebih 100 peserta. Hal yang membahagiakan adalah sebagian besar peserta adalah generasi muda dan tidak sedikit yang datang dari luar kota. Dari testimoni yang disampaikan, peserta mendapat berkat dari tujuh presentasi yang disampaikan dalam +TED kali ini. Doakan agar Tuhan menolong semua peserta untuk berkomitmen terlibat dalam pemuridan, baik di gereja maupun kampus mereka. Cerita lengkap mengenai acara ini dapat disimak dalam kolom Mengenal YLSA dan kesaksian beberapa peserta dapat dibaca dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

3. Tim Penjangkauan YLSA Menyelenggarakan Lomba Vlog SABDA Space

Vlog SABDASpace

Dalam rangka ulang tahun komunitas blogger Kristen SABDA Space (SS) ke-10, maka selama Agustus ini Panitia SS mengadakan lomba vlog bertema "Masa Depan Blog (Menurut Blogger)" -- Apa dampaknya bagi masyarakat Kristen? Kami berharap lomba ini bisa menjadi kesempatan bagi para blogger Kristen untuk membagikan video berdurasi maksimal 3 menit tentang tema yang diberikan. Dengan gembira, kami mengundang para blogger untuk menjadi bagian dari komunitas SS dan terlibat dalam lomba ini. Selamat berpartisipasi.

4. Tim Pembinaan YLSA Membuka Diskusi Daring Facebook Grup Doa

Pada Agustus 2017, Tim Pembinaan kembali membuka diskusi daring di Facebook (FB) Grup Doa. Dengan tema "Doa Pertobatan Daud", diskusi ini diharapkan membuka wacana setiap peserta mengenai aspek pertobatan serta pemulihan dalam Tuhan melalui doa. Mari dukung dalam doa agar melalui diskusi ini peserta terdorong untuk memiliki kedewasaan rohani yang semakin matang dalam doa dan pelayanan doa. Anda juga dapat bergabung menjadi anggota komunitas doa kami di Fan page e-Doa, Twitter @sabdadoa, dan FB Grup diskusi Doa, dan menjadi bagian dari pendoa-pendoa bagi setiap orang percaya dan gereja Tuhan, di mana pun Tuhan tempatkan.

1. Tim ITS Mengembangkan Aplikasi Berbasis iOS

Logo iOS

Setelah melakukan banyak pengembangan aplikasi berbasis Android, pada akhir semester I/2017 ini, tim ITS mulai mengembangkan aplikasi berbasis iOS. Sebagian aplikasi Android SABDA dikembangkan dengan menggunakan Scripture App Builder (SAB). Versi SAB terbaru saat ini sudah dibuat untuk pengembangan aplikasi berbasis iOS. Aplikasi pertama yang dikembangkan untuk purwarupa aplikasi iOS adalah bahan Renungan Oswald Chambers (ROC). Mohon dukungan doa agar proyek ini dapat segera menyusul proyek-proyek yang lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kristen Indonesia pengguna iOS.

2. Ulang Tahun SABDA Space ke-10

Bulan Juli menjadi awal pelayanan semester II tim Penjangkauan dan menjadi bulan sibuk, khususnya untuk tim pengelola komunitas blogger Kristen SABDA Space (SS). Pasalnya, SABDA Space akan merayakan ulang tahun ke-10 pada 31 Juli mendatang. Pada ulang tahun sebelumnya, kami pernah mengadakan acara kopi darat (kopdar), lomba menulis puisi, lomba blog, situs SS berpenampilan baru, dsb.. Sesuai dengan perkembangan tren-tren teknologi, maka pada ulang tahun kali ini, panitia menetapkan untuk mengadakan lomba vlog bagi para blogger SS. Kami berharap pada usia yang semakin banyak ini, semakin banyak pula blogger Kristen yang rindu menjangkau jiwa-jiwa bagi Tuhan melalui karya mereka. Karena itu, ikutilah kabar selengkapnya di situs SABDA Space dan bergabunglah untuk mendukung acara ulang tahun SS ini. Melalui doa, panjatkanlah permohonan agar komunitas SS semakin efektif bagi kepentingan Injil-Nya.

3. Aplikasi Android dari Tim Pembinaan YLSA

Aplikasi Android Tim Pembinaan

Tim Pembinaan YLSA memiliki beberapa aplikasi kristiani yang akan memperlengkapi kehidupan rohani masyarakat Kristen Indonesia, yaitu Aplikasi Renungan PSM (Pagi, Siang, Malam), Renungan Oswald Chambers, Pokok Doa Operation World, dan Cerita Injil Audio. Keterangan lengkap mengenai keempat aplikasi ini dan bagaimana mendapatkannya dapat dilihat dalam situs android.sabda.org. Empat aplikasi yang berisi bahan-bahan alkitabiah dan bermutu ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu-waktu teduh kita. Mari, dukung dalam doa untuk pemanfaatan keempat aplikasi ini bagi kehidupan rohani masyarakat Kristen Indonesia supaya dapat menjadi sarana pembinaan bagi perkembangan Kerajaan Allah. Silakan bagikan informasi tentang keempat aplikasi ini kepada rekan-rekan dan kenalan Anda sehingga semakin banyak orang percaya bersekutu dengan firman Tuhan dengan memakai gawai mereka.

4. Tim Pendidikan Kristen YLSA Menyelenggarakan +TED @SABDA

TED Pemuridan Abad 21

Acara +TED @SABDA telah menjadi acara rutin YLSA setiap 3 bulan sekali sejak Januari 2017. Pada 4 Agustus 2017, YLSA akan kembali menyelenggarakan +TED @SABDA dengan tema "Pemuridan Abad 21". Melalui tema ini, kami berharap peserta yang hadir akan semakin memahami pentingnya pelayanan pemuridan yang alkitabiah, khususnya pada abad ke-21 ini. Topik-topik seputar tema ini akan disampaikan oleh tujuh presentator yang menggeluti pelayanan pemuridan. Bagi sahabat dan pendukung YLSA yang tertarik untuk hadir dan berpartisipasi, silakan menghubungi kami melalui WA/Telegram di 08812979100. Silakan ajak juga teman-teman Anda yang tinggal di Solo untuk hadir. Kami tunggu kehadiran Anda.

  1. YLSA Mengadakan Raker Tengah Tahun 2017

    Raker Mini 2017

    Pada 7 dan 8 Juni 2017, seluruh staf Yayasan Lembaga SABDA mengikuti rapat kerja (Raker) tengah tahun untuk membahas laporan pelayanan semester I dan rencana pelayanan semester II. Beberapa highlight keberhasilan di antaranya diluncurkannya aplikasi Publikasi SABDA, Software SABDA 5, publikasi PA21, situs moodle untuk PESTA, penerjemahan subtitle video The Bible Project, berbagai diskusi online melalui Facebook Group dari tim pelayanan, dan roadshow-roadshow SABDA di luar Pulau Jawa. Harapan kami, laporan dan evaluasi kerja yang disampaikan dapat mendorong masing-masing tim pelayanan untuk merencanakan dan mengatur strategi pelayanan yang lebih optimal pada semester berikutnya. Kiranya segala keberhasilan semester ini diberkati oleh Tuhan dan menjadi keharuman bagi nama Tuhan.

  2. Roadshow SABDA di GKI Ngupasan, Yogyakarta

    Roadshow GKI Ngupasan

    Kesempatan pelayanan di luar kota terus Tuhan berikan kepada SABDA. Ketua YLSA, Yulia Oeniyati, diundang untuk 4 kali menyampaikan firman Tuhan dalam ibadah Sabtu dan Minggu di Gereja Kristen Indonesia Ngupasan (GKIN) pada 13 -- 14 Mei 2017. Pada kesempatan yang sama, pada Minggu siang, tim #Ayo_PA! YLSA juga diundang untuk menyampaikan pelatihan PA dengan menggunakan gadget kepada 50 peserta remaja GKI Ngupasan, Yogyakarta. Kiranya seluruh pelayanan yang diberikan membawa jemaat GKI Ngupasan semakin memaknai arti mengikut Tuhan dan giat belajar firman Tuhan, khususnya dengan gadget (gawai). Kami memohon kepada Tuhan agar semakin banyak anak muda yang rindu memanfaatkan gawainya untuk memuliakan Tuhan.

    Cerita selengkapnya mengenai pelayanan di GKI Ngupasan dapat Anda baca dalam situs Blog SABDA, Kunjungan SABDA ke Kota Pelajar (GKI Ngupasan).

  3. Tim ITS YLSA Mengerjakan The Bible Projects (TBP)

    The Bible Project

    Salah satu proyek baru yang menarik yang dikerjakan tim ITS pada semester I 2017 ini adalah proyek The Bible Project (TBP). TBP adalah tim desainer nirlaba yang berbasis di Portland, AS, yang memproduksi video-video animasi yang menarasikan ke-66 kitab dan tema-tema khusus dalam Alkitab. Video-video ini dibuat untuk menjelaskan Alkitab berdasarkan konteks sejarah dan mengomunikasikannya sesuai kebutuhan masyarakat modern agar Alkitab lebih mudah dipahami. Yang dikerjakan tim ITS adalah mengalihbahasakan subtitle video-video TBP dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan menyiapkan infrastruktur agar video-video yang ada dapat diakses oleh masyarakat Kristen Indonesia dan terintegrasi dengan situs Alkitab SABDA. Mohon dukungan doanya agar Tuhan menolong tim ini mengerjakan terjemahan dengan baik sampai selesai sehingga lebih banyak orang dapat menggunakannya semaksimal mungkin untuk mempelajari firman Tuhan pada era digital ini.

  4. Tim Penjangkauan Mempersiapkan Pelayanan Semester II 2017

    Memasuki bulan keenam tahun 2017, tim Penjangkauan melakukan pemantapan rencana kerja untuk semester II. Melalui bidang-bidang pelayanan umum, seperti penulis, humor, kesaksian, biokristi, kepemimpinan, konseling, dan wanita, kami ingin lebih maksimal untuk memperlengkapi dan menjangkau orang-orang bagi Kristus. Secara garis besar, fokus rencana semester 2 kami adalah penerbitan publikasi, diskusi online: Konseling, Kepemimpinan, Klub e-Buku, Bio-Kristi, Wanita, dan Penulis, penyediaan berbagai bahan multimedia (video, GIF, PPT, quote, audio, infografis), kemitraan (online maupun offline), dan kegiatan offline (training/roadshow/kopdar). Mohon dukungan doa supaya tim Penjangkauan bisa mengerjakan panggilan ini dengan maksimal dan bisa menjangkau lebih banyak orang lagi untuk mengenal Kristus.

  5. Staf Magang dari Universitas Petra, Surabaya

    Pada 28 Juni -- 24 Agustus 2017, enam mahasiswa jurusan Teknologi Informatika dari Universitas Kristen Petra, Surabaya, akan melakukan magang di YLSA. Selama di YLSA, mereka akan belajar tentang biblical computing dan mengerjakan beberapa proyek yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berdampak bagi masyarakat Kristen Indonesia. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar keenam mahasiswa ini dipakai Tuhan untuk memuliakan Dia melalui kesempatan magang selama 2 bulan ini. Informasi mengenai kerja magang di YLSA dapat diakses pada halaman ini.

  1. Pelayanan YLSA di Kupang dan Pontianak

    Roadshow Kupang dan Pontianak

    Pada 22 -- 28 April 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mendapat kesempatan untuk melayani di Kupang dan Pontianak. Selama di Kupang pada 22 -- 25 April 2017, YLSA memberikan pelatihan penggunaan Software SABDA, pelatihan PA dengan Gadget (#Ayo_PA!), dan pelatihan bagi guru sekolah Minggu. Pelatihan tersebut diadakan di GMIT Kotabaru dan Gereja Kemah Injil Indonesia, Kupang. Selain itu, YLSA juga membuka booth dan memberikan presentasi singkat tentang pelayanan YLSA dalam acara Indonesia for God's Glory Vision Exploration Conference (IVEC) Kupang. Pada 26 -- 28 April 2017, YLSA melanjutkan pelayanan ke Pontianak dengan memberikan pelatihan Software SABDA dan #Ayo_PA! di STT Pontianak dan Gereja Kristen Nasional Indonesia (GKNI). YLSA juga membuka booth dan memberikan presentasi Misi pada Era Digital dalam acara IVEC Pontianak. Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas pelayanan-pelayanan tersebut. Kiranya setiap peserta mendapat banyak berkat dan membagikan kembali berkat-berkat yang mereka dapatkan. Kesaksian beberapa peserta mengenai pelayanan di Kupang dan Pontianak dapat Anda ikuti dalam kolom Suara Sahabat YLSA.

  2. Proyek-Proyek Tim ITS YLSA April 2017

    App Publikasi SABDA

    Pada April 2017, tim ITS YLSA mengerjakan beberapa proyek yang sudah dapat digunakan oleh Sahabat dan Pendukung YLSA. Proyek-proyek tersebut antara lain aplikasi Publikasi SABDA, Software SABDA 5 versi 5.10, dan Update data tafsiran MHC kitab Galatia -- Filemon. Untuk aplikasi Publikasi SABDA, Anda sudah dapat mengunduh versi betanya melalui Google Play. Dengan aplikasi Publikasi SABDA, Anda dapat semakin mudah mengakses bahan-bahan kekristenan dari YLSA melalui gadget Android Anda. Sementara itu, Software SABDA 5.10 sudah dapat Anda unduh pula melalui situs SABDA.net untuk memudahkan Anda mempelajari Alkitab melalui PC/laptop Anda. Kami mengajak Sahabat YLSA untuk mengunduh app Publikasi SABDA dan Software SABDA versi 5.10 dan memberikan masukan agar kedua proyek ini dapat menjadi lebih baik lagi. Referensi lain untuk belajar Alkitab adalah tafsiran dari Matthew Henry yang dapat Anda akses melalui situs Alkitab SABDA dan aplikasi MHC di Google Play. Kiranya seluruh proyek yang sudah dikerjakan dan masih akan terus dikembangkan ini menjadi berkat bagi masyarakat Kristen Indonesia dan nama Tuhan dimuliakan.

  3. Publikasi 40 Hari Doa dari Tim Pembinaan YLSA

    40 Hari Doa

    Pada 15 Mei 2017, tim Pembinaan YLSA mulai menyebarkan publikasi 40 Hari Mengasihi Bangsa dalam Doa edisi 2017. Publikasi yang didukung YLSA sejak tahun 2002 ini merupakan program doa bersama selama 40 hari dan dikirimkan setiap hari kepada para pelanggan, dimulai dengan 10 hari sebelum Ramadan sampai hari terakhir Ramadan. Melalui publikasi 40 Hari Mengasihi Bangsa dalam Doa, kami mengajak komunitas Kristen dan seluruh orang percaya di Indonesia untuk menjadi penggerak doa agar tangan Tuhan bekerja bagi mereka yang belum mengenal Injil. Selain berisi pokok-pokok doa bagi suku-suku di Indonesia yang belum terjangkau oleh Injil, terdapat pula pokok-pokok doa bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia dan beberapa artikel yang terkait dengan misi dan penginjilan. Kiranya melalui publikasi ini, kita akan semakin melihat tangan Tuhan berkarya di antara umat-Nya sehingga mereka beroleh jalan kepada kebenaran sejati. Bagi Sahabat dan Pendukung YLSA yang ingin mendapatkan publikasi ini, silakan menghubungi redaksi di doa@sabda.org.

  4. Tim Penjangkauan YLSA Melangsungkan Diskusi Online "Pemimpin pada Era Digital"

    Bulan ini, salah satu fokus tim Penjangkauan adalah diskusi online di Facebook Grup dengan topik Pemimpin pada Era Digital. Pada era digital ini, teknologi sudah banyak memengaruhi cara kita belajar, berkomunikasi, dan berelasi. Selain pengaruhnya yang cukup besar pada cara hidup orang masa kini, teknologi juga berpotensi sebagai sarana bagi seseorang untuk melakukan hal yang baik atau jahat. Bagaimana pemimpin Kristen menyikapi hal ini? Bagaimana seharusnya pemimpin Kristen memanfaatkan teknologi dalam konteks pelayanan/pemuridan? Kami berharap diskusi ini tidak hanya membuka/menambah wawasan, tetapi juga membangkitkan hati para peserta untuk menggunakan teknologi bagi kepentingan Kerajaan Allah. Diskusi ini dilaksanakan pada 15 -- 29 Mei 2017 di Facebook Grup Kepemimpinan Kristen. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA untuk kelancaran pelaksanaannya.

  5. Tim Pendidikan Kristen YLSA Membuka Pendaftaran Kelas PESTA KRP dan PKS

    Pada Juni/Juli 2017, tim Pendidikan Kristen akan membuka dua kelas diskusi lanjutan bagi peserta PESTA yang sudah memberikan konfirmasi di situs e-Learning PESTA (moodle). Dua kelas tersebut adalah kelas Kisah Rasul Paulus (KRP) yang mempelajari dan mendiskusikan tentang pelayanan Rasul Paulus, dan kelas Pernikahan Kristen Sejati (PKS) yang akan mempelajari tentang hidup dalam pernikahan Kristen yang alkitabiah. Mohon dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung YLSA agar banyak alumni PESTA yang mengikuti kedua kelas ini dan diskusi bisa berlangsung dengan baik. Saat ini, pendaftaran sudah dibuka dan peserta yang sudah mendaftarkan diri mulai mengerjakan tugas-tugas tertulis. Kiranya peserta dapat mengerjakan dengan baik. Doakan pula para moderator yang akan menolong jalannya diskusi kiranya diberi hikmat oleh Tuhan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kiranya pelayanan PESTA semakin baik dan menjadi berkat bagi banyak orang awam yang rindu belajar teologi.

Comments